Monday, December 18, 2017

# Hotel Review # Singapore

Tips Mencari dan Memilih Hotel Murah Ala Backpacker di Singapore



Saat liburan, saya adalah tipikal yang tidak terlalu mementingkan harus tidur di hotel mewah atau hotel budget. Tapi sebenarnya saya lebih memilih tidur di hotel budget karena biasanya seharian saya akan sangat sibuk eksplorasi ke sana-sini dari pagi sampai malam hari.

Toh kamar hotelnya cuma buat ditidurin beberapa jam saja, jadi kenapa harus pilih yang mahal? Apalagi kalau solo traveling, belum punya gandengan atau keluarga, kayaknya lebih hemat memilih hotel murah ya kan? Ya namanya juga backpacker kan, budget-nya terbatas.

Nah, dalam waktu dekat saya mau berencana jalan-jalan ke Singapore lagi bersama teman-teman. Kalau jalan-jalan di negeri orang, pastinya harus pintar-pintar mengatur budget apalagi di Singapore kurs-nya mahal buat orang Indonesia. Kita juga nggak mau kan pulang traveling dari luar negeri terus langsung bangkrut?


Oleh karena itu, Saya dan teman-teman lebih memilih untuk tidur di hostel karena jauh lebih hemat dibandingkan tidur di hotel dan juga hanya ditumpangi sebentar untuk tidur. Tapi jika kamu mencari hostel di Singapore, mesin pencari akan memberikan banyak sekali pilihan hostel dan akan bikin kamu bingung sendiri.

Beberapa hostel yang saya rekomendasikan di Singapore adalah Footprints Backpacker Hostel di Little India, Travellers Loft di Lavender, Pine Hostel di Lavender, ABC Premium Hostel di Little India, G4 Station Backpackers Hostel di Rochor, Beds and Dreams Inn di Chinatown, Meadows Hostel di Lavender, Capsule Pod Boutique Hostel di Chinatown, 5footway Inn Project Bugis di Kampong Glam. Semua hostel yang saya sebutkan di atas memiliki rating di atas 8/10 dari Trip Advisor. Itu artinya sudah banyak backpacker yang puas menginap di sana dan pelayanannya bagus.

5 Footway Inn Hostel (Image Source : Traveloka)

G4 Station Backpackers Hostel di Rochor (Image Source : Traveloka)

Footprints Backpacker Hostel di Little India (Image Source : Traveloka)

Pine Hostel di Lavender (Image Source : Traveloka)



Nah, saya punya tips nih buat teman-teman yang mau memilih hostel di Singapore. Ini dia :

1.  Pilih lokasi strategis.  Karena memilih lokasi itu juga berpengaruh sekali. Misalkan, pilihlah dengan tempat pusat perbelanjaan atau yang dekat pusat kuliner agar bisa berjalan kaki saja ke penginapan. Bisa juga mencari penginapan yang dekat dengan MRT (Mass Rapid Transportation) Station.  Saran saya enaknya cari penginapan di sekitaran China Town, Kampong Glam, Geylang Little India. Di sekitaran sini juga gampang untuk menemukan makanan halal seharga 1 SGD.

2.     Perhatikan review dan rating hotel. Ini penting juga karena kadang foto kamarnya bagus-bagus tapi pelayanannya kurang nyaman. Tapi sebenarnya di Singapura, hampir semua hostel itu enak dan nyaman karena mereka sangat memperhatikan standar pelayanan dan juga kebersihan.

3.     Pesan dari jauh-jauh hari agar lebih hemat. Yang jelas, kalau memang sudah punya rencana traveling, pesanlah hotel dari jauh-jauh hari. Syukurnya sekarang sudah ada Traveloka jadi kita bisa lihat beragam pilihan hotel dengan kategori yang bisa kamu pilih, “Luxury”, “Budget” atau “Promo”. Bahkan sekarang ada kategori baru yakni “Pay at Hotel” dan juga “Near MRT Stations” untuk pencarian hotel di Singapore. Idealnya 1 bulan sebelum keberangkatan, kamu harus booking untuk dapat harga murah. Bisa juga goshow tapi agak riskan kehabisan kamar dan harganya jadi agak lebih mahal.

4.     Pakai fitur “Best Price Watch” – nya Traveloka untuk membantu kita menemukan hotel hemat dan mengetahui kenaikan harga kamar. Ini sangat membantu saya untuk membandingkan harga dari satu hostel ke hostel lain. Misalkan ada kenaikan, kita langsung dapat notifikasi harga dari Traveloka. Nah, kalau misalnya kita pesan dari jauh-jauh hari, fitur ini sangat berguna untuk melihat apakah harga kamar yang kita mau turun harga atau malahan naik.



Penginapan dekat Chinatown juga asyik karena gampang cari makanan hehehe... Tapi cek dulu halal atau nggak ya ;) Favoritku di sini Laksa nya sih endeus....


Nah, untuk tips yang terakhir, kalian bisa dengan sangat gampang pakai aplikasi Traveloka. Untuk menggunakan fitur ini, yang harus dilakukan hanya :
1.     Lihat beragam hotel di tanggal yang sama menggunakan aplikasi Traveloka. Pilih yang sekiranya enak menurut kamu.
2.     Kembali lagi ke fitur hotel dan pilih “recently viewed” yang ada di sudut kiri atas.
3.     Klik watch di kolom kanan setiap hotel yang sudah dilihat sebelumnya.
4.     Tunggu notifikasi di aplikasi Traveloka saat ada perubahan harga di hotel yang sudah kita “watch” yang ada di “My Inbox”. Jadi kita akan selalu update harga terbaru dari hotel-hotel yang kita pilih.



Jadi, kalau pakai fitur Traveloka “Best Price Watch” ini berguna banget sih untuk saya. Oh iya, fitur ini hanya berlaku kalau kamu pakai aplikasi Traveloka di smartphone kamu. Jadi poin pertimbangan penting kan kalau misalnya harga penginapannya naik atau turun.

Semoga tipsnya berguna ya buat teman-teman. Biar nggak perlu khawatir cari penginapan murah saat melancong ke negeri orang. Ya kan ya kan?

Cheers,




1 comment:

  1. Aku pernah nginep di Travellers Loft @Lavender dua kali. Menurutku paling bersih baik kamar dan kamar mandinya. Pernah kecele di daerah Kallang. Dormitory yang isi kamarnya nyebelin semua. Pegawai hostel tidur di situ sama kakek-kakek nyebelin yang gerak dikit dia ngamuk-ngamuk. Kotooooooooooorrr. Mana pegawai hostelnya pas malem-malem marahin aku sama temenku klo ngobrolku terlalu keras. Lha dia video call sampe ketawa kenceng. Aku ingin berkata kotoooooooooor ke diaaa.

    Traveloka semakin lama semakin canggih yak dan memanjakan para pelancong.

    ReplyDelete

Apa yang terpikir di benakmu setelah membaca tulisan ini? Share dong :)

Follow Us @satyawinnie