Kereta Wisata Jawa, Pengalaman Naik Kereta Mewah

Wednesday, December 11, 2013


Naik Argo Bromo Anggrek atau Sembrani ke luar kota? Sudah biasa. Kalau naik kereta wisata? Seperti apa ya rasanya?

Saya biasa naik Argo untuk pergi ke Bandung, Yogya, Solo atau Surabaya tetapi belum pernah naik kereta wisata. Beruntungnya, bulan Oktober lalu, saya berkesempatan naik Kereta Wisata “Jawa” dengan rute Gambir (Jakarta) – Bandung dengan membawa satu rombongan kantor yang akan outing. Enaknya jadi Tour Leader ya itu. Jalan-jalan sambil dibayar. Hehehehe.

Kereta wisata ini hanya terdiri dari satu kereta yang digabung dengan rangkaian kereta reguler. Awalnya saya menulis artikel ini, saya menggunakan istilah gerbong namun diralat oleh teman-teman pecinta kereta api. Gerbong itu tidak diperuntukkan untuk manusia tetapi untuk barang dan hewan. Kereta Wisata adalah kereta spesial yang bisa disewa ke semua rute yang dilayani oleh PT Kereta Api Indonesia. Mau ke Cirebon, Yogya, Solo, Malang, Surabaya, Bandung, Purwokerto, Semarang, Nusa Kambangan bisa kok.

Sewaktu saya naik kereta ini, saya diberitahu bahwa ada empat kereta wisata yaitu “Jawa”, “Nusantara”, “Bali” dan “Toraja”. Katanya sih jumlah kereta wisata akan terus bertambah seiring meningkatnya minat masyarakat untuk jalan-jalan dengan kereta mewah ini. Dari info seorang teman yang memberikan komentar di bawah, saya baru tahu sekarang ada satu kereta wisata lagi yang diberi nama "Sumatera". Berarti ada lima kereta wisata ya.

Begitu memasuki Kereta Wisata, langsung terasa bedanya kereta ini dibandingkan kereta lainnya. Ruangan kereta wangi, karpetnya tebal dan bersih. Ada sofa empuk berjejer lengkap dengan bantalnya serta LCD TV di tengah-tengah kereta. Di belakang ruang TV ada meja makan besar dengan kursi-kursi mewah. Ada bar kecil dimana pramugara dan pramugari kereta wisata sudah siap dengan senyum ramahnya melayani permintaan makanan dan minuman dari penumpang.

Karpet lembut, sofa empuk dan LCD TV untuk karaokean. Nyaman dan tak akan bosan sepanjang jalan
Di Kereta “Jawa” ini terdapat pula satu kamar tidur dengan satu king size bed (sayangnya tidak sempat difoto karena sudah ditempati keluarga Pak Bos). Di sebelah kamar tidur ada ruang penyimpanan bagasi, ruang operator dan kamar mandi. 

Ruang Makan Kereta Jawa
Di perjalanan, penumpang boleh menikmati film atau karaokean. Paling seru sih karaoke ya. Siapa yang tidak suka bernyanyi di perjalanan? Lumayan untuk buang suntuk.

Alhasil selama 2,5 jam perjalanan Jakarta – Bandung, sebagian penumpang kereta wisata menyanyikan tembang-tembang lawas sambil nostalgia dan sebagian lagi duduk ngobrol di meja makan sambil menyeruput kopi. Sedap betul.

Biasanya toilet kereta itu toilet jongkok. Tetapi di sini, toiletnya toilet duduk yang bersih sekali dan wangi lengkap dengan flush nya. Kalau toilet umumnya kereta lain mah langsung “plung” ke bawah. Lagi-lagi ada teman yang menambahkan kalau beberapa kereta sudah ada yang punya penampung sementara, jadi nggak langsung dibuang ke rel.

Saya sendiri sih belum puas naik kereta wisata 2,5 jam. Maunya lebih lama lagi. Saking betahnya, waktu tempuh Jakarta - Bandung terasa sangat singkat. 

Sewaktu saya posting di twitter dan facebook tentang kereta wisata, banyak yang bertanya-tanya tentang info harga dan cara memesannya.
Teman-teman yang berminat bisa lihat info lebih lengkap di website nya : http://indorailtour.com/ +6221 – 3452-310 / info@indorailtour.com

Jadwal kereta wisata ini selalu di-update di website. Jadi silahkan cek tanggal yang kamu mau berdekatan dengan jadwal kereta yang mana. 


Tarif Kereta Wisata (indorailtour.com)

Cara reservasi kereta wisata nih. (Sumber : indorailtour.com)

Happy Traveling!
Enjoy Indonesia!

You Might Also Like

30 comments

  1. baru tahu kalau ada rute surabaya-jember. Sptnya perlu diagendakan lain waktu

    ReplyDelete
  2. Mbak, sebenarnya gerbong itu bukan buat penumpang, tapi buat barang dan hewan! Sebanarnya kereta itu adalah yang mbak sebut gerbong! Makanya sebenarnya itu betul kereta wisata bukan gerbong wisata! Kalau satu rangkaian itu baru disebt kereta api, bukan kereta! Salah besar emang pengertian orang sekarang

    ReplyDelete
  3. Ada 5 kereta wisata, mbak. Yang belum disebutkan mbak ialah 'Sumatera'

    ReplyDelete
  4. sekarang semua kereta ekse kebayakan toiletnya kayak gitu, dan nggak langsung 'plung lap' tapi jadiin air dulu, baru buang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dear Iron Maiden. Terima kasih sudah mampir ya. Wah, terima kasih atas info perbedaan 'kereta' dan 'gerbong' ya. Ada 5 ya kereta wisatanya. Makasih, Akan aku masukin di atas. Iya keretanya bagus. Semoga kereta bisnis juga bisa dibuat seperti itu ya toiletnya ;)

      Delete
  5. sekali lg, saya ksh masukan.. ada kesalahan penyebutan istilah. '' gerbong'' dan ''kereta''. istilah gerbong adalah kendaraan yg berjalan di atas rel untuk mengangkut barang. sedangkan istilah kereta adalah kendaraan yg berjalan di atas rel untuk mengangkut manusia. saat ini semua kereta , baik itu kelas eko , eko ac , bisnis , eksekutif satwa dan eksekutif argo telah menggunakan tipe toilet go green yg menggunakan bak penampung. pertama kali di terapkan pada ka eksekutif argobromo anggrek go green surabaya pasar turi - jakarta gambir. kemudian di ka eksekutif argo lawu dan argo jati. kemudian menyebar bertahap di semua ka eksekutif argo dan satwa. hingga sekarang sampai ke semua ka ekonomi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih atas masukannya ya. Akan aku ubah ya. Sekali lagi terima kasih :)

      Delete
  6. Dan lagi, mbak, nggak ada yang namanya argo sembrani, mbak. Adanya Sembrani. Nggak pake argo. Dan mas anonymus, toilet go green apa dulu? Kalau yang kloset duduk, ya, ABA dulu. Tapi, kalau perintis toilet yang tidak langsung buang adalah KA 7 & 8 argo lawu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohhh begitu. Oke terima kasih sekali lagi ya Iron Maiden. :)

      Delete
  7. FYI... Gerbong tu untuk barang ya... Kereta itu untuk penumpang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fajar, terima kasih sudah mampir. Hehehe. Iya aku ubah yaa. :)

      Delete
  8. nice report :D

    bukan argo sembrani.. tapi cukup sembrani... Argo (Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Argo Lawu, Argo Wilis, dll) itu kelasnya lebih tinggi ketimbang Eksekutif Satwa (Sembrani, Gajayana, Taksaka, Sembrani, dll).. Kalau argo lewat, eksa akan minggir dulu.... :) :)

    Sekarang juga ada yang baru, entah buat KaWis atau buat reguler... dinamakan Royal Executive...

    kapan2 akan saya kirimi gambarnya :)

    salam :) pecinta kereta api dari Jawa Timur

    ReplyDelete
  9. Halo Mas Zulfika, terima kasih sudah mampir di blog ku. Senang sekalu ada pecinta kereta api yang mampir ke sini. Hehehe. Makasih sekali lagi untuk infonya ya Mas Zul. Postingan blog nya sudah aku edit lagi.

    Wah, mau lihat dong nanti foto-foto kereta wisata Royal Executive nya ;)

    ReplyDelete
  10. Mas Zulfika ada benarnya, tetapi, apabila saat akan bersilang, dan salah satu kereta tersebut ada kata ekspressnya, maka KA argo pun harus mengalah. Contoh: Majapahit ekspress dalam GAPEKA lama bersilang dengan ABA. Hasilnya, ABA selalu mengalah, padahal majapahit hanya ekonomi, biarpun sekarang tidak akan silang karena sudah double track. Ekspress malam Bima, selalu menang silang dengan Argo dwipangga dan Argo Wilis. Saya sudah merasakan sendiri, mas. omong-omong, mas zul daop berapa? Saya daop 6 yk

    ReplyDelete
  11. omong-omong, mas zul ada K1 royal? Ada yang priority nggak? Saya kemarin mau cegat di Manggarai, soalnya lagi dijadiin KLB, tapi nggak jadi

    ReplyDelete
  12. penampakan kereta luxury mperial :
    http://indorailtour.com/konten/uploads/2014/07/kereta-imperial.jpg

    ReplyDelete
  13. Wisata ngga cuman seneng seneng aja loh gan, nih disini banyak tipsnya visit here

    ReplyDelete
  14. Hai mba winnie... Salam kenal ya. Pengen juga ih, naik kereta kayak gini. Kapasitas maksimalnya berapa orang ya, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Isti, salam kenal juga. Makasih udah mampir btw. Kapasitasnya bisa sampai 30 orang Isti. Hehehe :)

      Delete
    2. Hai Isti, salam kenal juga. Makasih udah mampir btw. Kapasitasnya bisa sampai 30 orang Isti. Hehehe :)

      Delete
  15. Di Bandung Anda juga bisa berjalan-jalan menggunakan kereta loh. Ingin tahu seperti apa jika berjalan-jalan di kota Bandung dengan kereta? Mampir yuk ke http://sebandung.com/2014/04/wisata-ke-bandung-naik-kereta/ untuk tahu informasinya.

    ReplyDelete
  16. Itu harga utk perkereta wisata imperial atau dihitung segerbong..keretanya..mihon info?
    Dan..bagi saya apapun namanya...tetep aja ngitung kereta yg umum .. Ditanya apa nama keretanya ini mas....bla bla.....trus ada berapa gerbong keretanya....jawabnya bisa bervariasi 8 gerbong mas...dst.....dlll.....jadi itu gerbong per gerbong mau isinya manusia atau barang yg pasti bisa dijelaskan dr nama keretanya.....saya rasa cukup jelas ..jangan dibuat susah..wkwkkwkwk

    Trims ya Winnie atas blog nya sangat berkesan...sperti orgnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk K1 Imperial, harga bervariasi yang paling murah ke BD: Rp.14.000.000 dirangkaikan pada KA GoPar, dan paling mahal ke ML: (kalau tidak salah) Rp.28.000.000 dirangkaikan pada KA Gajayana, kecuali meminta KA lain seperti: Majapahit, Matarmaja, Bima, Jayabaya. Dan maaf bila menyinggung, tetapi, saat ini oleh PT. KAI sudah merubah penyebutan tentang gerbong dan kereta. Gerbong dan kereta itu sebutan per-unit seperti yang sudah ada pada argumen di atas, untuk keseluruhan, penyebutannya adalah RANGKAIAN, STAMFORMASI, KERETA API(jangan hanya kereta). Maka, seharusnya jangan bertanya nama kereta, tapi nama rangkaian, dan ada berapa kereta. Jawabannya bisa 7 kereta + 3 gerbong, 8 kereta + 2 gerbong(gerbong B(Bagasi), gerbong P(pembangkit), Gerong M1, KM1, MP1, KM2, KMP2, MP2, MP3, KMP3(gerbong restorasi)). Mohon maaf bila menyinggung dan terkkesan menggurui, tapi maaf sekali lagi, herga diri saya sebagai RF agak tersinggung pula

      Delete
  17. ray ban sunglasses, http://www.ray-bansunglassess.in.net/
    replica handbags,replica handbags outlet,cheap handbags,purses and handbags,wholesale replica handbags,replica bags,bags outlet,replica handbags wholesale,cheap purses,discount handbags,handbags sale,wholesale purses,handbags and purses,replica purses
    barcelona jersey, http://www.barcelonajerseys.net/
    nike air max uk, http://www.nikeairmaxshoes.org.uk/
    nba jerseys, http://www.nbajerseys.net/
    ralph lauren outlet, http://www.poloralphlauren.us.org/
    oakley canada, http://www.oakleysunglassescanada.com/
    cheap nba jerseys, http://www.nbajerseys.us.com/
    valentino outlet, http://www.valentinooutlet.us.com/
    pandora jewelry, http://www.pandorajewelryoutlet.us.com/
    coach outlet store, http://www.coachoutletonline-store.us.com/
    lululemon outlet, http://www.lululemonoutletstore.in.net/
    herve leger dresses, http://www.herveleger.us.com/
    mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.net/
    links of london, http://www.linksoflondons.co.uk/
    cheap soccer jerseys, http://www.cheapsoccerjersey.net/
    hermes birkin, http://www.hermesbirkin.org/
    christian louboutin outlet, http://www.christianlouboutinonline.us.com/
    raiders jerseys, http://www.oaklandraidersjerseys.us/
    swarovski outlet, http://www.swarovskioutlet.org.uk/
    cai2015912

    ReplyDelete
  18. Ga ada foto toilet nya ya sy mau liat soalnya suami hanya bisa di kursi roda

    ReplyDelete

Subscribe