Icip-Icip Ragey dan Saguer di Tomohon

Monday, November 24, 2014



Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi satu tempat tentu saja mencicipi makanan lokalnya. Saya bersyukur terlahir bisa makan makanan apa saja dan tidak punya alergi terhadap suatu jenis makanan.

Di Tomohon, kota kecil di Sulawesi Utara, saya mencoba untuk mengeksplor sedikit di tengah-tengah padatnya jadwal kegiatan disana. Dengan meminjam motor, saya dan teman berjalan-jalan mengelilingi kota. Ternyata nggak sampai 15 menit, kami sudah selesai mengelilingi kota. Ya ampun, benar-benar kecil sekali Tomohon ini.

"Hmmm, cari makanan lokal sini yuk" ajakku yang direspon dengan anggukan kecil.

"Iya, ikut kamu aja mau kemana", jawabnya.

Berhentilah kami di sebuah warung kaki lima yang bertuliskan "Ragey Pala". Saya penasaran apa sih Ragey ini. Ternyata, itu adalah kedai sate yang berbahan dasar daging babi.


Sebagai pecinta segala masakan berbahan dasar daging babi ini, mataku langsung berbinar, air liur tertahan di mulut. Aduh, pengen nyomot semuanya....

Berhubung saya sudah makan malam sebelumnya, kapasitas perutnya berkurang dong. Saya jadi agak sedih karena mulutnya masih pengen ngunyah tapi saya sudah nggak sanggup lagi menampung makanan enak ini. Huhuhuhu.

Ini dia yang namanya Ragey. Satu tusuknya Rp 6000 saja ;)

Kalau ini Sate B2 bumbu pedas. Enak! Harganya Rp 2500 per tusuk.

Yang ini sate B2 bumbu manis. Pastinya gak kalah enak dari dua sate di atas ;)
Pas nyobain satu tusuk pertama itu, rasanya lansgung meleleh di mulut. Nggak tahu, bisa enak banget rasanya. Memang orang Sulawesi Utara ini sangat jago mengolah makanan dari B2 ini. Beda sama orang Batak. Sebagai orang Batak, saya tentunya sudah sering mencicipi B2 yang diracik dengan bumbu khas Batak Toba atau Batak Karo. Tetapi saya belum pernah menemukan orang Batak yang bisa meracik sate B2 seenak yang saya cicipi di Tomohon.

Waktu itu, ada 2 orang Ibu-ibu dan satu Bapak yang sedang membakar satenya, namanya Papa Fritz. Menyadari bahwa muka kami berdua asing, salah satu Mama bernama Mama Charlotte menanyai apa yang membawa kami jauh-jauh dari Jawa ke Sulawesi Utara. Berawal dari pertanyaan sederhana, perbincangan kami menjadi hangat dan dibalut tawa.

Terima kasih Papa Fritz, Mama Charlotte, Mama Pinz dan Ando :)
Mama yang satu lagi, Mama Pinz terkekeh-kekeh melihat mukaku yang sangat menikmati mengunyah Ragey lezat yang masih hangat. Mama Pinz kemudian menuangkan minuman berwarna putih ke dalam gelas kecil.

"Ini, coba dulu minum", kata Mama Pinz sambil menyodorkan gelas kecil.

Kuambil gelas kecil itu dan kuteguk...

"Ini enak banget, Mama....Enaaaaaakkk....Namanya apa?" ujarku

"Namanya Saguer ini, minuman lokal sini. Lebih enak ini daripada Cap Tikus", jawab Mama Pinz.

Cap Tikus sendiri adalah nama minuman yang memiliki kadar alkohol 40%. terkenal di Sulawesi Utara. Cap Tikus ini dihasilkan dari Saguer yang sudah melewati proses penyulingan. Sedangkan Saguer yang rasanya manis-manis asam mengandung alkohol dengan kadar 5%.

Aku langsung menanyakan Mama Pinz, dimana aku bisa membeli Saguer ini untuk dibawa pulang. Namun sayangnya, Saguer ini adalah minuman fermentasi lokal dari pohon enau (disebut pohon Seho dalam bahasa lokal Minahasa) yang susah untuk dibawa keluar kota. Lewat dari sehari saja, Saguer ini akan mengeluarkan zat asam yang membuat minuman ini tidak enak lagi untuk diminum. Sedih sekali aku... Hiks... Cap Tikus pun tidak boleh dibawa keluar dari Sulawesi Utara karena dianggap ilegal dan jika ketahuan di Bandara pasti akan disita.

Pastinya bakal kangen sama Ragey dan Saguer. Semoga ada rejeki supaya bisa balik lagi kesana. Tomohon, tunggu akuuu ;)
Masa kalau kangen minum Saguer, saya harus terbang ke Tomohon dulu dari Jakarta? Berat di ongkos cyin... Hahahaha....

Jadi, jangan lupa nyicip Ragey ini ya kalau ke Tomohon. Ini anjurannya tentu saja berlaku untuk teman-teman yang bisa makan B2 ya ;)

Selamat icip-icip... Nyaaam....


You Might Also Like

9 comments

  1. Butuh Kemasan Makanan untuk menunjang kebutuhan rumah makan Anda? Coba lihat ke sini untuk mengetahui lebih lanjut apa yang bisa Anda dapatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

      Delete
  2. louis vuitton bags, http://www.louisvuittonbag.us.com/
    tory burch outlet, http://www.toryburch.in.net/
    marc jacobs, http://www.marcjacobs.cc/
    oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesoutlets.us.com/
    nike air force 1, http://www.airforce1.us.com/
    golden state warriors, http://www.warriorsjersey.com/
    ray ban sunglasses, http://www.rayban-sunglassess.us.com/
    minnesota vikings jerseys, http://www.minnesotavikingsjersey.us/
    kobe shoes, http://www.kobeshoes.us/
    puma shoes, http://www.pumaoutletonline.com/
    ghd uk, http://www.ghdhairstraightenerssale.co.uk/
    air force 1 shoes, http://www.airforce1.us.com/
    swarovski uk, http://www.swarovskioutlet.org.uk/
    beats by dr dre, http://www.beatsbydrdre-headphones.us.com/
    new england patriots jerseys, http://www.newenglandpatriotsjerseys.us/
    chanel outlet store, http://www.chaneloutletstore.us.com/
    boston celtics, http://www.celticsjersey.com/
    oakley sunglasses wholesale, http://www.oakleysunglasseswholesale.in.net/
    abercrombie and fitch, http://www.abercrombie-fitch-hollister.es/
    stuart weitzman boots, http://www.stuartweitzmanoutlet.us/
    cai2015912

    ReplyDelete

Subscribe