Cerita Hangat dari Ketan Susu Lorong, Batu

Wednesday, July 09, 2014

Ketan Abon
Tak henti kupandangi parasnya yang cantik dan lembut. Siapa sangka usia beliau sudah 70 tahun lebih. Dengan mengenakan daster batik, beliau tak henti menebar tawa, bahkan kepada kami, orang asing yang baru datang untuk pertama kali. Cantiknya terpancar dari hati.

Ketan Susu Lorong. Nama sederhana yang disematkan kepada tempat menjual ketan susu di alun-alun kota Batu. Lokasi penjualnya memang ada di lorong, namun tersedia pula beberapa kursi dan meja di bagian luar lorong yang menghadap ke alun-alun.


Kursi dan meja yang ada di luar lorong sudah penuh ditempati oleh orang-orang yang sedang asyik menikmati ketan susu di dinginnya malam kota Batu. Kami masuk ke lorong dan memesan beberapa menu yang kami baca di kertas yang ditempel di dinding.

Menunya masih murah-murah ya.


Hanya ada beberapa kursi dan meja di bagian luar yang menghadap ke alun-alun Batu. Di sini yang asyik buat nikmatin ketan susu nya ya ;)


Mbak Donik atau yang kerap aku panggil Ibu Peri mengajakku masuk ke dalam ruang tamu kecil. Di sanalah kami bertemu dengan Mbah Suyatni yang cantik. Dengan ramah kami disambut, dipersilahkan duduk di sofa nya yang mungil.

Bersama salah satu anaknya Mbah, kami larut dalam pembicaraan yang hampir separuhnya sukar kumengerti karena mereka berbicara dalam bahasa Jawa yang halus. Walau aku Batak tembak langsung, masih ada beberapa kalimat yang aku mengerti. Hehehe.

Mbak Donik dan Mbah Suyatni. Bisakah saya secantik itu sewaktu umur 70an :)
Mbak Donik yang kebetulan mengenal beberapa orang yang dikenal Mbah (ah, betapa kecilnya kota Batu ini sehingga semua orang hampir saling kenal) dan menjadi pembuka pembicaraan kami malam itu. Berikutnya, Mbah mulai bercerita dan memberikan nasihat kepada kami para gadis.

I adore her. So pretty <3
Walau sudah ditinggalkan oleh suaminya, Mbah Suyatni merasa bahwa hidupnya sangat bahagia sudah bisa menunaikan haji bersama-sama. Anak-anaknya sudah dewasa dan memberikannnya cucu-cucu yang lucu. Tak lupa Mbah bercerita tentang bahagianya beliau sering dihubungi oleh cucunya yang di luar kota walau sekedar menanyakan sudah makan atau belum. Ah, andai saja aku masih bisa melakukan itu kepada Ompung Doli (kakek) dan Ompung Boru (Nenek). Sayang keempatnya sedang bersenang-senang di surga yang tidak ada sinyal.

Sambil berbincang, seorang lelaki paruh baya masuk ke ruang tamu dan mengantarkan dua piring ketan susu dan ketan susu keju yang masih hangat. Tak lupa juga si Bapak mengantarkan dua teh Pokak yang kami pesan. Begitu diseruput, semua rasa bercampur di lidah saya karena minuman ini dibuat dari gula merah, merica, pala bubuk, kayu manis yang dibakar, cengkeh dan jahe. Agak sedikit pedas tapi saya suka.

Ketan Keju Susu. Enyak enyak enyak :D

Teh Pokak pedas tapi enak :)
Sekali suap, ketan susu yang meleleh di mulut membuatku ketagihan. Apalagi ditambah dengan parutan keju, makin sedap rasanya. Mbah sendiri yang memilih ketannya hingga keluar kota. Beliau tahu betul membedakan dan memilih ketan berkualitas sangat baik.

Selain mengobrol hangat, kami juga diajak untuk melihat rumah bagian belakang yang baru saja selesai direnovasi. Bangunan bertingkat yang minimalis tetapi nyaman. Mbah menawarkan kami untuk menginap namun kami tolak dengan halus karena kami akan pulang ke rumah Mbak Donik. Kami katakan nanti jika ada kesempatan lagi kami bersedia menginap di sana. Tentu saja saya sangat senang bisa berbagi cerita lebih banyak dengan beliau.

Kalau teman-teman berkunjung ke Batu, cobalah datang ke Kedai Ketan Lorong. Cobalah ketan dan teh Pokak nya dan jika bertemu dengan Mbah Suyatni, ajaklah beliau mengobrol dan rasakan hangatnya lorong itu. :)


You Might Also Like

3 comments

  1. instyler ionic styler, http://www.instylerionicstyler.com/
    kansas city chiefs jerseys, http://www.kansascitychiefs.us/
    nike air huarache, http://www.nikeairhuarache.org.uk/
    soccer jerseys wholesale, http://www.soccerjerseys.us.com/
    longchamp outlet store, http://www.longchampoutlet.name/
    kobe 9 elite, http://www.kobe9elite.us.com/
    chanel handbags outlet, http://www.chanelhandbags-outlet.us.com/
    hermes outlet, http://www.hermesbags.co.uk/
    air max shoes, http://www.nikeairmaxshoess.co.uk/
    oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesdiscount.us.com/
    michael kors uk, http://www.michaelkorsoutlets.uk/
    rolex watches for sale, http://www.rolexwatches.in.net/
    new york giants jerseys, http://www.newyorkgiants.us/
    manchester united jersey, http://www.manchesterunitedonline.com/
    ralph lauren shirts, http://www.poloralphlaurenshirts.us.com/
    mizuno running shoes, http://www.mizunorunningshoes.us/
    asics, http://www.asicsisrael.com/
    michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutlet.org.uk/
    christian louboutin, http://www.scarpelouboutin.it/
    karen millen dresses, http://www.karenmillendressesoutlets.co.uk/
    cai2015912

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.Wr.Wb.
    SAYA IBUERNADITA SEORANG PENJUAL GORENGAN
    INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA BAHWA SAYA INI DULUNYA ORANG YANG PALING MENDERITA DI DUNIA.SETIAP HARI SAYA SELALU MENGELUH TENTANG MASALAH KELUARGA SAYA, BAHKAN KAMI PERNAH TIDAK MAKAN DALAM 1 HARI , 1 MALAM, KE ESOKAN HARI NYA ADA TETANGGA KAMI YG MEMBAWAKAN MAKANAN DAN TIDAK DISENGAJA DIA JUGA BERCERITA TENTANG MASALAH HIDUPNYA DULU DAN AKHIRNYA DIA MEMBERIKAN NO AKI KAYANA SAKTI ..TIDAK BERPIKIR PANJANG SAYA LANSUNG MENGHUBUNGI AKI KAYANA SAKTI DAN ALHAMDULILLAH BELIAU SANGAT MEMBANTU SAYA, DAN SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA AKI KAYANA SAKTI ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANGKA GHOIB, SYUKUR ALHAMDULILLAH TERNYATA ITU BENAR-BENAR TEMBUS DAN KINI SAYA SANGAT BAHAGIA MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA YG SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ,,DAN KAMI JUGA SUDAH BERENCANA INGIN MEMBUKA TOKO SENDIRI, DAN SEMUA UTANG-UTANG SAYA YANG ADA DI BANK ALHAMDULILLAH JUGA SUDAH BISA TERLUNASI, ITU SEMUA BERKAT BANTUAN AKI KAYANA SAKTI, DAN KAMI SEKELUARGA AKAN SELALU MEN DOAKAN AKI SEMOGA DI BERIKAN REJEKI YANG BERLIMPAH, SEHAT SELALU DAN PANJANG UMUR,,…
    BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA YG MEMERLUKAN BANTUAN AKI KAYANA SAKTI SILAHKAN HUB/SMS DI NOMOR (0823-3664-2456 ) SILAHKAN ANDA MEMBUKTIKANNYA SENDIRI TERIMAH KASIH…

    ReplyDelete

Subscribe