Makan Apa di Bandung? Lontong Kari Kebon Karet!



Atas rekomendasi seorang teman, sore itu kami meluncur ke daerah Kebon Karet, Bandung, untuk menyantap Lontong Kari yang katanya enak banget.

"Gue biasanya kalau makan Lontong Kari nggak habis, Cuma Lontong Kari di Kebon Karet doang yang selalu habis gue makan" ujar temanku. Makin menjadi-jadi lah rasa penasaranku. Seenak apa sih?

Warung Lontong Kari ini tidak terlihat dari jalan besar. Syukurlah temanku tadi sudah sering makan di sana sehingga tidak ada agenda tersesat. Kami berhenti dan memarkirkan motor di dekat gapura sebuah gang bertuliskan "Kebon Karet".

Waktu itu kami datang menjelang maghrib di hari Minggu. Kami adalah satu-satunya tamu di sore itu, namun setelah kami makan, semakin banyak tamu berdatangan. Katanya, kalau pagi sampai siang hari, pengunjungnya sampai mengular dan antri sampai ujung gang. Syukurlah kami datang di waktu tepat dan tidak perlu mengantri lama.

Ternyata Lontong Kari Kebon Karet ini sudah ada sejak tahun 1966 oleh pasangan suami istri, H Engkos Kosasih dan Hj Eti Suryati. Awalnya mereka berjualan di tepi jalan Otista dan sejak tahun 1999 mereka membeli sebuah rumah di dalam Gang Kebon Karet dan memindahkan usaha mereka kesana.

Gapura Gang Kebon Karet dilihat dari Jalan Otista
Saya senang sekali dengan suasana di Lontong Kari ini. Walaupun terletak di dalam gang sempit, gangnya bersih, tidak berbau. Begitu pula dengan bagian dalam Lontong Kari. Ada dua bagian ruangan, sebelah kiri dan sebelah kanan. 

Saya memilih masuk ke bagian sebelah kanan yang terlihat seperti ruang tamu yang diubah menjadi rumah makan. Seperti layaknya rumah makan terkenal lainnya, di dinding terpasang banyak pigura foto sang pemilik dengan beberapa artis dan pejabat. Ternyata Lontong Kari Kebon Karet ini tempat makan favorit banyak kalangan yah.

Begitu mendekati warung Lontong Kari, seorang laki-laki muda dengan senyum ramah mengajak kami masuk ke dalam dan langsung menyodorkan menu. Saya memesan Lontong Kari Spesial dan temen saya Lontong Kari biasa. Bedanya hanya pakai telor dan nggak pakai telor. 


Warung sebelah kiri dan kanan sama-sama Warung Lontong Kari Kebon Karet. Bersih ya gang nya.
Sembari menunggu, kami disuguhkan segelas teh tawar hangat. Tak lama kemudian, pesanan kami pun datang. Saya sangat menyukai rasa karinya yang tidak terlalu kental namun pas di lidah. Tekstur lontongnya yang bergerigi membuat lontong ini spesial dan berbeda dengan lontong-lontong pada umumnya. Jangan lupa untuk mencampur perasan jeruk ke dalam lontong untuk menambah cita rasanya. 

Rekomendasi teman saya memang tepat.

Warung Lontong Kari sebelah kanan. Rapi, bersih.
Seporsi Lontong Kari Spesial dihargai Rp 18.000,- dan untuk Lontong Kari biasa dihargai Rp 16.000,-. Selain memesan Lontong Kari, saya juga mencoba Es Campur nya yang segar dan enak. Puas deh! Murah, meriah, kenyang.

Katanya, nggak lengkap kalau makan Lontong Kari di sini tanpa mencoba es campurnya ;)
Alamat Lontong Kari Kebon Karet : Jl Otista, Gang Kebon Karet No 28/C, Karang Anyar, Astana Anyar, Kota Bandung. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan Asia Afrika. Bisa dicari di googlemaps, namanya Lontong Kari Gang Kebon Karet. 

Selamat menikmati ;)


5 comments:

  1. Jadi lapar...nih Mbak Satya. Sering ke Bandung belum pernah ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Gunadi, makasih sudah mampir yaa. Wah, kamu harus nyoba Lontong ini Mas. Enak ;)

      Delete
  2. uwooww.. tempting sekaliii ^o^.. coba ah kalo ke bandung ntr... susah memang nyari lontong sayur yg bnran enak mba... di jkt susah nyari yg enak, apalagi yg mirip ama lonsay medan, belum ada ampe skr :D.. Yg d bdg ini boleh dicoba sepertinya

    ReplyDelete
  3. jadi pengen kesini lagi, ,,,gang nya sempit..hiks

    ReplyDelete
  4. saya malah lebih tergoda dengan es campurnya lho..

    ReplyDelete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar yang baik dan membangun. Bagi komentarnya ya ;)

Powered by Blogger.