Makan Apa di Bandung? Roti Gempol!

Tuesday, March 03, 2015



Setelah trekking yang menyenangkan ke Tebing Keraton, perut pun meronta minta jatah. Saya dan teman meluncur ke jalan Gempol untuk menyantap roti gandum lezat dengan telur, keju dan daging. Padahal malam sebelumnya kami sudah makan roti tersebut. Kami datang lagi karena satu alasan. Ketagihan.

Roti ini diberi nama Roti Gempol karena berlokasi di jalan Gempol Wetan. Jalanannya kecil dan padat dengan rumah penduduk. Bentuk toko Roti Gempol pun sama kecilnya dengan rumah-rumah di sebelahnya. Dari toko kecil ini tercium wangi lezat roti bakar yang menggugah selera.

Toko Roti Gempol yang kecil

Saya suka dengan susunan sofa coklat dan meja bundar di sebelah kiri.
Dominasi warna cokelat terlihat di bagian luar dan dalam Toko Roti Gempol. Beberapa menu yang ditawarkan adalah Roti Bakar Manis, Roti Bakar Asin Keju + Telor, Roti Bakar Spesial (daging + telur / daging + keju), Roti Bakar Komplit (daging + telur + keju), Roti Isi dengan berbagai pilihan rasa, Roti Tawar, Pancake. Dari seluruh varian roti tadi, ada dua pilihan roti yaitu roti putih atau roti gandum. Selain itu kita bisa memilih porsi perseorangan atau ririungan (porsi rame-rame).

Roti Isi Keju + Daging + Telur dengan sambal 153

Pada malam sebelumnya, kami hanya bisa dilayani untuk take-away karena kami tiba jam 9 malam. Jam buka toko roti ini adalah jam 7 pagi hingga jam 9 malam jadi kami tidak diperbolehkan lagi untuk makan di dalam toko. Hiks.

Tapi  pada keesokan paginya kami kembali lagi toh.

Sebagai penyuka roti gandum, roti gandum Gempol ini memang benar-benar nampol alias enak banget. Biasanya roti gandum bertekstur kasar dan agak hambar. Kalau di Roti Gempol, roti gandumnya lebih lembut dan tetap lumer dengan waktu cepat di dalam mulut. Lelehan mayonnaise menetes dari sela-sela tumpukan telur, keju dan daging asapnya. Yummmmm….

Meleleh di mulut.....
Enaknya, Roti Isi komplit disantap dengan sambal berlabel Sambal 135. Saya sendiri kurang tahu apakah sambal ini diperjualbelikan umum di pasaran atau memang spesial produksi untuk Roti Gempol. Yang jelas, sambalnya juga enak.

Selain Roti Gandum Komplit, saya juga memesan Roti Bakar Manis Cokelat. Rasanya? Nggak kalah enak sama Roti Bakar Komplit. Sama-sama enaaaaak...

Yang paling menyenangkan datang pagi hari ke toko ini adalah kita bisa makan donat hangat fresh from the oven yang dikasih bubuk gula halus. Siapa sih yang nggak suka dengan donat gula? Saya sih suka banget.

Fresh doughnut....
Saya memilih kursi di pojokan toko, menikmati roti isi saya dan memperhatikan orang-orang yang begitu ramai lalu lalang membeli roti. Pegawai Roti Gempol yang tidak lebih dari 5 orang terlihat sedikit kewalahan melayani semua pembeli. Saking ramenya, pembeli yang tidak kebagian tempat duduk di bagian dalam, rela duduk dengan bangku plastik di luar toko. 

Roti-roti ini tidak memakai pengawet lho...
Roti Gempol yang sudah ada sejak tahun 1958 ini adalah resep keluarga turun temurun. Saat ini toko Roti Gempol ini dikelola oleh anak-anaknya.

Untuk minumannya, yang paling terkenal adalah the ‘Addictea’ yang sedang booming. Teh Addictea ini terdiri dari berbagai rasa seperti coffee, taro, thai-tea, green-tea dll. Pas sekali dijadikan teman menyantap Roti Gempol.

Menu lain yang bisa kita jumpai di toko Roti Gempol ini adalah Mie Yamin Asin atau Yamin Manis dengan Bakso. Agak aneh sih di toko roti ada yang jual Mie. Saya juga belum sempat mencobanya. Mungkin di kunjungan berikutnya ya. 

Mie Yamin Bakso di Roti Gempol
Banyak yang bilang kalau Roti Gempol ini mahal. Menurut saya sih dengan rasanya yang enak, sangat wajar Roti Gempol memasang harga segitu. Masih tergolong normal dengan range harga 5.000 – 48.000 rupiah.

Daftar menu dan harga Roti Gempol

Peta menuju Roti Gempol.

Selamat menikmati Roti Gempol! ;)


Alamat : Jalan Gempol Wetan no 14, Bandung, Jawa Barat 40115

You Might Also Like

10 comments

  1. Replies
    1. Terima kasih Jauharoh sudah mampir. Iya ini enak. Harus nyobain ;)

      Delete
  2. lama ga ke bandung makanannya makin banyak aja nih ^o^.. roti ini menggoda iman sekaliii. ^o^.. coba ah bikin sendiri utk bekal sarapan, sebelum bisa ke bandung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini bisa dibuat sendiri ya sebenarnya. Tapi memang enak nih rotinya... Nyammm...

      Delete
  3. Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. ramai sekali pengunjung ya, hmm kayanya emang benar harus datang pagi-pagi biar bisa merasakan donat hangat yang enak.. hehe

    ReplyDelete

Subscribe