Kuliner Lezat di Sabang yang Wajib Dicoba

Wednesday, January 06, 2016



Perjalanan ke Aceh kemarin sukses membuat berat badan saya naik. Ya habisnya makanannya enak-enak semua. Nggak tahan buat menyantap semuanya.

Jika kalian bertandang ke Sabang, cobalah beberapa kuliner lokal yang lezat-lezat ini…

  • Mie Jalak


Nama makanan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan burung jalak atau pun memasukkan daging burung jalak ke dalam campuran makanan. Yang jelas rasanya lezat sekali. Mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu, ditaburin daging ikan tenggiri cincang, daun bawang dan telur (bisa diminta setengah matang).

Mie Jalak ini adalah menu khas dari Kedai Kopi Pulau Baru yang ada di Jalan Perdagangan Sabang. Pas memang nama jalannya perdagangan karena jalan itu adalah pusat pertokoan di Sabang. Tuh dia penampakannya di foto paling atas.

  • Mie Sedap


Hmmmmm. Sesuai dengan namanya, mie ini memang sedap. Dikarenakan kami sedang berkejaran waktu untuk naik ke kapal, local guide kami, Bang Effendi bela-belain naik motor untuk membeli Mie Sedap yang katanya hanya buka dari pagi hingga siang itu. Jadi kami tidak sempat melihat tempat jualannya. Kalau kamu mau coba, tanya saja kepada penduduk lokal. Semuanya pasti tahu dimana tempat Mie Sedap berada.

Mie Sedap ini terdiri dari Mie Kuning yang digoreng dengan daging ikan yang dicincang dadu. Kalau di daerahku, Mie ini mirip banget sama Mie Tek-Tek.


  • Gulai Kambing


Enak! Itu komentar pertama saya sejak menyuapkan sendok pertama gulai kambing ke dalam mulut. Kami mencicipi gulai kambing yang ada di seberang Mesjid Raya Sabang. Wangi dan rasa rempah-rempahnya kuat sekali.




  • Rujak Aceh


Rujak Aceh ini khas sekali karena mencampurkan buah Rumbia. Buah Rumbia ini dibukanya harus diinjak pakai tumit kaki. Rasanya sepet tetapi jadi lezat ketika dicampurkan ke adonan bumbu rujak dan potongan-potongan buah lainnya. Tempat favorit untuk menikmati rujak di Sabang ada di tepi jalan raya yang langsung menghadap ke Pulau Klah. Sedap sekali sore-sore menyantap rujak sambil menikmati pemandangan Sabang.


Buah Rumbia. Photo by : Swastika Nohara

Itu dia kuliner Sabang yang kami cicipi kemarin. Apakah teman-teman pernah coba kuliner yang lainnya? Tulis di komentar ya, siapa tahu nanti pas kembali bertandang ke Sabang bisa nyobain.

Perjalanan ini adalah undangan dari Dinas Budaya Pariwisata Aceh . Saya dan teman-teman media serta blogger mengeksplor beberapa tempat wisata di Sabang, Aceh. Silahkan juga cek foto-fotonya di Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaWeh #PesonaSabang #PesonaAceh #PesonaIndonesia



You Might Also Like

14 comments

  1. satu lagi kak, sate gurita hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku agak ragu mau posting yang itu Bang. Hummmmmm....

      Delete
  2. hmmmm, mantaap.. pengen nyobain..

    nitip, surat-untuk-ann.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget! Harus dicobain yaaa...

      Wah iya nanti aku mampir yah :)

      Delete
  3. Ya Allah sukses bikin ngiler liat gulainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi. Aku juga lihat lagi postingan ini siang-siang langsung ngiler....

      Delete
  4. Rujak aceh kalo di makan dingin2 dari kulkas pasti makin makyussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kacum. Kalau dingin-dingin pasti lebih enak. Nyesss...

      Delete
  5. Lempar ke rumah saya atuh, gule kambingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeehhh, dikirim langsung dari Sabang ya. Hehehehe...

      Delete
  6. hmmmm, mantaap.. pengen nyobain..enak..enak nih..makanan disabang..#ngiler

    ReplyDelete

Subscribe