Thursday, May 18, 2017

# Hotel Review # Indonesia

Jalan-Jalan ke Banjarmasin, Nginepnya di Pop Hotels Yuk!


Kalau diajak jalan-jalan ke Banjarmasin pasti pada mau kan? Mau dong!

Ya siapa yang menolak kalau diajak menelusuri Kota Banjarmasin yang juga dikenal dengan Kota Seribu Sungai ini.

Tentu teman-teman tak asing lagi dengan pasar Terapung Lok Baintan, pasar yang tersohor dengan transaksi jual beli yang dilakukan di atas perahu kecil. Tapi, atraksi wisata di Banjarmasin tak hanya pasar terapung lho. Ada beberapa tempat lain yang asyik untuk dikunjungi.

1.     Soto Bang Amat

Konon katanya, Soto Bang Amat ini soto paling enak di Kota Banjarmasin dan memang Banjarmasin terkenal dengan Soto Banjar nya. Namun enak nggak enak nya kembali lagi ke lidah masing-masing orang ya. Dalam satu mangkok Soto Banjar Bang Amat ini ada kupat, bihun, ayam suwir, wortel, perkedel kentang dan kuahnya yang kaya rempah.




2.     Lontong Orari

Masih bercerita tentang wisata kuliner di Banjarmasin, katanya Lontong Orari ini juga jangan sampai luput dari daftar santapan ketika berkunjung ke Banjar. Lontong Orari ini sudah tersohor sejak tahun 1980 an loh! Sempat bingung awalnya kok diberi nama “Orari”. Ternyata dulunya anak-anak muda penggiat Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) memang sering nongkrong di sini. Yang jadi pembeda Lontong Orari ini dengan Lontong Sayur lainnya adalah karena dia pakai lontong berbentuk segitiga dan disajikan dengan ikan haruan sebagai ciri khasnya. Satu mangkok lontong Orari ini berkisar Rp 32.000,- per porsinya.



3.     Tugu Bekantan

Pernah lihat icon Dufan kan? Nah itu namanya bekantan dan yang juga jadi icon khas Banjarmasin. Jadi kalau foto di depan patung Bekantan ini, berarti kamu sahih sudah datang ke Banjarmasin. Yeay!



4.     Museum Waja Sampai Kaputing (Museum Wasaka)

Museum ini menceritakan sejarah rakyat Kalimantan Selatan di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sejarah panjang tentang kemerdekaan RI terdokumentasikan dengan sangat baik di museum ini. Museum Wasaka terletak persis di pinggir Sungai Martapura.




5.     Makam Sultan Suriansyah Kuin Utara Banjarmasin

Dalam sejarah Kerajaan Hindu Kutai, masyarakat Banjarmasin kebanyakan memeluk agama Hindu. Sultan Suriansyah adalah Sultan Banjarmasin yang pertama kali memeluk agama Islam. Sampai sekarang banyak peziarah yang datang ke makam Sultan Suriansyah dan beribadah di masjid tertua di Kalimantan, yakni Masjid Sultan Suriansyah yang dibangun pada 24 September 1526.



6.     Dekranasda Banjarmasin

Yang mau lihat kerajinan umkm Banjarmasin bisa mampir ke Dekranasda ini. Di sini kita bisa lihat sejarah dan budaya pembuatan kain sasirangan. Saya pribadi senang sekali dengan motif-motif kain Sasirangan ini. Jadi kepingin ngeborong.


 7.     Pasar Terapung Lok Baintan

Nah, ini dia highlight dari Banjarmasin. Pasar Terapung RCTI eh Lok Baintan! Pasar ini memang bukanya sejak subuh hingga jam 8 pagi jadi siap-siap harus bangun pagi ya. Di Pasar Terapung ini kita bisa berbelanja buah-buah segar, kue dan souvenir khas Banjar. Tapi yang paling seru memang bisa melihat langsung transaksi jual beli di atas perahu-perahu kecil ini.




Nah, banyak kan pilihan untuk plesiran ke Banjarmasin? Semua tempat itu bisa teman-teman kunjungi dalam waktu 24 jam lho. Bisa jadi ide liburan singkat di akhir pekan.

Jika mencari tempat menginap di Banjarmasin yang hemat, bolehlah lihat POP! Hotels Banjarmasin. Per tanggal 26 April 2017, POP! Hotels meresmikan (green opening) hotel ke 21 mereka. POP! Hotels Banjarmasin ini juga menjadi POP! Hotel yang punya konsep Pitstop Café setelah POP! Hotels Yogyakarta.




Apa yang dimaksud dengan konsep Pitstop Café?

Jadi Pitstop Café ini gabungan supermarket dan café yang buka 24 jam dengan menu nasi goreng, nasi kuning dan menu-menu lezat lainnya. Pitstop Café ini juga menyediakan fasilitas wifi dan bisa digunakan oleh tamu dan juga umum. Asyik kan?

Oh iya, POP! Hote ini menyebut launching hotel mereka di Banjarmasin dengan sebutan ‘Green Opening’, karena hotel yang dikelola oleh manajemen Tauzia ini mengkampanyekan penghijauan kota Banjarmasin. Hotel ini menggunakan teknologi Solar Panel, Precast Panel, dan Ferrari Screen yang ramah lingkungan.

Ketiga teknologi di atas berfungsi untuk menjaga kesegaran dan memperlancar sirkulasi udara. Suhu koridor dan kamar hotel pun terjaga kesejukannya. Ini meminimalisir penggunaan AC atau pendingin ruangan di koridor. Jadi sangat-sangat ramah lingkungan kan?



POP! Hotels ini terdiri dari 120 kamar dengan interior yang colourful, fun dan instagramable abis. Disediakan fasilitas free wifi tentunya. Pun di lobby terdapat public charging dan dua computer yang bisa dipakai untuk browsing. Rate untuk POP! Hotels ini cuma Rp 298.000 per malam lho. Ramah banget di kantong. The real Budget Hotels for Smart Travelers!



POP! Hotels Banjarmasin

Jl. H.Djok Mentaya No.50, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Sel. 70231










1 comment:

  1. A good blog always comes-up with new and exciting information and while reading I have feel that this blog is really have all those quality that qualify a blog to be a good one.

    ReplyDelete

Apa yang terpikir di benakmu setelah membaca tulisan ini? Share dong :)

Follow Us @satyawinnie