Menyederhanakan Hidup dengan Bertualang Bebas

Sunday, March 13, 2016


“Life begins at the end of your comfort zone”.

Kalimat itu tepat sekali untuk menggambarkan saya, penyuka petualangan dan tantangan. Mengarungi derasnya arus sungai, menapakkan kaki ke tanah basah dengan jalur terjal hingga menjajal olahraga paralayang adalah kenikmatan buat saya.


“Kok mau sih melakukan kegiatan yang membahayakan diri sendiri, Sat?”, adalah pertanyaan yang sering sekali saya terima dari lingkungan pertemanan maupun keluarga.

Perempuan itu seharusnya ya ikut kegiatan yang terkait dengan keindahan, bukannya main kotor-kotoran, papar mereka lagi. Kehidupan yang saya jalani ini sering dianggap aneh dan agak keluar dari koridor kodrat perempuan. Tapi apa iya sampai sekarang hal itu masih berlaku? 

Biasanya saya tanggapi seluruh komentar itu dengan mengatakan bahwa pada dasarnya laki-laki dan perempuan itu punya kekuatan yang sama. Seharusnya tidak ada pengkotak-kotakkan antara lelaki dan perempuan. Kalau para lelaki bisa melakukannya, kenapa saya tidak? Bagaimana menurut kalian? Setuju?

Kegemaran saya bertualang tentu saja membawa saya ke banyak tempat di penjuru nusantara. Supaya orang lain merasakan pengalaman perjalanan saya, maka dituliskanlah semua yang saya rasakan di blog ini. Jadi setiap ada yang bertanya bagaimana pengalaman saya bepergian kesana-kemari, tanpa panjang lebar saya katakan “silahkan baca langsung di blog ya”. Simple kan?


Menggabungkan dua hobi (bertualang dan menulis) ternyata sangat menyenangkan. Saya bisa melakukan petualangan sekaligus terus menulis cerita-cerita seru perjalanan. Dua hal yang sudah melekat di diri saya, yang menjadi identitas dan ciri khas.

Dua hobi ini juga ternyata yang membawa saya menjalani hidup sekarang. Saya mengambil kuliah dengan jurusan Pariwisata, jurusan yang sangat menyenangkan karena memang saya penyuka jalan-jalan. Disamping kuliah, saya juga sedang menjalani pekerjaan sebagai “Content Writer” di salah satu Digital Agency di Jakarta Selatan, kantor yang nyaman dan menyenangkan. Di kantor pun, saya difokuskan pada segment Travelling Contents. Semuanya berkaitan dengan jalan-jalan. Kurang asyik apa coba?


Setiap harinya saya disibukkan dengan pikiran bagaimana membagi waktu antara kerja, kuliah dan juga tetap melakukan kedua hobi saya. Meski lelah, saya menyadari bahwa saya suka menjadi sibuk, suka tenggelam di dalam banyak kegiatan yang membuat saya tidak harus bengong dan tidak produktif. Buat beberapa orang mungkin hidup saya terlihat sibuk, rempong. Padahal buat saya, itulah hidup yang sederhana, dimana saya bisa mengontrol sendiri kehidupan saya dengan melakukan kegiatan yang saya suka.

Acap kali saya menerima komentar, “Kok Satya jalan-jalan terus sih? Kuliahnya bagaimana? Kerjaannya bagaimana?”. Yah setiap harinya kita dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan yang saya rasa kita semua mampu untuk menentukan jawabannya. Kamu memilih A, B atau C pasti ada konsekuensinya. Jadi selain memerlukan keahlian manajemen waktu yang baik, kita harus berani mengambil konsekuensi. And remember! No regrets!

Saya juga masih ingat teman-teman bilang, saya kurang memberi waktu kepada diri sendiri untuk bersantai. But hey, setiap hari saya bersantai kok. Saya menjalani kuliah, kerja dan hobi saya dengan santai. Saya menyukai semuanya. Apakah karena kegiatan yang begitu padat, kalian mengira saya tidak pernah bersantai? Hehehehe…


Semua dikembalikan lagi ke cara kita berpikir, untuk menyederhanakan segala aktivitas yang kita jalani. Dibawa ringan, jangan dijadikan beban pikiran. Kuliah itu enak, kerja itu enak, jalan-jalan bertualang itu enak.

Saya hanya ingin hidup sederhana, melakukan apa yang saya suka dan juga berusaha untuk menjadi orang berguna. Saya tidak hanya ingin terfokus kepada kebahagiaan saya sendiri, tetapi juga kebahagiaan orang lain. Salah satu cara yang saya lakukan adalah berbagi cerita di blog ini. Sharing is caring, they said.

Dengan beragam aktivitas yang padat, saya tahu bahwa kesehatan adalah kunci nomor satu agar saya bisa melakukan semua aktivitas tersebut dengan baik. Jadi kalau ditanya apa kunci saya terlihat bugar dan bisa jalan-jalan terus, jawabannya adalah air putih!


Mountoya adalah air mineral dalam kemasan yang enak untuk dibawa bepergian. Berasal dari mata air Cipaniis, Gunung Ciremai, Jawa Barat, Mountoya dikemas dalam botol yang elegan dan ramah lingkungan (tidak memakai label plastik karena label plastik sulit didaur ulang, tidak sama seperti botolnya).

Saya paling suka membawa Mountoya yang berukuran 600 ml ketika traveling. Botolnya ramping, airnya bening dengan botol cantik tanpa label plastik. Kini, Mountoya tidak hanya hadir di Cirebon, tetapi juga di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Bisa langsung dikirim ke rumah masing-masing juga lho!


Slogan #LiveSimply yang diusung oleh Mountoya ini mengingatkan saya lagi tentang bagaimana menjalani hidup yang menyenangkan dengan menjadi diri sendiri. Tak perlu takut berbeda dengan yang lain.

For me, live simply is when you can embrace the moment. Do whatever you like, go travel as far as you can. Go for adventure, push your limits. Make fun of yourself, be happy!

Live simply, remain grateful…

Jadi, apa #LiveSimply versi kamu?

You Might Also Like

29 comments

  1. Kak Satya memang idola deh.
    Selalu juara di darat, laut dan udara. Sudah kayak militer aja. hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha bisa aja Bar :p Kamu juga keren!

      Delete
  2. Memang dengan berpetualang & travelling hidup rasanya lebih bermakna ya kak, kerasa banget pas ngejalaninnya :)
    Wah botol minumnya unik ya ngga ada labelnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe pasti tiap orang beda memaknainya. Tapi buatku, itu menyenangkan banget! Iya Mountoya ini unik dan aku suka :)

      Delete
  3. Iya ya mbak,,, daripada tanya gimana pengalaman bepergian kesana kemari,,, jawabannya simple silahkan baca blog saya.... benar mbak, selain untuk media menulis, ternyata blog juga bisa menyederhanakan jawaban, hehehe. Simple padat jelas... Salam kenal mbak Winny, saya dari Jogja :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anis, senang bertemu denganmu di dunia maya. Semoga kita bisa bersua langsung. Yeay!!

      Delete
  4. Ibarat membaca blog ini dari kursi penonton di gedung opera, dan blog ini termasuk penulisnya adalah penampil utama di panggung, kemudian saya 'standing ovation', 'standing applause', salut dengan segala keberanian, keputusan, dan pengalamannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaaaaassss Rifqy makasih banget lho. Jadi tersanjung. Kamu juga keren banget!!! :D

      Delete
  5. Satya memang mangtabhsss ...

    Emang sih, #livesimply enjoy the life ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mangtabs Koh Timo. Heehehe. Yap! Let's enjoy our life! ;)

      Delete
  6. Hidup memang butuh kederhanaan. Perjalanan adalah salah satu caranya. Sekarang saya merasa hanya butuh sarapan dan buat air besar setiap paginya untuk menghadapi hari-hari yang panjang. Ketika kedua hal itu terpenuhi. Hariku terselamatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guriiii!!! Hahahaha iya ya. Sesederhana hanya makan sekali dan buang air besar, duniamu sudha aman ya. Masih panjang perjalananmu yaaaa :)

      Delete
  7. Bener ya.. mau udara, laut, darat semuanya ada pose kamu. Haha.. aku mah Aqua aja cukup kakak.. takut kurang fokus :p

    ReplyDelete
  8. waah hidupmu begitu berbahagia ya kak.. mantaaaap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kita harus menciptakan kebahagiaan kita masing-masing kan Mas ;)

      Delete
  9. di lihat dari foto2nya saja sudah keliatan bahagia banget, mantep deh, saya juga pengen traveling bebas ke tempat yang saya inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak Purnama. Nggak perlu pergi jauh-jauh, yang penting hati senang dan pikiran tenang ;)

      Delete
  10. keren bgt kak,,, mau dong kerja di kantornya kk ada info loker ga 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaha. Daku kerjanya sekarang ini di Digital Advertising Agency. Yakin mau? Yakin kuat? Hhihihihi...

      Delete
  11. Wih seru banget ya kayakna petualangan kak satya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petualangan kamu juga nggak kalah serunya Kak. Bolehlah kapan kita jalan bareng ya ;)

      Delete
  12. insha allah kuat kk, boleh kk info aku dong wa/line 085360625252, atau bisa ngopdar ni di jkt 😀😀😀

    ReplyDelete
  13. Hallo kaka..Suka banget baca blog kamu. Berasa kalo aku tuh yang lagi ngelakuin travelling jauuuhhhh. Content writer impian aku juga cuma gak tau harus mulainya gimana. Mungkin kamu bisa mampir di blog aku https://more-story.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Hallo kaka..Suka banget baca blog kamu. Berasa kalo aku tuh yang lagi ngelakuin travelling jauuuhhhh. Content writer impian aku juga cuma gak tau harus mulainya gimana. Mungkin kamu bisa mampir di blog aku https://more-story.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. lebih dekat dengan alam membuat kita nyaman..

    ReplyDelete

Subscribe