Pesona Ende - 8 Tempat yang Menarik Dikunjungi

Sunday, June 21, 2015

Jika kamu berwisata ke Ende, ini adalah tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi...

1. Kampung Adat Wolotopo

Kampung adat yang terletak 14 kilometer dari pusat Kota Ende ini adalah kampung adat megalitikum dengan adat-istiadat yang masih kental. Kita bisa berkeliling kampung, melihat rumah adat Wolotopo dan kuburan-kuburan batu. Jika kita berkunjung di sore hari, kita bisa melihat indahnya Teluk Sawu dan Gunung Meja dari atas bukit. Cerita lengkap tentang Kampung Adat ini akan segera saya tulis ya




2. Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna


Danau ini sudah tersohor ke penjuru dunia. Merupakan satu-satunya danau yang memiliki tiga warna dan tidak dapat diprediksi kapan warnanya akan berubah-ubah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah waktu subuh agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang berpadu dengan keindahan Danau Kelimutu. Cerita tentang Danau Kelimutu bisa kalian baca di "Danau Kelimutu dan Cerita Rakyatnya" & "Pesona Ende, Pesona Danau Tiga Warna, Kelimutu".



3. Taman Renungan Bung Karno


Apakah kamu tahu bahwa Bung Karno pernah diasingkan selama empat tahun (1934-1938) di Ende? Apakah kamu tahu bahwa Pancasila merupakan buah pemikirannya di bawah pohon sukun bercabang lima? Baca cerita lengkapnya di "Menelusuri Jejak Bung Karno di Ende".



4. Rumah Pengasingan Bung Karno


Tanya saja kepada penduduk di Ende, tidak ada yang tidak tahu dimana Rumah Pengasingan Bung Karno berada. Berlokasi di Jalan Perwira, rumah kecil nan sederhana ini menyimpan banyak barang bersejarah ketika Bung Karno diasingkan di Ende bersama keluarganya. Mau lihat isi rumahnya? Silahkan baca di "Menilik Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende".



5. Museum Tenun Ikat


Kita sama-sama tahu bahwa Nusa Tenggara Timur terkenal sekali dengan kain tenun ikatnya. Di Ende kalian bisa belajar tentang pola tenun dan belajar asal dari tiap-tiap warna dan arti tiap motif di kain tenun. Menarik sekali...





6. Pantai Ria dan Pantai Ende


Kalau ditanya, tempat paling gaul se-Ende, ya Pantai Ria. Kita bisa duduk santai di tepi pantai, menikmati es kelapa muda dan teduhnya Laut Sawu. Di Sepanjang Pantai Ria terdapat banyak pondokan untuk bersantai yang juga menjajakan berbagai jenis makanan olahan laut.





7. Kampung Adat Jopu

Walaupun rumah adat Sao Ata Mosa Lakitana yang tersisa di Kampung Adat Jopu hanya satu (karena kebakaran), kalian akan terkesima dengan cerita adat yang dibawakan oleh Mama Maria. Menjadi satu-satunya orang yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Mama Maria dikenal oleh seluruh wisatawan yang datang ke Kampung Adat Todo. Beliau mampu menjelaskan secara detil makna dari setiap benda dan guratan yang ada di rumah adat tersebut. Cerita lengkapnya akan saya tulis segera ya. 




8. Pasar Tradisional Ende


Mau mencari beragam kain tenun ikat dengan harga yang bersahabat? Pasar tradisional adalah jawaban yang tepat. Jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Ende jika kalian ingin memanjakan mata dengan warna-warni tenun ikat dan membawanya sebagai buah tangan. 




Karena keterbatasan waktu yang kami miliki untuk mengeksplor Ende, baru tempat-tempat di atas yang bisa kami kunjungi. Jika kalian memiliki rekomendasi tempat yang menarik dikunjungi di Ende, silahkan berikan komentar di bawah ya. Siapa tahu, saya bisa kembali lagi ke Ende dalam waktu dekat. *Amin*


Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia. Saya dan teman-teman media serta blogger akan mengeksplor beberapa tempat wisata di Ende. Silahkan juga cek foto-fotonya di Twitter dan Instagram dengan hashtag #PesonaEnde


You Might Also Like

18 comments

  1. Cateet! Belum pernah ke Ende sama sekali! Terutama pengen yang ke kelimutu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haeeeee Kakak Fahmi. Kamu mah maenannya luar negeriii. Hihihii. Iya semoga cepat ke Ende yaaaa. Honeymoon di Flores sama Putri :D

      Delete
  2. Noted.
    Lagi -lagi baca postingan tentang NTT, semakin membuat saya tidak sabar pengen kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Akbar lagiii. Haaai! Iya aku doakan semoga kamu cepat kesanaa ya :)

      Delete
  3. Nyesel banget waktu road trip NTT gak lamaan di Ende, oh iya waktu itu kita sempet punya pengalaman gak enak sama ojek2 di terminal bus di Ende...buset deh kasar2 banget hikss

    * * *

    Jalan2Liburan → Top Rated Tourist Attraction in Cyprus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak. Makasih sudah mampir ke blog aku ya. Salam kenal. Iya, waktu di terminal bus nya memang agak sedikit kurang ramah ya orang-orangnya. Aku lagi mau nyari Damri waktu itu ke Riung diketusin banget. Hahahaha. Anggap pengalaman lucu aja ya Kak ;)

      Delete
  4. Baca ini jadi pengen balik lagi ke Ende. Soalnya belum ke kampung adatnya nih Mb Win.

    ReplyDelete
  5. Dari sekian pesona yang ada, sejak lama sosok Bung Karno dan keberadaan Kelimutu selalu merayu saya untuk bermain ke Ende. Entah kapan :)

    ReplyDelete
  6. cheap nike shoes, http://www.cheap-nikeshoes.cc/
    adidas wings shoes, http://www.adidaswings.net/
    air jordan shoes for sale, http://www.airjordanshoes.us.org/
    rolex watches,rolex watches,swiss watches,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
    colts jerseys, http://www.indianapoliscoltsjersey.us/
    true religion jeans, http://www.truereligionjeansoutlets.us.com/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.us.com/
    polo shirts, http://www.poloralphlaurenshirts.us.com/
    oakley, http://www.occhialioakleyoutlets.it/
    bears jerseys, http://www.chicagobearsjerseys.us/
    adidas outlet store, http://www.adidasoutletstore.us.com/
    nike air max 2015, http://www.airmax2015.com/
    louis vuitton handbags, http://www.louisvuittonhandbags.org.uk/
    insanity, http://www.insanityworkout.us.com/
    snapbacks wholesale, http://www.cheapsnapbacks.us.com/
    north face outlet, http://www.thenorthfaceclearances.us.com/
    toms outlet store, http://www.tomsoutlet-stores.com/
    michael kors uk outlet, http://www.michaelkorsoutlet.org.uk/
    michael kors wallet, http://www.michaelkorswallet.net/
    calvin klein outlet, http://www.calvinklein.in.net/
    cai2015912

    ReplyDelete
  7. Artikelnya keren banget di dukung foto-foto yang TOP Banget...
    Jadi ngiler pengen berwisata ke Ende...
    Salam Wisata...

    ReplyDelete
  8. wihhhh udah gak sabar ke flores kakak...

    ReplyDelete

Subscribe