Sambutan Hangat dari Kuta Lombok, #TripLombok 2

Tuesday, November 12, 2013



Kapal Putri Gianyar sudah berhenti dengan sempurna. Orang-orang beradu langkah untuk keluar dari kapal. Saya masih santai saja sambil membersihkan muka, menunggu hingga semua orang keluar. Yang tersisa hanya petugas kapal yang sedang mengecek siapa tahu ada barang yang tertinggal, memungut sampah dan menyapu lantai.

Dari pelabuhan Lembar ke Kuta masih 1,5 jam perjalanan. Ada transportasi mobil dengan ongkos Rp 100.000 per orang. Saya langsung mengernyit. Kok mahal banget yah? Sebagai perbandingan, saya tinggal di Sibolga, 11 jam dari kota Medan naik mobil cuma 130.000 ongkosnya. Itu perjalanan 11 jam loh ya. Masa harganya hampir sama dengan perjalanan 1,5 jam? 

Syukurlah ada teman dari pecinta alam FE UNRAM, teman lama Ju, Bang Lukman yang menjemput kami di Lembar dan berbaik hati mengantarkan kami ke Kuta. Hemat 200 ribu kan? Asyikkk!
Dengan senyum sumringah, Bang Lukman tersenyum dan menanyakan kabar. Dia dan Ju sudah tak bertemu selama 10 tahun. Terakhir waktu bertemu mereka mendaki Gunung Rinjani bersama-sama. Ketika bertemu lagi, Bang Lukman sudah menikah dan punya anak tiga. Yes, time flies…..

Mobil melaju cepat menuju Kuta. Jalanan pagi itu sepi sekali. Tapi Lombok sudah membuat aku jatuh cinta padahal baru pertama kali. Jalan aspal yang mulus, dipayungi pohon-pohon rindang yang hijaunya menyegarkan mata membuat pembuka liburan menjadi sangat menyenangkan. Ju dan Bang Lukman asyik bersenda gurau, bernostalgia masa muda dan aku di bangku belakang tertidur pulas. Tsk. Dasar pelor,  nempel molooooor…

Jalan yang rindang dari Lembar menuju Kuta
Ketika mobil berhenti, aku belum melihat adanya pantai tapi pekarangan rumah. Bang Lukman bilang kami akan beristhirahat minum kopi di rumah Bang Boo-boo. Terlihat sesosok laki-laki bermuka ramah dan lucu keluar dari dalam rumah. Setelah berkenalan, Bang Boo-boo mengajak kami duduk di pendopo di halaman. Kami disuguhkan 4 gelas kopi panas. Sebenarnya saya enggak minum kopi. Tapi sebagai tamu, kita harus menghormati apapun yang disuguhkan. Kan masih kopi ini yang disajiin, bukan racun. 

Bang Lukman dan Boo-boo menanyakan rencana perjalanan kami selama di Kuta. Lalu aku menjelaskan tiga tempat yang sangat ingin kukunjungi yaitu Pantai Mawun, Tanjung Aan dan Selong Belanak. Kalau memang bisa mengunjungi lebih dari itu ya bersyukur sekali karena memang banyak tempat yang cantik untuk dikunjungi. Tapi karena waktu yang aku punya hanya dua hari ya enggak muluk-muluk permintaannya. Itu mah bukan liburan namanya tapi ambisius. Toh kalau memang tidak bisa mengunjungi semuanya di kunjungan yang ini, masih ada kunjungan-kunjungan berikutnya. Tujuan utama liburan itu bersenang-senang dan tidak hanya menghabiskan tenaga untuk perjalanan demi mencari “hidden paradise”.

Kami lalu ditanya ingin menginap dimana. Saya sudah membawa daftar beberapa homestay di Kuta, tetapi saya lebih percaya dengan pilihan Bang Boo-boo sebagai orang lokal. Kami diantarkan ke “Royal Spa Bungalows” yang tidak ada di daftar homestayku. Ternyata homestay ini masih baru. Halamannya luas, bangunannya terdiri dari pondok-pondok yang dipayungi pohon rindang dan ada kursi santai di depan masing-masing pondok. Suasanya tenang dan nyaman. Cocok sekali seperti yang saya inginkan. Rate nya 150.000/malam sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Wah, harganya juga pas di kantong. Oke, kita putuskan untuk menginap di sini saja.

Pondok tempat kami menginap, Royal Spa Bungalow.
Halaman Royal Spa Bungalow ini luas dan ada pondokan di tengah untuk ngumpul santai-santai
 Secara pribadi, aku suka sekali pondok ini. Dinding dan atapnya dianyam. Memang tidak terlalu besar tetapi menurutku cukup untuk berdua. Tempat tidurnya bersih dan wangi, ada kipas angin dan dua handuk bersih yang disiapkan di atas meja. Yang terpenting buatku adalah kamar mandinya. Lantainya sengaja dibuat dari batu (jadi kayak batu refleksi gitu), wastafel dan toilet duduk yang bersih sekali dan ada pancurannya. Hore! Berasa lagi mandi di kampungku. Hahaha.

Tempat tidurnya besar, bersih dan wangi


Setelah memastikan kami suka dengan penginapannya, Bang Lukman dan Boo2 pamit pulang. Besok Bang Lukman berjanji membawa anak dan istrinya untuk bermain ke pantai bersama-sama. Asyik, ada teman main. 

Oh ya, Bang Boo2 juga membantu kami untuk mendapatkan motor untuk disewa. Di Lombok, transportasi umum susah jadi lebih baik menyewa motor untuk jalan-jalan ke objek2 wisata di Lombok. Harga normal sewanya Rp 50.000 per hari tapi enggak pakai helm. Nah, disini nih lucunya. Di Kuta aku tidak melihat ada orang lokal atau turis yang naik motor pakai helm. Katanya memang tidak biasa pakai helm. Loh? Gimana ceritanya ini? Kalau kecelakaan gimana? Hih amit-amit! Tapi ya mau gimana lagi, helm nya memang gak ada kan? Mesti ekstra hati-hati deh di jalan.

Saya dan Ju bergantian mandi dan beberes. Biasanya Ju duluan karena saya mandinya paling lama. Dudududu. Rencananya kami akan pergi ke tempat yang paling jauh dulu yaitu Pantai Selong Belanak yang jaraknya kurang lebih 16 KM dari Pantai Kuta. Menunggu saya beberes, Ju pergi mengisi bensin (harga premium 7.000/liter) dan membeli bekal makan siang untuk dibawa ke pantai. Piknik asyik. :D
Butuh satu jam untuk mencapai Pantai Selong Belanak. Mungkin bisa lebih cepat kalau misalnya jalan terus tanpa berhenti. Masalahnya kebiasaan saya dan Ju adalah berhenti setiap ada yang bagus untuk difoto. Aku lebih tertarik dengan jalan dan langit. Ju lebih tertarik pada orang lokal dan tembakau yang banyak terdapat di kanan-kiri jalan. Jadi ya gitu. Jalan, berenti terus jalan eh berhenti lagi. Kami tidak berlama-lama juga karena teriknya matahari Lombok enggak nahan, sob.

Jalan menuju Mawun & Selong Belanak
Ladang Tembakau yang akan sering kita jumpai di tepi jalan

Hewan ternak dilepas bebas untuk merumput sendiri.
Aku bernyanyi-nyanyi sepanjang jalan dan merasa enggak punya beban. Aku meluapkan rasa senang yang tak tertahankan karena akhirnya bisa liburan ke Nusa Tenggara, salah satu wish list ku tahun 2013. Lombok ini benar-benar cantik. Sewaktu liburan disana langit cerah, arak-arakan awan kapas meriah menghiasi langit biru. 

Langit biru, awan putih, membentang indah lukisan Yang Kuasa- (Sherina, 2001)


Akhirnya kami tiba di Pantai Selong Belanak…..
Penasaran dengan pantainya? Tunggu postingan berikutnya ya ;)


Catatan Kecil :

-          Daftar Homestay di Kuta, Lombok :
  •        Royal Spa Bungalow & Restaurant +62 370-6608-666 (Rp 150.000)
  •  .      Anda Bungalows & Restaurant, Kuta +62 370-654-836 (Rp 100.000 - 150.000)
  •         G’Day Inn, Kuta +62 370-655-342 (Rp 200.000 - 300.000)
  •        Mimpi Manis Homestay, Kuta +62 818-369-950 (Rp 120.000 – 220.000)
  •         Puri Rinjani Bungalow & Restaurant, Kuta +62 370-654-849 (Rp 150.000 – 400.000)
  •         Seger Reef Homestay, Kuta +62 370-615-528 (Rp 100.000)
  •         Segare Anak Bungalow & Restaurant, Kuta (Rp 200.000)
  •         Yulis Homestay, Kuta +62 819-1710-0983 (Rp 300.000)
  •      Surfers Inn, Kuta +62 370-555-582 (Rp 200.000 – 500.000)

TIPS

  • Untuk penyewaan motor silahkan request langsung ke petugas homestay dan mereka akan membantu untuk mencarikan motor. Jangan langsung iya-iya saja ketika dikasih motor. Cek dulu di depan petugasnya apakah mesinnya baik, rem nya juga pakem dan perhatikan apakah sudah ada lecet di badan motor. Foto sebelum dipakai sebagai bukti bahwa memang ada kerusakan sebelum kita memakai motor tersebut. Untuk jaga-jaga kalau misalnya kita disuruh ganti rugi untuk sesuatu yang bukan kesalahan kita.
  • ATM yang terdapat di Kuta : BNI, Mandiri, BCA, BRI, CIMB Niaga
  • Pakai sunblock nya jangan di pantai doang. Di perjalanan juga dipakai karena panasnya menyengat sekali, sob. 
  •  Sebagai pendatang, ramahlah kepada penduduk lokal. Kalau bertemu di jalan ya disapa. :)
  • Lombok bukan Bali. Jangan pakai bikini sambil naik motor (biasanya turis asing sih yang begini). Hormatilah penduduk lokalnya yang mayoritas Muslim. 

Cerita lanjutan #TripLombok 3 bisa dibaca di sini : "Bermain Cermin di Pantai Selong Belanak"

 Happy Travelling!
Enjoy Indonesia!  

You Might Also Like

5 comments

  1. makasih bangeeet,banyak informasi buat liburan di Lombok nya n nice pic

    ReplyDelete
  2. #triplombok 3 nya ga bisa d buka y ???

    ReplyDelete
  3. oakley sunglasses wholesale, http://www.oakleysunglasses-wholesale.us.com/
    ugg boots, http://www.uggbootsclearance.in.net/
    the north face outlet store, http://www.thenorthfaceoutletstores.org/
    michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutlet-store.us.com/
    washington redskins jerseys, http://www.washingtonredskinsjersey.com/
    steelers jerseys, http://www.pittsburghsteelersjersey.com/
    lacoste shirts, http://www.polo-lacoste-shirts.fr/
    hogan, http://www.scarpehogan-outlet.it/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglassesonline.in.net/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.co.uk/
    michael kors outlet, http://www.michaelkorsusa.us/
    coach outlet, http://www.coachoutletstoreonline.in.net/
    oakley sunglasses wholesale, http://www.oakley.in.net/
    hermes belt for sale, http://www.hermesbelts.us/
    chanel outlet, http://www.chanelhandbags-outlet.co.uk/
    mulberry uk, http://mulberryoutlet.outlet-store.co.uk/
    tiffany jewellery, http://www.tiffanyjewelleryoutlets.co.uk/
    lacoste pas cher, http://www.polo-lacoste-shirts.fr/
    tory burch outlet online, http://www.toryburchoutletonline.in.net/
    los angeles clippers jerseys, http://www.clippersjerseystore.com/
    cai2015912

    ReplyDelete
  4. mba, bolehkah bagi info no hp sewa motor di kuta? trims

    ReplyDelete

Subscribe