Pulang Lembur Aman dengan Uber

Monday, January 25, 2016



Sebagai anak perempuan yang merantau jauh dari keluarga, orang tua menaruh kekhawatiran yang besar terhadap saya yang hidup sendiri di Jakarta (tinggal di Depok, kerja dan kuliah di Jakarta).

Kekhawatiran Mamak terkadang berlebihan jika saya bilang ke Mama kalau saya lembur di kantor, tidak dengan terpaksa, namun karena memang saya senang melakukannya. Entahlah, saya merasa lebih produktif di malam hari ketimbang pagi, siang atau sore.

Agar Mama tidak khawatir melulu, saya katakan kepada beliau bahwa saya selalu pulang lembur dengan aman karena memakai Uber.

“Apa pulak itu Uber?” tanya Mama dengan logat Bataknya yang khas.

“Itu lho Ma, aplikasi pelayanan transportasi secara online”, jawab saya singkat.

“Bah, nggak bahaya rupanya itu? Mamak sering kali nonton di berita tentang supir taksi yang suka iseng sama penumpangnya kalau lewat tengah malam. Apalagi perempuan”, ujarnya lagi.

Pada akhirnya saya harus membeberkan kepada Mamak bahwa memesan kendaraan lewat aplikasi Uber ini adalah opsi untuk memesan kendaraan yang paling aman, nyaman dan hemat.

Ada beberapa keunggulan aplikasi Uber yang membuat saya selalu senang menggunakannya.

  • Keamanan



Memesan kendaraan online di Uber memberikan kepastian keamanan bagi si penumpang maupun driver Uber. Sebagai penumpang, kita diberitahu nama dan kontak drivernya, serta mobil apa yang ia pakai untuk menjemput kita (lengkap dengan plat mobilnya). Bapak driver juga mengetahui dengan jelas bahwa ia akan pick-up penumpang betulan, bukan penumpang ‘siluman’, karena ia juga mendapatkan informasi nama dan kontak kita sebagai penumpang. Jika ada yang janggal, misalkan nama drivernya tidak sesuai kita bisa langsung kontak support.jakarta@uber.com yang selalu direspon dengan cepat.



Selain itu, Uber juga punya fitur “Send Status” yang berfungsi untuk mengirimkan info rute perjalanan dan waktu tiba kepada teman atau keluarga kita. Biasanya saya kirimkan infonya ke pacar. Namun setelah percakapan dia atas, saya pakailah fitur itu untuk memberi tahu Mamak setiap saya lembur agar beliau tidak khawatir dan nggak protes lagi. Kita juga memasukkan kontak orang-orang terdekat kita menjadi Emergency Contacts lho.



  • Kenyamanan


Saya kadang merasa tidak nyaman ketika naik kendaraan dengan driver yang (maaf) bau badan atau bau rokok. Pusing duluan sebelum mobilnya jalan. Berbeda jauh dengan kendaraan yang saya pesan via aplikasi Uber yang entah sudah berapa kali saya tumpangi, semua mobilnya bersih, Bapak driver-nya pun wangi. Hmmmm, enak banget pokoknya.

Tentunya agar sama-sama nyaman, penumpang (kita) juga turut menjaga kebersihan ya. Dianjurkan untuk tidak membawa binatang peliharaan ke dalam kendaraan, tidak makan, minum dan menggunakan obat / zat terlarang.

  • Harga Hemat


Selain aman dan nyaman, harga tentunya jadi pertimbangan saya. Naik kendaraan via aplikasi Uber itu jauh lebih hemat dari naik taksi-taksi biasa. Bisa setengah lebih murah dari tarif normal yang biasa saya bayarkan kepada taksi lain. Sempat bingung, dengan harga murah seperti itu, drivernya dapat untung nggak sih? 

Akhirnya setiap saya menumpang kendaraan yang saya pesan via Uber, saya pasti bertanya langsung kepada driver tentang suka duka bekerja dengan Uber dan semuanya menyatakan senang. Keuntungan mereka jauh lebih baik dibandingkan menjadi supir taksi biasa atau supir mobil rental. Namun, karena melihat tarif yang murah, saya berinisiatif untuk memberikan tip sekedarnya, semampunya. Hitung-hitung menambah pendapatan harian mereka. Tidak ada salahnya membuat orang lain senang kan? ;)   




Banyak juga lho yang belum tahu kalau Uber itu punya fitur yang namanya ‘Fare Split’ dimana kita bisa berbagi dengan teman yang naik kendaraan bareng. Jadi nggak harus bayar sendirian. Asyik!

Cara melakukan Fare Split :
·         Geser tombol info pengemudi ke atas dan pilih “Fare Split.“
·         Pilih teman-teman yang ikut bersama dan tekan tombol “Send.”
Teman-teman yang juga merupakan pengguna Uber tersebut akan menerima pesan dan langsung diarahkan ke aplikasi untuk konfirmasi.
·         Teman-teman yang belum menggunakan Uber akan diminta untuk download aplikasi, mendaftar dan konfirmasi untuk membagi perjalanan.

Sistem pembayaran Uber yang memakai kartu kredit juga membuat transaksi lebih aman dan nyaman karena saya pribadi tidak suka membawa banyak uang tunai di dalam dompet. Kalau sedang kepepet dan nggak bisa pulang karena nggak bawa duit, ya pakai Uber aja ;) (Terkecuali parkir dan tol, itu tetap harus pakai uang tunai ya. Tapi ya bisa minta ditalangin Bapaknya dulu, lalu kita ganti begitu tiba di tempat tujuan).


  •  Penolong


Aplikasi Uber itu selain menjadi penolong untuk mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan aman dan selamat plus harga hemat, aplikasi Uber juga membantu jika ada barang yang tertinggal di dalam kendaraan.

Nah ini nih!

Saya termasuk orang yang sering ceroboh. Pernah satu waktu saya ketinggalan ponsel di dalam taksi waktu sedang traveling di Manado. Bodohnya saya nggak mencatat nama supirnya ataupun nomor taksinya. Sedih banget rasanya waktu itu. Namun karena memang masih berjodoh dengan ponsel tersebut, si Bapak pengemudi taksi kembali lagi ke titik saya turun dan mencoba mencari saya untuk mengembalikan ponsel. What a bless!!



Tapi tidak semuanya bisa begitu kan? Nah, di aplikasi Uber, ada fitur “report” yang sangat membantu kita jika ada barang yang tertinggal di dalam mobil.

Waaaah, saya senang sekali aplikasi Uber benar-benar menjadi malaikat penolong saya. Sejauh ini saya belum pernah sih ketinggalan barang lagi di dalam kendaraan. Namun setidaknya saya sudah merasa sangat aman jika (semoga nggak kejadian lagi) ketinggalan barang nanti.

Selain itu kita bisa report beberapa topik lain seperti complain tentang driver atau kendaraan yang kita tumpangi ada masalah. Sejauh ini sih saya belum pernah memakai fitur itu karena perjalanan saya selalu menyenangkan.

Sekarang, Uber sudah menjadi andalan saya untuk bepergian kemana-mana. Pulang lembur selalu aman dengan Uber. Mamak saya juga tidak perlu was-was lagi dengan anak perempuannya yang satu ini bisa pulang dengan aman atau tidak jika pulang lewat tengah malam.

Jadi, teman-teman mau mencoba berkendara memakai aplikasi Uber? Selain di Jakarta, Uber juga sudah hadir lho di Bandung, Surabaya dan Bali.

Kalau kalian ingin mencoba berkendara gratis dengan Uber, silahkan download dan  register di Uber (ada di App Store Apple dan Google Playstore Android), lalu masukkan kode 3fckanbpue untuk mendapatkan free rides. Mudah dan enak kan?

You Might Also Like

8 comments

  1. uber aku kak.. uberr... :D

    belum pernah coba sih.. soalnya dulu pas kuliah di jakarta belum ada. jadi selalu naik si biru atau si hijau lumut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu becandaannya persis kayak kau Bang. "Bang, uber adek Bang". Hahahaha... Makanya ke Jakarta terus cobain Uber deh. Masukin kode aku ya Kakaaaaa~ ;)

      Delete
  2. saya juga belum pernah nyoba karena naik motor, dan baru pernah nyobain yg gojek doang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musim penghujan gini agak serba salah kalau naik gojek meski drivernya juga sudah sedia jas hujan. Pakai uber adalah solusinya ;) Dicobain dulu yuk :)

      Delete
  3. ASSALAMU'ALAIKUM.WR.WB.
    ALHAMDULILLAH..!!
    saya bersyukur kpd Allah SWT.
    atas keberhasilan PENARIKAN UANG
    GHAIB.setelah melalui proses panjang &
    sangat sangat beresiko,dgn izin Allah
    alhamdulillah uang ghaib akhirnya berhsil
    kami keluarkan dgn jumlah yg luar biasa.
    UANG GHAIB INI PENAWARAN TERBARU DARI KAMI.
    setelah uang balik (UB) sudah terbukti keberhasilanya,
    dan sehubungan banyaknya orang yang menginginkan hal ini
    ( UANG GHAIB ), kami sanggup memproses penarikan UANG GHAIB,


    1.masalah utang piutang (JUMLAH BESAR)
    2.tidak untuk memperkaya diri
    -PELET PUTIH/PENGASIHAN JARAK JAUH
    -MENAKLUKKAN LAWAN JENIS
    -PENGLARISAN/JIMAT GOIB BISNIS DLL
    APAKAH ANDA TERMASUK KATEGORI DI BAWAH INI.???
    4.BUTUH MODAL DALAM BUKA USAHA
    5.SELALU KALAH DALAM BERMAIN TOGEL
    6.DILILIT HUTANG
    7.BARANG BERHARGA ANDA SUDAH HABIS
    8.DILILIT HUTANG

    bagi anda yang BENAR-BENAR SERIUS dalam hal ini.....
    silahkan menghubungi AKI, MANGKUBONO diNO 0852 0333 3887

    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan Alhamdulillah angka keluar 6659 saya dapat Rp.700.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari AKI, MANGKUBONO karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.200 .ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
    tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus



    ReplyDelete

Subscribe