Mengenal Jejak Manusia Purba di Museum Sangiran

Monday, November 17, 2014

Siapa yang sudah pernah mengunjungi Museum ini? Museum yang bikin pengunjungnya tertawa-tawa karena bentuk manusia zaman dahulu yang terlihat lucu, padahal nenek moyangnya sendiri tuh.

Museum ini terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dan memiliki luas sekitar 56km2. Di dalamnya dapat kita jumpai fosil-fosil yang ditemukan di daerah Sangiran ini sekitar tahun 1930an. Dimana fosil-fosil tersebut menjadi kunci tentang kehidupan prasejarah manusia purba, khususnya Manusia Jawa seperti Pithecanthropus erectus, Meganthropus palaeojavanicus, Homo erectus dll.

Revolution :)

Penelitian situs Sangiran ini diprakarsai oleh seorang Antropolog bernama Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald. Berkat penelitiannya tersebut pula, situs Sangiran ini ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO pada tahun 1996. Oh iya, Situs Sangiran ini merupakan situs purbakala yang paling lengkap di Asia karena banyak sekali fosil dan temuan lainnya yang digali dari situs ini.

Gustav H R von Koenigswald

Selain Gustav HR von Koenigswald, beberapa arkeolog dari Indonesia turut serta dalam penelitian situs Sangiran ini. Mereka adalah Prof. DR. R.P. Soejono, Prof. Dr. S. Sartono, Prof. Dr. Teuku Jacob.

Selain fosil manusia purba, pengunjung juga bisa melihat banyak fosil hewan-hewan seperti gajah, badak, sapi, kerbau, rusa, banteng dll.

Gading gajah purba. Besar ya...

Benda-benda seru lain yang bisa kita temui adalah alat-alat yang dipakai manusia purba saat masa prasejarah seperti pemantik api dari batu, kapak batu, senjata perburuan mereka dll.

Museum Sangiran ini terdiri dari beberapa ruangan antara lain :

-Ruangan 1 : Kekayaan Sangiran (Wealth of Sangiran)
-Ruangan 2 : Langkah-Langkah Kemanusiaan (Steps of Humanity)
-Ruangan 3 : Masa Keemasan Homo Erectus - 500.000 tahun yang lalu (Golden Era of Homo Erectus - 500.000 years ago)
-Ruangan Sinema untuk pemutaran short-movie berdurasi 20 menit tentang Situs Sangiran dan sejarah manusia purbakala.
-Ruang Laboratorium (tidak untuk umum)
-Ruang Pertemuan
-Ruang Perpustakaan


Sewaktu mengunjungi museum ini, saya sedang membawa rombongan anak-anak. Senang sekali melihat mereka antusias berkeliling museum, bertanya ini dan itu. Tapi yang jelas sih mereka tak henti tertawa-tawa melihat bentuk manusia purba yang kata mereka mirip kera. Ada juga beberapa yang ketakutan karena melihat banyak fosil tengkorak. Bagian favorit mereka adalah ruangan dimana banyak diorama hewan purba.

Home Theatre untuk menonton sejarah manusia purba dan situs Sangiran


Di keterangan museum tertera informasi jumlah benda di Museum Sangiran ini ada 13.806 buah. 2931 dipamerkan dan 10.875 buah lagi disimpan di gudang penyimpanan. Loh, lebih banyak yang disimpan ya. Hehehe.



Biaya untuk masuk ke museum ini tergolong murah. Lihat saja ini...

Informasi biaya tiket masuk Museum Sangiran



You Might Also Like

5 comments

  1. instyler ionic styler, http://www.instylerionicstyler.com/
    kansas city chiefs jerseys, http://www.kansascitychiefs.us/
    nike air huarache, http://www.nikeairhuarache.org.uk/
    soccer jerseys wholesale, http://www.soccerjerseys.us.com/
    longchamp outlet store, http://www.longchampoutlet.name/
    kobe 9 elite, http://www.kobe9elite.us.com/
    chanel handbags outlet, http://www.chanelhandbags-outlet.us.com/
    hermes outlet, http://www.hermesbags.co.uk/
    air max shoes, http://www.nikeairmaxshoess.co.uk/
    oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesdiscount.us.com/
    michael kors uk, http://www.michaelkorsoutlets.uk/
    rolex watches for sale, http://www.rolexwatches.in.net/
    new york giants jerseys, http://www.newyorkgiants.us/
    manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
    ralph lauren shirts, http://www.poloralphlaurenshirts.us.com/
    mizuno running shoes, http://www.mizunorunningshoes.us/
    asics, http://www.asicsisrael.com/
    michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutlet.org.uk/
    christian louboutin, http://www.scarpelouboutin.it/
    karen millen dresses, http://www.karenmillendressesoutlets.co.uk/
    cai2015912

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

      Delete
  2. museum tentang manusia purba bisa menambah pengetahuan kita, harus dicoba berkunjung kesana..

    ReplyDelete

Subscribe