Air Terjun Pulau Mursala, Dari Mata Air Mengalir ke Laut

Tuesday, January 06, 2015



Di awal tahun 2015 ini, saya ingin bercerita tentang satu tempat yang menawan di kampung halaman. Pulau Mursala namanya. Pulau yang hanya saya dengar ceritanya saja sejak kecil karena tidak pernah ada orang yang berkunjung dalam rangka wisata kesana. Jika kita berangkat ke Pulau Nias dari pelabuhan Sibolga, pasti melewati pulau ini. Sayangnya semua kapal yang berangkat ke Nias dijadwalkan malam hari. Ya nggak kelihatan kan jadinya.

Pulau ini dikenal sebagai pulau yang angker bagi masyarakat lokal Sibolga. Cobalah bertanya pada orang-orang di tepi jalan Sibolga, ada berapa orang yang sudah pernah ke Pulau Mursala. Pasti sedikit sekali. Ketika saya mengutarakan ide ke Mamak untuk pergi ke Pulau ini bersama teman-teman sekampung, saya dikatai gila. Hahahaha.

Faktanya memang sulit menemukan teman-teman yang mau pergi ke pulau ini. Masih ada beberapa yang tidak diperbolehkan orang tuanya karena takut. Ada juga yang tidak diperbolehkan karena jadwal yang kami pilih adalah hari Minggu, hari dimana mayoritas teman-teman saya pergi beribadah bersama keluarga di gereja. 

Tapi karena keterbatasan waktu dan tidak mau menunggu-nunggu lagi, saya dan 6 orang teman memutuskan untuk tetap berangkat. Sebagian besar dari kami memang perantau (termasuk saya) yang sedang menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman. Oleh karena masa liburan yang singkat, kami tidak punya banyak kesempatan dan pilihan waktu. Berangkat sudah…

Karena cuaca yang akhir-akhir ini tidak mendukung, tidak ada kapal kayu yang tersedia untuk kami sewa. Atas bantuan seorang teman, kami mendapatkan pinjaman speed boat  dengan dua mesin yang masing-masing 100 PK. Kapal-kapal yang biasa membawa wisatawan ke Pulau Mursala dan Pulau Putri berangkat dari Pantai Bosur / Pantai Kalangan. 

Harga sewa speed boat nya Rp 2.800.000,- dengan maksimal penumpang 20 orang. Biaya tersebut adalah biaya pengganti solar, oli dan tips untuk nahkoda serta satu orang kru. Tapi 20 orang sepertinya terlalu sesak untuk kapal sekecil itu. 12 orang adalah jumlah yang pas agar sepanjang perjalanan nyaman.



Pulau Mursala dulunya disebut sebagai Mansalaar Island. Ada juga yang mengatakan nama Mursala berasal dari gabungan kata Mur dan Shalat. Mur berasal dari sebutan masyarakat lokal / nelayan untuk pedagang dari Arab yang datang berdagang ke Barus. Konon katanya, mereka selalu melakukan sujud syukur (shalat) di air terjun Mursala ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Barus dan menjadi kebiasaan. Oleh karena itulah, pulau ini disebut Murshalat, tempat orang Mur (pedagang Arab) melakukan shalat dan lalu disingkat menjadi Mursala.



Untuk orang Sibolga sendiri, ada satu legenda tentang Putri Runduk yang melekat erat dengan Pulau Mursala ini. Konon kecantikan permaisuri Raja Jayadana dari Kerajaan Barus Raya (Kerajaan Islam pada abad ke-7) ini membuat ia diperebutkan banyak Raja dari kerajaan lain. Ketika suaminya kalah dalam peperangan dengan Raja Sanjaya dari Mataram, Ia melarikan diri ke pulau terpencil ditemani oleh hamba setianya, Sikambang Bandohari. 

Sayangnya Ia ditemukan oleh Raja Janggi dari Sudan yang ingin memperistrinya namun ditolak mentah-mentah oleh Putri Runduk. Karena Raja Janggi terus-menerus memaksanya, Putri Runduk memilih untuk meloncat ke air terjun Mursala dan tidak pernah ditemukan lagi.

Ada lagi cerita yang lain dari seorang teman. Dia bercerita kalau Pulau Mursala ini dulunya adalah kediaman Nenek Buyutnya yang bernama Uci Mursola.

She is a great witch who travel alone by a biduak pincalang…fear by most of clergyman of Sibolga..”

Itu yang disampaikan oleh temanku. Biduak Pincalang sendiri adalah bahasa Melayu untuk perahu kayu. Oleh karena kesaktiannya, Nenek Uci Mursola disegani oleh banyak tetua-tetua di Sibolga. Saya menodongnya untuk bercerita lebih banyak, tapi dia bilang akan bercerita ketika bertemu langsung.

Ada pula cerita lain yang menceritakan bahwa sumber Air Terjun Mursala ini adalah Danau Toba. Tapi belum ada yang bisa membuktikannya.

Tempat ini katanya menjadi inspirasi pembuatan film "Skull Island, King Kong" tahun 1933. Entahlah itu sumbernya dari mana. Saya ngubek-ngubek gambar di google tetap tidak menemukan gambar yang mirip. Yang jelas pulau ini pernah dijadikan lokasi syuting film layar lebar berjudul “Mursala” pada tahun 2013 silam.

Air Terjun yang mengalir langsung dari mata air ke laut ini katanya ada 3 di Indonesia yaitu Air Terjun Mursala di Sibolga, Tapanuli Tengah, Air Terjun Jogan di Gunung Kidul, Yogyakarta dan Air Terjun Banyu Tibo di Pacitan. Sepertinya sih masih banyak tempat-tempat di dunia yang aliran airnya seperti ini namun belum terekspos ya.


Kembali lagi ke cerita perjalanan…

Betapa menyenangkannya di hari H kami diberikan langit biru nan cerah. Padahal beberapa hari sebelumnya, hujan deras terus mengguyur Sibolga. Pun pagi hari sebelum berangkat, hujan deras turun pukul setengah enam pagi. Kami sempat meringis karena pastinya kapal tidak mau berangkat kalau hujan karena ombak pasti tinggi. Eh ternyata skenario dari yang di atas berbeda. Jam 7 pagi hujannya reda dan berganti dengan cuaca cerah dan panas khas daerah tropis tepi pantai. Horeeee...

Cuaca cerah di Tapian Nauli...
Pagi itu menjadi lebih menyenangkan karena begitu tiba di titik keberangkatan, yaitu Pantai Kalangan, laut terlihat sangat teduh dan tiada ombak. 

Dengan speed boat 2 mesin 100 PK, kami tiba di Pulau Mursala dalam waktu 45 menit saja. Kalau memakai kapal kayu biasa, waktu tempuhnya bisa mencapai 3 jam. Lama betul! Kami bersyukur sekali mendapat pinjaman kapal. Daripada menghabiskan waktu 6 jam untuk perjalanan pulang pergi, lebih baik kami merogoh kocek lebih dalam agar bisa menikmati objek wisata yang akan kami datangi lebih lama.

Kapal cepat kami membelah lautan yang tenang dank arena asyik bersenda gurau tahu-tahunya kami sudah sampai.

“Aaaah, Mursalaaaaa…..Tengok-tengok, itu Mursala” teriak seorang teman.

Mursalaaaa!!!
Nahkoda kapal atau yang biasa dipanggil Mamak (panggilan untuk Paman dalam bahasa Baiko, bahasa pesisir Sibolga) menghentikan mesin kapal dan menyuruh awak kapal melempar jangkar cukup jauh dari Air Terjun Mursala. 

Ternyata, ombak dan arus di perairan sekitar Mursala cukup kencang. Sangat berbeda kondisinya saat kapal kami bertolak dari Pantai Kalangan. Kapal kami oleng-oleng dan bisa membuat penumpangnya mabuk kalau berlama-lama di atas kapal. Harus cepat-cepat nyebur atau berpindah dari tempat itu. Pilihan kami pastinya terjun ke air. Namun, sebelum terjun, kami tidak lupa mengabadikan foto di depan air terjun yang indah namun angker (katanya) ini. Hehehehe.


Satya

Air Terjun Mursala ini adalah air terjun yang bersumber dari sungai di Pulau Mursala yang memiliki panjang 700 meter. Katanya sungai ini adalah sungai terpendek di Indonesia. Aliran air dari sungai ini langsung mengalir ke laut melewati tebing batu granit kemerahan di pinggir pulau. Ketinggian tebingnya sekitar 35 meter. 

Begitu kami mengutarakan niat untuk berenang dari kapal menuju Air Terjun Mursala itu, Mamak, hanya geleng-geleng sambil mengeluarkan beberapa pelampung untuk kami pakai berenang. Biasanya pengunjung yang datang ke Mursala hanya berhenti sebentar untuk berfoto dan langsung menuju pulau Putri untuk bersantai. Jarang sekali ada wisatawan yang mau berenang disini.

Susah payah naik ke kapal xD
Karena lokasinya yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, ombak nya cukup besar. Ditambah lagi dengan deras nya debit air terjun yang membuat kami susah melawan arus menuju tebing. Begitu selesai memakai pelampung masing-masing, semuanya menceburkan diri ke air. Sayangnya, di tengah-tengah perjalanan, 3 orang dari kami memutuskan kembali ke kapal karena lelah melawan arus.

Beruntungnya saya sudah membawa snorkeling set dari Jakarta sehingga memudahkan untuk berenang. Teman-teman yang lain hanya mengenakan kacamata renang dan pelampung. Kuat betul mereka melawan arus nya tanpa pakai fin (kaki katak). Saya saja lelah melawan arusnya.

Tidak banyak orang yang mau datang ke pulau ini apalagi berenang dan berfoto kayak gini. Hehehehe ;)
Kedalaman air laut di tepian Mursala itu sekitar 15 – 25 meter sehingga saya tidak melihat apa-apa di bawah sana. Begitu mendekati air terjun, terlihat beberapa terumbu karang namun visibility nya kurang bagus.

Semakin mendekati air terjun, semakin dingin airnya terasa di kulit kami. Ya jelas saja karena air itu berasal dari mata air gunung. Kami sempat mengurungkan niat untuk mencapai air terjun itu dan kembali ke kapal. Namun akhirnya kami tetap melanjutkan berenang menuju air terjun. Bahkan temanku berkeinginan untuk memanjat tebingnya. Hahahaha.


Akhirnya kami tiba juga di tebing granit tempat Air Terjun Mursala mengalir. Rasanya berbeda sekali ketika bisa melihat air terjun ini dari dekat. Namun karena ombak semakin besar dan menghempas tebing dengan kuat, kami bergegas untuk kembali ke kapal. Mamak juga sudah membunyikan terompet kapal, isyarat agar kami segera pulang.

Mendekati tebing Air Terjun Mursala...
Hal yang tidak boleh dilewatkan pastinya mengambil foto ketika berenang di bawah Air Terjun Mursala. Karena saya tidak terlalu suka berenang dengan pelampung, saya tuntun saja pelampungnya dan saya jadikan tempat duduk (iya bisa, coba deh) ketika berfoto. Jadi, itulah rahasianya kenapa saya bisa berfoto setinggi dada dengan santai padahal ombak cukup kencang waktu itu. 


Begitu naik lagi ke kapal, kami menghela nafas panjang. Iya capek ya berenang melawan arus itu. Langsung kuteguk banyak-banyak air mineral dalam gelas plastik yang sudah kami bawa di kapal. Sampai jumpa lagi Mursala. Santabi, Ompung… (Permisi, kakek & nenek…)

Perjalanan tidak berhenti di sini. Dari Pulau Mursala, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Putri. Silakan baca ceritanya di sini ya :)

Jika teman-teman datang dari luar Sibolga atau dari luar Sumatera, ini beberapa tips untuk pergi ke Pulau Mursala :


  1. Terbang ke Bandara Pinangsori (Sibolga) dari daerah asal kalian (kebanyakan transit terlebih dahulu di Kualanamu, Medan) atau perjalanan via darat dari Medan ke Sibolga selama kurang lebih 10 jam. Tersedia pula direct flight dari Jakarta langsung ke Sibolga setiap harinya.
  2. Pilihlah penginapan di Pantai Pandan agar memudahkan ketika akan berangkat pagi-pagi dari Pantai Bosur atau Pantai Kalangan. Rate hotel di daerah Pandan dimulai dari harga Rp 100.000,- per malam.
  3. Silahkan pilih jenis kapal yang akan disewa menuju Pulau Mursala. Kapal kayu biasa (sering disebut kapal Dolphin) dihargai sekitar Rp 1.500.000,- untuk satu hari sedangkan harga sewa speed boat dimulai dari Rp 2.500.000,-. Kapasitas penumpang maksimal adalah 20 orang.
  4. Rute yang biasa adalah Pandan – Pulau Mursala – Pulau Putri – Pandan. Berangkatlah pagi hari sekitar pukul 08.00 atau 09.00 agar tiba lagi di Pandan pukul 17.00.
  5. Selain kapal kayu dan speed boat, ada lagi cara lain untuk menuju pulau Mursala ini yaitu naik mini cruise, KM Nauli kepunyaan Hotel Wisata Indah Sibolga ( www.naulicruise.com ) Fasilitas di dalamnya mewah dan makanan sudah disiapkan oleh chef on board. Harganya Rp 250.000,- per pax (minimum 80 pax). Tersedia juga Overnight Tour dengan harga Rp 1.650.000,- per pax (minimum 15 pax)
  6. Bawalah perbekalan yang cukup karena tidak ada warung yang menjajakan makanan selama perjalanan.
  7. Bertingkah laku sopan selama perjalanan. Usahakan untuk bercanda tidak kelewatan batas.
  8. Karena nggak ada sinyal, silahkan nikmati liburanmu seutuhnya ;)
Terima kasih geng! Ki Ka (Atas) : Tuppak, Darwin, Novan, Panca
 Ki Ka (Bawah) : Oya, Satya, Susi

You Might Also Like

57 comments

  1. top perjalanannya, nambah kekayaan informasi Mursala dan Tapanuli tengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

      Delete
  2. Wah satu kampung rupanya kita ya.. Liburan natal kemarin mau kesana sekeluarga, tapi sayang ga jadi.

    ReplyDelete
  3. tebing air terjunnya terjal... O_o berasa ngeliat air lagi balapan. asik begitu.

    ReplyDelete
  4. agghhhhh, aku malu nih, sebagai org sibolga, tiap mudik k sana, ga pernah sekalipun kesitu -__-. Tapi juli bsk pas lebaran pokoknya udh niat harus kesana ^o^.. eh sewa boatnya 2.5jtan ya mba.. td dibilang ama temen di sana 3 jtan masa.. mark up bgt ni org -_-

    tx infonya...

    ReplyDelete
  5. mont blanc outlet, http://www.montblancpensoutlets.com/
    rolex watches uk, http://www.rolexwatches-uk.co.uk/
    tory burch outlet, http://www.toryburchshoesoutlet.com/
    tommy hilfiger, http://www.tommyhilfigers.net/
    supra footwear, http://www.suprashoes.us.com/
    christian louboutin shoes, http://www.christianlouboutinoutlet.org.uk/
    nike free uk, http://www.nikefreerunning.org.uk/
    ugg uk, http://www.cheapuggboots.me.uk/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.com.au/
    tory burch outlet, http://www.toryburchoutletonline.in.net/
    oakley,occhiali oakley,oakley italia,oakley occhiali,oakley sunglasses
    north face jackets, http://www.thenorthface.me/
    nike free, http://www.nikefreerunning.org/
    air max 90, http://www.airmax90.us.com/
    prada handbags, http://www.pradahandbagsoutlet.co.uk/
    ugg boots, http://www.uggboot.com.co/
    nfl jersey wholesale, http://www.nfljerseys-wholesale.us.com/
    nike shoes, http://www.cheap-nikeshoes.cc/
    celine outlet, http://www.celineoutletus.com/
    thomas sabo, http://www.thomassabos.co.uk/
    cai2015912

    ReplyDelete
  6. air terjun yang sangat indah, recomend banget buata liburan..

    ReplyDelete
  7. Waw, nice triip...
    Btw lagi cerita2 kampung halaman, eh ketemu page ini hasil google ing.. Adek ku baca cerita ini sampr habis...Tetapi akh ga boleh k sini sm mama karna terlalu angker... Hhahaaa.. Boleh nya k ujung ri aj

    ReplyDelete
  8. Salut to tribute buat saudari satya winnie yang tlah mempromosikan destinasi wisata tapanuli tengah dengan rangkaian kata sempurna.Salam kenal

    ReplyDelete

  9. Halo,
    Hari baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Angga, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Esabel membantu saya dan mengubah cerita kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah seorang korban janji-janji palsu pemberi pinjaman dan aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp20.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapat jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. via E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya via E-mail: mrsireneangga@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    ReplyDelete
  10. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    kellywoodloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  12. Hari baik untuk Anda,
    Anda membutuhkan solusi untuk masalah Anda dan di mana untuk mendapatkan pinjaman dari?
    saya pemberi pinjaman pinjaman terdaftar yang diizinkan untuk memberikan Jaminan
    pinjaman kepada individu dan perusahaan Bisnis
    dan Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu alasan atau anothe
    Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
    atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
    kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini pada transfer line untuk Anda
    Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
    sebesar 2%
    Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email berikut
    addresss.
    EMAIL: Annabelleloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  13. KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status Pernikahan:
    7) Bekerja:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Pinjaman Bunga:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya;
    16) Tanggal lahir;

    Terima kasih,
    Ibu Christian

    ReplyDelete
  15. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    ReplyDelete
  16. KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: Lucysmithloanfirm@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke monthly.c akun

    ReplyDelete
  17. Halo,


    Ibu Halina Myriam, pemberi pinjaman memberikan pinjaman pribadi dan pinjaman kepada individu, swasta dan perusahaan publik untuk kesempatan waktu hidup. jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membangun atau membeli rumah? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? tidak terlihat lagi karena kami berada di sini untuk semua masalah keuangan Anda di masa lalu. kami meminjamkan $ 10,000.00 untuk $ 50.000.000,00 dengan tingkat bunga rendah dari 1% kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 1%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami adalah perusahaan pinjaman swasta, dapat diandalkan dan memberikan manfaat dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. jadi hubungi kami hari ini via email: halinamyriamcompany@gmail.com

    rincian pemohon

    Nama lengkap:
    Alamat:
    Negara:
    Kota:
    Seks:
    Usia:
    kerja:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Tujuan pinjaman:
    jangka waktu pinjaman:
    Pendapatan bulanan:
    Telepon:

    Hubungi kami melalui e-mail:
    halinamyriamcompany@gmail.com
    Halina Myriam.

    ReplyDelete
  18. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    ReplyDelete
  19. Selamat Datang Untuk JAMINAN KUALITAS KREDIT TERBATAS A Personalized Service untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda)
    Penyedia Penawaran Kredit pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, hutang konsolidasi pinjaman, Venture
    Modal, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Loan Home, dan Pinjaman untuk alasan dan kebutuhan mendesak !. Apakah Anda pernah ditolak
    oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang Apakah Anda perlu mengatur bisnis? Tidak khawatir lagi karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. pinjaman berkisar kami dari $ 2.000 USD (DUA Ribuan dollar AS ke atas}. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND !! Jika Anda
    tertarik mengisi rincian di bawah ini dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
    Email: (Qualityassuranceloan6@gmail.com)

    PINJAMAN FORMULIR

    INFORMASI PRIBADI
    Nama lengkap……………………….
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan ........................
    Lamanya…………………………………
    Gender ... ..................................
    Agama: .................................
    Provinsi / Negara: ..................................
    Kota .. .....................................
    Negara…………….
    Usia……………………
    Kontak Alamat;… ………………………
    Pekerjaan: ....................................... ..
    Pendapatan bulanan ……………….
    Nomor ponsel :……………………
    Tujuan Dari Pinjaman: ...............................
    Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak} ............... ..
    Semoga berhasil
    Terima kasih dan Salam

    ReplyDelete
  20. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  21. Nama saya Musa Ahmed dari Surabaya Indonesia Saya adalah bagian dari keluarga kelas menengah dan belum pernah melihat kemiskinan yang nyata selama masa ayah saya adalah seorang penjual motor bagian saya diberi pendidikan yang baik orang tua saya akan membawa saya ke liburan ketika saya mencetak nilai yang baik Lalu aku masuk college pernikahan kakakku direncanakan, ayah membeli sebuah apartemen dan harus membayar biaya saya untuk rekayasa suatu sore saya masih di sekolah ketika saya memiliki panggilan bahwa bisnis ayahku terbakar semuanya mendapat dibakar lebih 480 rupiah pergi ibu scammed tahun sebelumnya semua peristiwa yang terjadi secara berurutan dan kami tiba-tiba dalam utang dan mendapatkan diri kita dirantai pinjaman bank dan merayap kemiskinan di itu di terburu-buru yang tiba-tiba, aku merasa melompat dari Joeniar Arief tanpa persiapan dan sekarang Anda harus belajar untuk terbang Anda jatuh Atau kau mati ada ini rentang waktu 2 tahun (2014-2015) saya harus memerangi kemiskinan pada saya sendiri ada uang untuk membayar biaya kuliah saya diberitahu oleh ayah saya untuk mencari cara untuk mendapatkan hal itu untuk sendiri ada uang untuk membayar berjalan transportasi sehari-hari, ada uang untuk hiburan, film atau pihak ada kain yang baik tidak ada goo makanan ada uang untuk apa pun kecuali makanan dasar terburuk, mengatur semua menggoda bank Mereka mengirim penjaga ke rumah saya untuk memulihkan jumlah pinjaman dan aku harus menjaga ibuku saya pernah dipukuli di lingkungan saya di depan semua orang karena tidak mampu membayar jumlah pinjaman untuk beberapa bulan bank klaim rumah kami dan meninggalkan kami tunawisma kami meninggalkan meninggalkan di rumah tua keluarga membangun oleh almarhum ayah gran saya harus menjual mebel, emas, saya mengatakan kepada ayah saya yang tidak layak mengejar pendidikan saya, mengingat kondisi krisis aku harus mengambil pekerjaan dan mengumpulkan uang untuk keluarga ayah saya mengatakan Son, Anda dapat membuat uang setiap kali Anda inginkan, tetapi Anda tidak akan dapat belajar kemudian saya memberikan wawancara di toko super saya ditolak setiap pintu saya mengetuk, saya ditolak saya melihat ayah saya menyerah aku melihat ibuku menyerah acara-acara keluarga. yang saya butuhkan untuk memulai bisnis kelapa sawit tetapi tidak ada uang Pacar saya meninggalkan saya ketika saya membutuhkannya paling, itu di 6 April 2016 saya pergi ke rumah teman untuk makan karena saya sedang menonton tv saya melihat kertas berita di lantai i mengambilnya dan saya mencoba untuk melihat gambar-gambar aku ke segmen bisnis dan melihat judul tittle APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT NYATA uNTUK BISNIS, APAKAH ANDA dI DEPT? APAKAH ANDA SAKIT? APAKAH ANDA LELAH KEMISKINAN yANG HUBUNGI adila aasimah Ahme perusahaan pinjaman NO BIAYA dengan alamat email mereka (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) saya menulis mereka dengan jaminan mereka memberikan saya pinjaman dari Rp410 pada tingkat 1% dalam 10 tahun saya berjanji perusahaan pinjaman saya akan terus berbagi dan berterima kasih kepada mereka atas bantuan dan mengubah hidup saya jika Anda ingin meminta quest apapun (musaahmed081@gmail.com)

    ReplyDelete
  22. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  23. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  24. CERITA SUKSES
    salamalakum, silakan, saya ingin Anda semua untuk sangat berhati-hati dalam situs ini penuh pemberi pinjaman palsu saya zalina Dianto, Indonesia menjadi korban penipuan di tangan kreditur palsu, saya ditipu hampir penipuan Rp37,000 di tahun ini saya semua Karena saya membutuhkan Rp580,000,000 modal besar, aku hampir meninggal, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. i mearnt sebuah tennant yang Diperkenalkan saya untuk ibu Aasimah Aadila, membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, mereka memberi saya pinjaman sebesar 1% dengan biaya pendaftaran atau biaya transfer, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan untuk mengatakan terima kasih, jika Anda membutuhkan pinjaman kontak, Aasimah Aadila melalui email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) emaill saya (Zalinadiato@gmail.com) mungkin allah memberkati mereka

    ReplyDelete
  25. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  26. Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat hack mesin ATM dengan kartu ATM kosong, jadi mengapa pergi untuk pinjaman bahwa Anda masih akan membayar kembali dengan bunga !!! Kami telah khusus diprogram kartu ATM yang dapat hack Mesin ATM di dunia meskipun adalah ilegal Kartu ATM diprogram sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat dideteksi atau telah dilacak ketika menggunakannya. kartu ATM dapat digunakan untuk menarik uang tunai di setiap mesin ATM Kami menjual kartu ini untuk semua pelanggan kami dan pembeli tertarik di seluruh dunia, kartu memiliki batas penarikan harian $ 5000 pada ATM jika Anda membutuhkan setiap layanan maya hack lain, kita di sini untuk Anda kapan saja setiap hari. Berikut ini adalah daftar harga kami untuk ATM KARTU dan kami akan mengirimkan pin dan memberitahu Anda bagaimana untuk menggunakannya baik-baik saja:
    BALANCE ............ HARGA
    $ 10.000 ----- $ 400
    $ 20.000 ----- $ 800
    $ 35.000 ----- $ 1.200
    $ 50.000 ----- $ 2.000
    $ 100.000 ---- $ 4.000
    harga ini sudah termasuk biaya pengiriman dan biaya, pesan sekarang: hubungi kami melalui alamat email atmmachinecard@gmail.com Orde untuk Anda ATM dan hal itu akan dikirimkan kepada Anda di mana pun Anda berada dalam waktu 24 jam saja.

    ReplyDelete
  27. Aku Mrs.Mary Willson, uang pinjaman, menawarkan berbagai macam jasa keuangan (LOAN) untuk individu dan pemilik bisnis. Kami bekerja dengan individu, kecil, menengah, dan usaha skala besar untuk membantu mereka baik memulai atau memperluas ke wilayah-wilayah baru. Kami membantu mendanai usaha kecil bila diperlukan paling untuk memperluas bisnis yang ada, membeli peralatan modal, membayar biaya dan untuk kebutuhan lainnya seperti iklan, sewa, renovasi dll Salam, (marywillsonloanfirm@gmail.com
    Pribadi
    Akun saya) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    ReplyDelete

  28. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    pinjaman, pinjaman mahasiswa, hutang pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau kau menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    topclassloanfirm@gmail.com

    Terima kasih,

    mr Markson

    ReplyDelete
  29. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pek hiburan (Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mendapat ke dalam kemalangan yang dahsyat yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dalaman dan doktor menuntut RM20,000 yang saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman di mana-mana tetapi tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda tidak ada yang menolong dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka menuntut collecterial Saya tidak mempunyai, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, maka saya melihat testifier pinjaman yang dipanggil Lady Jane (ladyjanealice @ gmail.com) supaya Saya melalui e-mel dan dia berkata, saya perlu menghubungi Mr Dangote (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya, saya telah diminta untuk mengisi borang dan sidang kemuncak kad Id saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel melengkapkan dan menandatangani dokumen itu dan saya telah didakwa beberapa jumlah, saya begitu gila, tetapi saya bertanya Lady Jane mengenainya dan dia memberitahu saya ia adalah okay, yang saya percaya beliau, lalu saya dibayar jumlah yang diperlukan, di tengah-tengah malam saya telah memeriksa akaun bank saya, saya terkejut berapa ramai daripada permintaan pinjaman saya telah dipindahkan ke akaun bank saya, saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman Dangote untuk membantu, kini anak saya dengan baik dan sihat, terima kasih kepada wanita Jane dan Encik Dangote ini, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    ReplyDelete
  30. Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

    ReplyDelete
  31. jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddylisa2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))
    terima kasih untuk membaca dan goodluck inshala

    ReplyDelete
  32. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  33. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  34. Jangan mengajukan Pinjaman Adalah situs, Saya bodoh by many Pemberi Pinjaman Palsu di situs Penyanyi, Nama saya Lisa Teddy, Korban penipuan di serbi Kreditur Palsu Saya has Kehilangan Sekitar Rm 55,000.00 KARENA Saya butuh modal gede Rm 970,000 untuk review membayar Utang Saya Dan memulai BISNIS Lagi. i hampir mati, Saya TIDAK Punya Tempat untuk review Pergi Bisnis Saya Hancur, Dan hearts Proses Saya Kehilangan Anak Saya. Aku Tidak tahan Penyanyi Terjadi Lagi Pada Bulan Juli 2016, Saya Bertemu DENGAN Seorang Teman Yang MEMPERKENALKAN Saya Ke Mengajukan Yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman Dari Kerajaan saudi, Yang akhirnya membantu Saya mengamankan Pinjaman PADA Perusahaan PADA Tingkat 1% yang Baik Saya Mengajukan Yang Ingin mengambil kesempatan Penyanyi untuk review mengucapkan terima kasih, Dan mungkin allah Terus memberkati Andari. Saya also Ingin using kesempatan Penyanyi untuk review menyarankan Sesama Indonesia, bahwa ADA scammers Banyak Luar sana, Jadi JIKA Andari Membutuhkan Pinjaman, Dan Ingin mengamankan Pinjaman Cepat, Cukup masuk DENGAN Mrs Aasimaha adila through email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). Andari also Dapat menghubungi Saya through email Penyanyi: (teddylisa2020@gmail.com). JIKA Andari memiliki keraguan, silakan dia Adalah Satu-Satunya Yang handal Dan Terpercaya di asia, silakan Andari Perlu industri tahu bahwa Pemberi Pinjaman Palsu akan meminta Andari untuk review membayar (mencakup biaya seperti pendaftaran, mencakup biaya pemindahan, mencakup biaya Pajak, mencakup biaya Asuransi Dan administrasi mencakup biaya, mereka also meminta ATM pin Kartu silakan becareful.) Yang saudi Perusahaan Mengajukan Kerajaan TIDAK dikenakan mencakup biaya apapun, Perusahaan muslim Yang jujur ​​membantu orangutan di daerah adalah Saya Sekarang Adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))
    terima kasih untuk membaca Dan goodluck inshala

    ReplyDelete
  35. Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
    Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

    ReplyDelete
  36. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  37. CERITA-CERITA SUKSES
    salamalakum, silakan, saya ingin Anda semua untuk menjadi sangat berhati-hati dalam situs ini penuh dengan lender palsu saya zalina Dianto, Indonesia telah menjadi korban penipuan di tangan kreditur palsu, saya ditipu penipuan hampir Rp37,000 di tahun ini saya semua karena saya butuh Rp580, 000,000 modal yang besar, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. i mearnt sebuah tennant yang memperkenalkan saya kepada ibu Aasimah Aadila, membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, mereka memberi saya pinjaman dari 1% untuk biaya biaya pendaftaran atau mentransfer, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan untuk mengatakan terima kasih, jika Anda membutuhkan kontak pinjaman, Aasimah Aadila melalui email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) emaill I (Zalinadiato@gmail.com) mungkin Tuhan memberkati mereka

    ReplyDelete
  38. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  39. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  40. JANGAN Ignor SARAN INI
    Halo setiap orang yang melihat ini di seluruh dunia, situs ini memiliki banyak scammers, lakukan akan menipu seperti saya lagi, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman saudi. Aku baru saja pinjaman dari AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com^~~V jadi saya langsung email mereka dan mereka menanggapi email saya . Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari $ 620.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 1% saya mendapat cepat Ada biaya. Tidak ada penjamin diperlukan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari jumlah mendesak tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    ^, Kontak saya adalah omogbudeabundance@gmail.com,
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya asuransi, biaya hipotek, kartu ATM pin dan biaya pajak, becareful, semua adalah scam. mungkin allah memberkati Anda semua.

    ReplyDelete
  41. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mengakhiri tahun dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita . Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: mariasednerloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  42. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  43. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    ReplyDelete
  44. Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk setiap jumlah yang diperlukan, di tempat tujuan apapun, untuk bisnis, perusahaan, perusahaan dan tujuan pribadi dalam hal memahami dengan jelas dan menerapkan sekarang dengan mengirim email kami: (susannahstearns@gmail.com)

    ReplyDelete
  45. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, hal itu terjadi pada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Dewi Ahmad Dewi Ahmad Badan Kredit, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    ReplyDelete
  46. KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Maria Annette Pinjaman Perusahaan, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (mariaannetteloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Mariaannetteloanfirm
    (Mariaannetteloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  47. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman dari sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, hal itu terjadi pada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya yang saya akan memenuhi hak satu tapi saya tidak. Untuk Tuhan Kemuliaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Dewi Ahmad Dewi Ahmad Badan Kredit, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. email nya dewiahmad.loanfirm@gmail.com
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan di cindyreza98@gmail.com

    ReplyDelete
  48. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  49. Hai semua

    Kami berlesen peminjam wang, kami menawarkan pinjaman cepat dan pantas
    kelulusan pada kadar faedah yang rendah sebanyak 2%. Kami menyediakan penyelesaian pinjaman undang-undang
    kepada individu & pemilik perniagaan yang memerlukan TUNAI. kami
    memahami tekanan emosi dan mental harus berurusan dengan
    masalah kewangan ketika menghadapi kehidupan seharian. Dengan fleksibel
    pelbagai perkhidmatan pinjaman, kami komited dalam membantu anda dengan pinjaman
    pembayaran balik pada tahap terbaik anda yang selesa. Jangan teragak-agak untuk menghubungi kami, kami
    pelanggan memuaskan adalah keutamaan kami. Kerana kami menghargai semua kami
    pelanggan, kami mendengar untuk memenuhi keperluan anda dengan menyediakan anda kewangan kita
    bantuan. Untuk maklumat lanjut, hubungi kami melalui e-mel: uniquefinanceloanfirms@gmail.com



    Kami memberikan pelbagai jenis pinjaman seperti:

    *Pembaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Pinjaman Kereta
    * Pinjaman Penyatuan Hutang
    * Barisan Kredit
    * Pinjaman Perniagaan
    * Pinjaman Peribadi
    * Pinjaman Antarabangsa.

    Sila tulis kembali jika berminat untuk maklumat lanjut melalui hubungan kami di bawah

    EMAIL: uniquefinanceloanfirms@gmail.com

    Anggaplah !!!

    ReplyDelete

Subscribe