Mengajak Anak Belajar Tentang Alam di Kampung 99 Pepohonan

Sunday, December 14, 2014


Membesarkan anak di kota besar dengan kawasan hijau yang sudah semakin sempit menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua masa kini. Walaupun  sudah banyak gadget teranyar yang menyediakan banyak aplikasi untuk melatih perkembangan dan pendidikan anak, tetap terasa kurang mendidik.

Tidak banyak yang tahu bahwa di kawasan Sawangan, Depok terdapat satu tempat yang cocok sekali untuk liburan bersama anak-anak, yaitu Kampung 99 Pepohonan. Tidak hanya berlibur, anak-anak bisa belajar banyak tentang menjaga lingkungan dan melestarikannya. Badan mereka juga jadi bisa lebih sehat karena banyak beraktivitas di alam terbuka, berjalan, berlari, menghirup udara bersih nan segar.

Awalnya saya mengira bahwa tempat ini memang hanya memiliki 99 pohon, tetapi ternyata hanya namanya saja. Tidak mungkin kan kawasan seluas 5 hektar ini hanya memiliki 99 pohon? Jadi ada berapa pohonnya? Ratusaaaannnn….

Pintu masuk Kampung 99 Pepohonan
Lokasinya yang memang di tengah kampung mengharuskan kita melewati jalan kecil yang sempit. Namun di dekat Kampung 99 Pepohonan terdapat satu lapangan bola yang bisa dipakai untuk parkiran. Sebenarnya Kampung 99 Pepohonan juga memiliki lahan parkir yang bisa menampung sekitar 15 mobil.

Serunya, tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada pengunjung. Ketika berkunjung, kita akan dipandu oleh pengurus Kampung 99 Pepohonan untuk berbagi cerita dan mengajak kita berkeliling. Selain untuk menunjukkan jalan, tujuan kita dipandu agar rumah-rumah di kawasan Kampung 99 Pepohonan tetap terjaga keamanannya. Kawasan Kampung 99 Pepohonan ini luasnya 5 hektar sehingga kalau mau mengelilingi seluruh wilayahnya bisa pegal. Kayaknya lebih enak kalau berkelilingnya naik sepeda. Boleh tuh nanti bawa sepeda dan dayuh keliling kampung.

Kampung 99 Pepohonan sangat terbuka untuk siapapun yang ingin mengadakan kegiatan disana. Untuk biaya, biasanya dihargai dengan harga pohon. Jadi dengan mengadakan kegiatan disana, kita juga ikut melestarikan lingkungan karena ikut menyumbangkan pohon. Satu pohon dihargai Rp 25.000,-.  

Kegiatan yang bisa dilakukan disana antara lain Trekking berkeliling Kampung 99 Pepohonan, menanam pohon, belajar membajak sawah, menanam padi di sawah dan memanennya jika memang sudah memasuki musim panen. Bisa juga mencoba memanen sayur dan belajar memasak sayuran yang baru dipetik dari kebun. Hmmmmm, pasti lezat sekali bisa makan makanan yang dengan bahan segar. Nyaaaam….

Namun yang paling seru untuk anak-anak adalah kegiatan dengan hewan. Anak-anak bisa diajak untuk memberi makan rusa, babi hutan, sapi dan kambing. Bisa ikut memandikan mereka juga lhoooo…

Sapi Pedaging nya besar-besar sekali...

Sapi Perah nya sedang makan sebanyak-banyaknya karena diperah dua kali sehari...

Sapi dan kandang nya selalu bersih karena dimandiin dan disemprot terus...

Halo Rusa, kok sendirian aja...
Selain binatang-binatang di atas, anak-anak juga bisa diajak melihat buaya, owa dan babi hutan yang ada dikandangkan. 


Secara pribadi, saya sangat kagum dengan peternakan yang dikelola Kampung 99 Pepohonan ini. Kandangnya besar, bagus, bersih dan terawat. Alhasil saya senang dan betah berlama-lama di kandang  hewan ini karena tidak bau.

Yang disayangkan adalah kami tidak sempat mencoba ikut memerah susu sapi dan susu kambing yang dilakukan setiap subuh dan sore. Kami hanya ikut memberi makan sapi dan kambing-kambing itu. Kita juga bisa ikut menyusui bayi kambing yang lucu-lucu menggemaskan. Ada kuda poni yang bisa ditunggangi juga lho, sayangnya yang boleh menungganginya anak kecil. Hehehehe.

Aduh lucunyaaaa anak kambing ini.... Nggak bau juga loh dia...

Ekspresi kambing ini...... *aduh pengen ketawa*


Kuda Poni yang hanya bisa ditunggangi anak kecil...
Di bagian kolam pemancingan, pengunjung bisa memancing ikan atau ikut memberi makan ikan. Ikannya bisa langsung dimasak dan dikonsumsi loh. Hmmm…. Lezat!

Pemancingan di Kampung 99 Pepohonan. Biasanya sih Bapak-Bapak yang senang kesini ya...
Masakan-masakan lain yang bisa kita coba masak di dapurnya Kampung 99 Pepohonan adalah kue serabi, cincau, yogurt dan keju yang seluruh bahan dasarnya ada di dalam kawasan kampung. Seru banget!

Kalau suka basah-basahan, kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain di kali, bermain perahu sampan, atau bermain bola di lumpur. Hal seru lainnya adalah bisa membuat rakit dari batang pisang dan mencobanya langsung.

Selain kegiatan-kegiatan tadi, tersedia paket Outbond juga lho. Harga paketnya dimulai dari Rp 125.000,- per orang dan bisa disesuaikan dengan jenis kegiatan outbond yang diinginkan. Tinggal konsultasi langsung saja dengan pihak Kampung 99 Pepohonan.

Jika sudah asyik beraktivitas seharian dari pagi sampai malam, cobalah untuk menginap di rumah kayu yang ada di Kampung 99 Pepohonan. Harganya bervariasi, mulai dari harga 80 pohon – 100 pohon (dengan harga per pohonnya Rp 25.000,-). Pastinya jadi pengalaman yang menyenangkan tidur di dalam rumah pohon tanpa bunyi bising kendaraan. Hanya bertemankan suara jangkrik dan kalau beruntung, masih bisa melihat kunang-kunang.

Rumah Pohon di Kampung 99 Pepohonan. Asyik nih nginap di sini...
Menurut pendiri Kampung 99 Pepohonan, Bapak Eddy Djamaluddin Suaidy atau yang akrab dipanggil Abi, lokasi ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah masyarakat sekitar. Tanahnya pun sudah terkontaminasi pestisida sehingga Pak Abi dan beberapa rekannya bergotong royong untuk mengembalikan kesuburan tanah di wilayah tersebut. Pada tahun 1999, Pak Abi memutuskan untuk tinggal bersama beberapa rekannya di Kampung 99 Pepohonan dan jadilah pemukiman sederhana hingga kini ditinggali oleh puluhan KK.

Rumah keluarga yang mengurus Kampung 99 Pepohonan...

Sejak tinggal di Kampung 99 Pepohonan, Abi dan rekannya menanam banyak pohon untuk menambah kerindangan kampung. Pohon yang ditanam antara lain pohon jati putih, jati, beringin, rengas, bintaro,  damar, mahoni, kayu manis, kayu putih, kopo, trembesi, sonokeling, ketapang, kirai, karet, maja, eboni, rotan, nyamplung, puspa, putat, rembang.

Wajar saja ketika kita datang dari arah Jakarta dan Sawangan Depok yang panas, begitu masuk pintu gerbang Kampung 99 Pepohonan, sejuknya udara langsung berasa. Kontras sekali memang keadaannya. Hal ini juga mengingatkan kita bahwa kota Jakarta dan Depok memang butuh banyak pohon ya biar sejuk lagi.

Sehabis beraktivitas di Kampung 99 Pepohonan, kita bisa memesan menu makan siang andalan disana yaitu Nasi Hangat dengan Ayam Kampung Goreng dan Sayur Asam. Menunya disajikan di atas daun pisang pula. Hmmm, suasana pulang ke kampung nya semakin berasa.

Yuk berkunjung ke Kampung 99 Pepohonan. Ajak anak-anak belajar tentang alam dan lingkungan mereka. Dijamin seruuuu....

(postingan sotoy yang ditulis sama anak-anak yang belum berkeluarga, tapi bahasannya tentang pendidikan anak :p )

Untuk video nya bisa ditonton di Kampung 99 Pepohonan Depok ya ;)

The Team dengan pemandu kami, Mas Agus


Alamat :
Kampung 99 Pepohonan 

Jl. KH. Muhasan II - Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat 16515 
Telepon: 021-99955610, 021-77883623, 021-99453886, 081288899926
http://www.kampung99pepohonan.com/

You Might Also Like

4 comments

  1. denver broncos jerseys, http://www.denverbroncos.org/
    michael kors outlet, http://michaelkors.outletonlinestores.us.com/
    air jordan 11, http://www.airjordan11.net/
    michael kors uk, http://www.michaelkorsbags.uk/
    jordan shoes, http://www.jordan-shoes.us.com/
    hollister clothing, http://www.hollisterclothingstore.net/
    converse sneakers, http://www.converseshoes.us.com/
    canada goose outlet, http://www.canadagoose.us.org/
    nike sneakers, http://www.nikerunningshoes.cc/
    lululemon pants, http://www.lululemonoutletstore.in.net/
    michael kors outlet, http://www.michaelkorsfactoryoutlets.in.net/
    polo ralph lauren, http://www.poloralphlauren.us.org/
    oakley outlet, http://www.oakleyoutlet.in.net/
    abercrombie and fitch, http://www.abercrombie-fitch.us.com/
    cheap nfl jerseys, http://www.cheap-nfljersey.us.com/
    air jordan 4, http://www.airjordan4.org/
    tiffany outlet, http://www.tiffany-outlet.us.com/
    hermes birkin bag, http://www.hermesbirkin.org/
    longchamp handbags, http://www.longchamphandbag.us.com/
    discount oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesdiscount.us.com/
    cai2015912

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

      Delete

Subscribe