Kuliner Lombok Yang Wajib Dicoba

Saturday, December 12, 2015



Tidak lengkap rasanya jika kita datang berkunjung ke satu daerah tanpa mencoba kuliner lokalnya. Benar kan?

Nah, kalau pelesiran ke Lombok, ada beberapa kuliner yang wajib kamu coba.

  • Ayam Taliwang
Menu yang satu ini sudah menjadi ikon Lombok meski sebenarnya berasal dari daerah Taliwang di Pulau Sumbawa yang berseberangan dengan Pulau Lombok. Bagi yang terbiasa makan Ayam Goreng berukuran besar jangan sedih ketika makan Ayam Taliwang yang kecil-kecil karena bahan utama menu ini adalah Ayam Kampung. Semakin muda usia Ayam, semakin enak katanya. Cara memasak Ayam Taliwang bisa digoreng, dipanggang atau dibakar. Kunci kelezatan menu ini sebenarnya ada di sambalnya yang super pedas. Cobain ya!



  • Plecing Kangkung
Pleciiiingggg!!! Aduh menu yang satu ini selalu membuat saya ketagihan. Rebusan kangkung yang disiram kuah tomat, cabe rawit dan terasi yang rasanya pedas (tapi nagih)! Plecing Kangkung ini biasanya disajikan dengan kacang dan toge untuk menetralisir rasa pedasnya. Uniknya kangkung yang dipakai untuk memasak Plecing Kangkung berbeda dengan kangkung pada umumnya. Buat saya, apa pun kangkungnya, semuanya enak.



  •  Bebalung
Menu berkuah ini biasanya terdiri dari daging sapi dan racikan bumbu khusus. Bumbunya sendiri terdiri dari bawang merah,bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, dan cabe rawit. Dari awal mencicipi kuahnya saja sudah lezat, dan setelah makan dagingnya, terasa lebih enak lagi karena empuk dan mudah lepas dari tulangnya. Patut dicoba!



  •  Nasi Balap Puyung
Kalau di Medan ada Mie Balap, di Lombok ada Nasi Balap dong! Salah satu yang terkenal adalah Nasi Balap Puyung. Katanya disebut Nasi Balap karena dulunya makanan ini banyak disantap oleh mahasiswa, pelajar atau orang yang berangkat kerja pagi-pagi. Nasi Puyung ini disajikan di sebuah daun pisang yang dibuat seperti corong. Nasi Puyung terdiri dari nasi, suwir ayam, kacang, udang kering dan abon.  Katanya ada juga yang dicampur belut goreng, namun saya belum pernah mencoba yang ada belut gorengnya. Berhati-hatilah dengan rasa pedasnya yang bisa membakar lidah. Tapi yang pasti akan bikin ketagihan kamu penyuka rasa pedas.



Selain empat makanan di atas, pastinya banyak lagi kuliner Lombok yang wajib dicoba namun belum kesampaian untuk saya cicipi. Pastinya nanti diupdate lagi ya daftarnya. Ada usulan kuliner apa yang wajib dicoba kalau ke Lombok? Tulis di komentar ya...

Keragaman alam dan budaya merupakan salah satu Pesona Indonesia. Ragam kuliner pun termasuk di dalamnya. Cobalah kuliner lokal saat berkunjung ke suatu daerah dan cicipi bumbu-bumbu rempah khas Indonesia.

Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Saya dan teman-teman media serta blogger mengeksplor beberapa tempat wisata di Lombok. Silahkan juga cek foto-fotonya di Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaLombok #PesonaIndonesia #SaptaNusantara.

You Might Also Like

10 comments

  1. Plecing kangkung dan ayam taliwang mbak,,, jadi laper perut saya. Soalnya enak sieh.... langsung masuk daftar list ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Anis! Iya enak bangettttt euy... Kalau ke Lombok kudu makan ini ya ;)

      Delete
  2. Aku paling suka plecing kangkung. Segeeeeer reeeeek :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi plecing kangkungnya puedesnya dahsyat yhaaa~

      Delete

Subscribe