Tips Mendaki Gunung Agar Tetap Cantik Untuk Perempuan

Wednesday, September 18, 2013




Halo para cewek yang ingin mendaki gunung. Kali ini saya ingin membagi tips mendaki gunung untuk kaum kita, seiring meningkatnya minat perempuan untuk mendaki gunung. Yang buat postingan ini  masih tahap pendaki pemula, saya. :)

Kita mulai dari tips persiapan fisik ya :

1. Sebulan sebelum melakukan pendakian gunung, hal yang terpenting dilakukan adalah OLAHRAGA!! Ingat, mendaki gunung bukan cuma jalan kaki, tapi mendaki dengan barang bawaan carrier yang cukup berat. Olahraga yang cocok adalah jogging, push-up, sit-up, back-up, pull-up dan renang untuk latihan pernapasan.

2. Coba lihat tanggal pendakian kamu, apakah bertepatan ketika kamu sedang kedatangan "tamu". Kalau bertepatan, saya anjurkan tidak usah mendaki dulu. Tapi kalau merasa kuat, ya silahkan. Asal tahu cara membersihkannya dan menyimpan dengan baik di dalam carrier. Akan saya ceritakan di bawah nanti ya.

Tips berikutnya adalah Barang Bawaan WAJIB :

1. Carrier
Carrier adalah tas punggung besar yang memiliki kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 30 - 90 liter. Carrier ini berbeda dengan tas punggung / ransel karena dibuat dengan sistem khusus. Sistem khusus yang dimaksud adalah, tas ini sudah disesuaikan ukuran punggungnya, memiliki straps / tali dan buckle di pinggang dan dada. Tujuannya agar beban tidak 100% ditanggung oleh bahu, tetapi dibagi di perut. Kalau mau beli carrier jangan tergoda oleh warna atau designnya, tapi dilihat dulu apakah itu woman series (khusus untuk perempuan) atau bukan. Untuk perjalanan 2 hari 1 malam, sebaiknya bawa carrier 40-55 liter.

2. Pakaian Atas / Baju Jalan
Pengen modis pas mendaki gunung? Bisa banget kok. Sekarang sudah banyak baju quick dry yang memiliki banyak pilihan warna. Warna kesukaan saya untuk naik gunung itu hitam, biru, pink. Kaos quick dry ini tipis, ringan dan sesuai namanya, cepat kering. Bayangin aja kalau kita bawa baju katun terus basah karena keringat dan ketika mau dijemur, tidak ada matahari. Pusing kan? Kalau kaos quick dry, cukup kita angin-anginkan sebentar sudah kering dan siap dipakai jalan lagi keesokan hari. Oh iya, kalau tidak punya baju quick dry lengan panjang, boleh pakai manset untuk menutupi tangan. Selain melindungi dari sinar matahari, manset juga melindungi kita dari alergi gatal beberapa tanaman di hutan.

3. Celana Jalan
Saya ini terbiasa jalan kemana-mana pakai celana pendek dan risih kalau pakai celana panjang. Namun, celana yang baik dipakai ketika naik gunung sebenarnya celana panjang atau celana cargo. Saya dan teman-teman saya di organisasi pecinta alam memilih tetap memakai celana pendek karena bisa bergerak lebih leluasa. Eits, tapi kita pakai celana legging lagi kok sebagai tambahan. Legging yang dipakai bukan legging untuk jalan-jalan ke mall yang berbahan katun dan rame motifnya melainkan legging yang berbahan latex yang warnanya hitam. Enaknya legging latex ini adalah tidak mudah robek, cepat kering dan tidak bisa disusupi lintah. (Yap, salah satu resiko naik gunung adalah dihinggapi lintah. Ketika kita terkena, cukup teteskan cairan gel pencuci tangan seperti Dettol / Antis. Lintah akan copot dengan sendirinya. Jangan coba-coba cabut lintah yang masih lengket di kulit kita, nanti jadi koreng loh)

4. Sleeping Bag
Kantung tidur / sleeping bag adalah bawaan wajib ketika naik gunung. Namun ada beberapa pendaki yang cukup membawa sarung. Buset. Di gunung itu dinginnya bisa ekstrim banget dan sarung doang tidak bisa menghangatkan tubuh kita. Sleeping bag juga membantu kita untuk tidur lebih nyaman, apalagi yang bagian dalamnya ada lapisan polar. Tidur jadi enak banget, hangat dan nyaman. Keesokan hari, badan kita sudah segar dan siap lagi untuk mendaki kalau malamnya cukup tidur dan nyaman.

5. Pakaian Tidur
Jangan pernah tidur dengan pakaian yang dikenakan saat jalan. It's a big no no. Kebayang gak baju itu sudah dipakai keringatan satu hari dan dipakai lagi untuk tidur. Uuhhhhh. Joroknya. Kalau mendaki gunung, saya selalu membawa celana panjang / long john, baju katun lengan pendek / lengan panjang, kaos kaki tidur, sarung tangan tidur, topi dari wol untuk menghangatkan kepala dan telinga. Semua sudah dipakai, tinggal masuk ke dalam sleeping bag deh.

6. Sepatu Trekking
Sewaktu masih menjadi calon anggota organisasi pecinta alam, senior saya berkata kalau yang paling penting dilindungi ketika mendaki adalah kaki. Kenapa kaki? Karena kaki adalah bagian tubuh yang berusaha paling keras menahan beban selama pendakian atau ketika turun gunung. Oleh karena itu, lindungilah kakimu dengan sepatu yang baik yaitu sepatu trekking. Sepatu trekking bisa dibeli di toko-toko outdoor gear. Kekhasan dari sepatu ini adalah sepatunya tinggi menutupi (melindungi) mata kaki, lebih tahan air dan sol nya bergerigi / anti slip.

7. Gaiter
Gaiter adalah pelindung kaki dari lintah dan ular. Gaiter ini memiliki pengait untuk sepatu sehingga tidak mudah terlepas. Walaupun saya tadi bilang memakai legging latex untuk melindungi kaki dari lintah, saya juga masih memakai gaiter. Supaya lebih aman :)

8. Tenda / Flysheet
Kalau yang ini kayaknya enggak perlu dibilangin lagi ya. Soalnya kalau enggak ada tenda / flysheet, mau tidur dimana? Di bawah pohon? Hehehe. Bisa sih bikin bivak dari ranting pohon dan dedaunan, tapi tidak senyaman tenda. Pilih mana?

9. Kompor & Trangia
Kita biasa membawa kompor gas kecil ketika mendaki gunung dan tidak mengandalkan api unggun. Trangia adalah kompor berbahan bakar spiritus lengkap dengan tempat memasak nasi dan lauk-pauk plus teko kecil untuk memasak air hangat. Biasanya kita membawa dua kompor dan satu trangia. Jadi memasak bisa lebih cepat.

10. Sandal Gunung
Siapa bilang ke gunung enggak boleh pakai sandal? Boleh kok, asalkan dipakainya bukan pas mendaki, tetapi saat sedang isthirahat di camp. Kan enggak asik mau keluar masuk tenda untuk ambil barang dan masak tapi pakai sepatu. Bukannya apa-apa. Sandal gunung memang kurang aman dipakai untuk mendaki dan resiko cedera nya lebih besar. Kalau tidak punya sandal gunung, di camp bisa pakai sandal jepit kok.

11. Jaket Windbreaker
Kalau ke gunung jangan pakai sweater yang terbuat dari wol. Iya sih hangat, tapi ketika hujan dan terkena air, jaketnya jadi berat dan susah kering. Pilihlah jaket windbreaker yang juga dijual di toko-toko outdoor gear. Jaket windbreaker ini memang didesign tahan air / waterproof tetapi tetap hangat di dalamnya. Saya senang mengoleksi jaket windbreaker warna-warni. Ada ungu, biru, pink dll ;)

12. Sarung Tangan
Beli aja sarung tangan murah di tepi-tepi jalan. Soalnya sarung tangan yang ini untuk dipakai jalan mendaki. Ketika mendaki banyak gerakan memanjat dan kita harus memegang kayu atau tumbuhan yang ada di dekat kita sebagai pegangan. Kalau tidak jeli, kita bisa terkenal tumbuhan yang membuat tangan kita jadi gatal dan panas. Amannya ya pakai sarung tangan kan?

13. Headlamp
Ketika melakukan pendakian di malam hari atau summit attack dari subuh, pastinya butuh lampu untuk menerangi jalan. Headlamp juga memudahkan pergerakan kita karena dilingkarkan ke kepala. Jadi yang dibawa naik gunung adalah headlamp bukan senter ya.

14. Peta, Kompas & Peluit
Tiga barang di atas wajib dibawa untuk navigasi dan alat komunikasi selama kita melakukan pendakian. Dibawa saja untuk jaga-jaga ya.

15. Kantong Sampah / Trash Bag
Jangan lupa apa yang  dibawa naik, harus dibawa turun lagi. Siapkan trash bag untuk menyimpan sampah-sampah selama pendakian, dibawa turun dan nanti dibuang setelah tiba di desa lagi.

16. Matras
Matras itu berguna untuk alas kita duduk/masak di camp dan sebagai alas tidur di dalam tenda. Pastikan matras tidak ketinggalan ya. :)

17. Obat-obatan Pribadi
Walaupun kita sehat bugar ketika berangkat mendaki, bisa saja di tengah pendakian kita jatuh sakit. Oleh karena itu jangan sampai lupa membawa obat-obatan pribadi. Obat-obat yang saya sarankan adalah :
  • Obat sakit kepala & pilek
  • Neurobion Tablet Putih
  • Vitamin C dan B12
  • Betadine, Kapas, Kain Kasa
  • Koyo
  • Geliga / Counterpain
  • Minyak Kayu Putih
  • Perban
  • Feminax (untuk perempuan yg lagi "dapet")
18. Jas Hujan
Ketika hujan melanda, kita tidak bisa terus-terusan berdiam diri. Kalau hujannya seharian gimana? Mau mati kedinginan? Pendakian harus tetap dilanjutkan dengan memakai jas hujan. Jas hujan yang baik adalah yang two pieces, ada baju dan celananya.Bisa dibeli di outdoor gear ya.


Tips Bawaan Khusus Perempuan :

Nah, untuk barang-barang di bawah ini, khusus untuk perempuan saja karena dijamin para lelaki tidak mau membawa ini. Barang apa saja ya?

1. Tissue Basah
Di gunung, kita tidak bisa mandi tetapi wajib bebersih diri, khususnya ketika mau tidur. Saya pribadi sudah terbiasa untuk mandi sebelum tidur. Kalau mendaki gunung, saya cukup membawa tissue basah yang isi 50 sheets untuk perjalanan 2-3 hari. Waktu perjalanan ke Gunung Masurai, Jambi tahun lalu, saya bawa 10 pack tissue basah karena enggak mandi sampai 12 hari. Hahaha. Jadi, sebelum tidur, saya melap seluruh badan dengan tissue basah baru berganti pakaian tidur. Kalau badan wangi dan bersih jadi lebih enak deh tidurnya.

2. Deodorant
Saya paling engak tahan sama bau badan. Padahal ketika mendaki gunung, badan kita penuh keringat dan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi, solusinya adalah deodorant! Bawa deodoran ukuran kecil saja dan dipakai di pagi hari sebelum memulai kegiatan. Jadi walau berkeringat, kita enggak ba. Oh ya, kalau tidak cocok dengan deodorant, boleh pakai Bedak MBK di ketiak. :)

3. Pembalut
Nah, ini nih amunisi wajib perempuan ketika sedang kedatangan "tamu". Ketika kita harus mendaki tetapi lagi "dapet" jangan lupa untuk membawa banyak kantong plastik kecil dan pembalut. Saya biasanya mengganti pembalut 4 jam sekali. Pembalut bekasnya saya masukkan ke kantong plastik kecil, lalu saya masukkan ke kantong plastik besar. Kantong itu juga tidak saya campur dengan barang bawaan di dalam carrier tetapi saya masukkan ke kantong kiri dan kanan carrier. Jadi, jangan coba-coba meninggalkan pembalut bekas di hutan ya. Nanti.......... (bergidik sendiri)

4. Sunblock
Walaupun gunung itu suhunya rendah, tapi sinar UV nya lebih kuat dibandingkan di kota. Jadi, semakin tinggi suatu tempat, resiko kulit terbakar juga semakin besar.  Saya sendiri memakai sunblock "Skin Aqua SPF 50". Kulit memang menghitam, tapi tidak perih terbakar. Itu yang penting. Skin Aqua ini juga aman dipakai di muka dan tidak lengket seperti sunblock merk lain. Jadi promosi ya. Hehehehe.

5. Buff / slayer
Buff atau slayer ini selain untuk menghangatkan leher, bisa jadi bandana gaya. Siapa bilang naik gunung gak boleh bergaya cantik? x)

6. Topi
 Kalau mukanya mau lebih terlindungi lagi ya pakai topi biar enak.

7. Baju Gaya
Hahaha, apaan nih baju gaya? Baju gaya adalah baju bersih yang memang kita siapkan untuk foto-foto di puncak. Kan gak asik kalau fotonya pakai baju kumal. Hehehehehe. Tapi bukan dress ya x)

8. Handuk Kecil, Shampoo, Sabun, Pencuci Muka, Sikat dan Pasta Gigi
Bawalah tas kecil yang berisi barang-barang toilettries diatas. Tapi bukan untuk dipakai ketika bertemu sungai atau danau di gunung. Karena itu adalah bahan-bahan kimia. Bayangin kalau kita mandi di mata air dengan sabun dan shampoo dan airnya jadi terkontaminasi padahal di bawah ada masyarakat yang akan menggunakan air bersih itu. Jadi, lebih baik mandi ketika sudah tiba di desa setelah selsai pendakian. Sehabis mandi pakailah baju bersih yang sudah disiapkan dari rumah. Untuk tips yang ini sih kalau pendakian berhari-hari ya. Kalau cuma 1 atau 2 hari sih enggak usah dibawa ;)

Dari pengalaman pribadi saya, itu yang bisa saya share ke teman-teman cewek yang mau mendaki gunung. Kalau ada yang mau nambahin, silahkan. Selamat mendaki ya :)

You Might Also Like

117 comments

  1. wa... banyak juga yang dibawa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
      mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
      "3729" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
      semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
      dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
      sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
      keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
      WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
      yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
      WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
      100% tembus atau silahkan buktikan sendiri









      assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
      mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
      "3729" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
      semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
      dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
      sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
      keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
      WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
      yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
      WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
      100% tembus atau silahkan buktikan sendiri

      Delete
    2. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
    3. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
  2. Hahahahaha iya banyak nih, biar mendakinya enak dan nyaman ;)

    ReplyDelete
  3. Pengen banget rasain naik gunung... tapi banyak juga bawaanya ya? hmm

    ReplyDelete
  4. Makasih tipsnya...mudah2n aku bisa tetap cantik juga #eh

    ReplyDelete
  5. @Bubur Asem : Haii. Yuk naik gunung. Asik loh. Hehehehe ;)

    @Gilang : Haaai Gilang. Iya bawaan naik gunung itu memang harus komplit biar pendakiannya aman dan nyaman ;))

    @BPBorneo : Hai Masnyaaah. Wah aku tersanjung loh blog ku disambengin sama blogger keren. Hehehe. Salam kenal. Ajak aku keliling Kalimantan ya kapan2. Hehehehe ;)

    ReplyDelete
  6. haloo
    saya mau tanya saya berencana beli deuter 55 + 15 sl
    saya coba koq keliatan tas nya kegedeaan melebihi tubuh saya ( info tinggi saya 156cm berat badan 54kg), apakah lebih baik saya memilih tas lain lain yang sesuai dengan tubuh saya)
    terima kasih

    ReplyDelete
  7. Halo juga. Menurutku kalau kamu masih diatas 150 cm masih cocok kok untuk pakai carrier 55 + 15 . Tapi sebenarnya dipakai sesuai kebutuhan saja. Kalau tidak untuk jalan lebih dari seminggu sebaiknya pakai yang lebih kecil saja. Kan ada mini carrier yang ukuran 40 + 10. Itu mungkin lebih nyaman :) Semoga membantu menjawab pertanyaan kamu ya :)

    ReplyDelete
  8. Hi kaka, yang ini boleh tidak aku repost di blogku?

    ReplyDelete
  9. Setelah praktekkan tips ini, aku jadi makin cantik loh saat mendaki gunung! *dandan*

    ReplyDelete
  10. Hai Kakak Marizaaa. Boleh2 saja Kak asal source link nya dicantumkan. Makasih ya sudah mau nge re-post :)


    Bener lo ya Cen? Nanti pas naik gunung bareng gue dandanin pernak pernik cewek. Hahahahaa :D

    ReplyDelete
  11. wah saya kalau iktin tips diatas bisa jadi cantik nih? :v
    wkokwowowokw

    ReplyDelete
  12. Kapan - kapan kita k gunung kerinci kk?? :D

    ReplyDelete
  13. Mbak Satiyawinnie, informasinya membantu sekali :)
    aku boleh minta rekomendasi carrier for woman series tah ?
    aku dulu beli, tapi ngga menyesuaikan jenis kelamin hehe :)
    setelah baca2, ternyata penting yaaa :D

    ReplyDelete
  14. Halo Malik terima kasih sudah berkunjung yah. Iya bisa kok, cantik dalam artian bersih yak. Hehehe ;)

    Halo Riski. Waaaah aku pengen banget ke Kerinci tapi belum kesampaian sampai sekarang. Moga-moga dalam waktu dekat bisa ke sana yaa. Kamu sudah ke sana ya :D

    Halo Mella. Terima kasih sudah berkunjung. Rekomendasi carrier for woman series aku sih Deuter yah. Sejauh ini dibandingkan merk-merk lain, Deuter yang ukuran panjang dan lebar punggung nya pas. Kalau kamu beli di toko outdoor, ada bunga kuning di tas nya berarti itu woman series :)

    ReplyDelete
  15. kereeennn ... membantu bangett .. soalnya paling sebel kalo setelah mendaki muka jadi item

    makasih infonya :)

    ReplyDelete
  16. Wah, boleh neh buat tips and trik supaya tetap maskulin di Gunung buat cowok

    ReplyDelete
  17. Halo Desy. Makasih ya sudah berkunjung. Sama-sama. Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  18. Dear Travenesia. Hai kita bertemu di blog lagi. Hehehe. Yang pastinya kamu lebih tahu sih tips dan trik supaya ganteng terus, Kaa :)

    ReplyDelete
  19. Makasi ya kk infonyaa.. jd dimanapun bs tampil cantik ^_^

    ReplyDelete
  20. Wah..wah..banyak banget persiapan buat naek gunung ya

    ReplyDelete
  21. Halo ZSoraya. Makasih sudah mampir. Hehehe. Iya bisa cantik (bersih) kapan saja dan dimana saja :)

    Halo Sie-Thi, makasih sudah mampir yaaa. Persiapan naik gunung memang banyak karena gunung bukan hotel yang cukup bawa badan ;))

    ReplyDelete
  22. wah.. jadi pengen untuk pendaki cantik juga nie. hihiihihi.... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha. Halo Dika. Terima kasih sudah berkunjung yah :)

      Delete
  23. jadi semakin tertarik untuk naik gunung... semoga tercapai aamiin \(^o^)/ btw thanks yah ka buat infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ya Darra. Iya sama-sama :)

      Delete
  24. Mbak....klo aq blm naik gunung siiih.masi city tour (backpacker gt). Minta masuksn boleh? Aq lg tertarik sama deuter futura28 buat gnti bodybackq. Aq tinggi 153 berat 45.kira2 cocok g ya? Secara futura28 g ada women series klo g slh. Mksh infonya mbaak n_n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Minmin. Kalau tinggi kamu masih di atas 150 pastinya bisa. Tapi waktu beli dicobain dulu aja enak nggak di punggung dan pundak kamu ya. Itu penting. Semoga membantu. Selamat punya backpack baru ;)

      Delete
  25. Dear Kak Winnie. 3 minggu lagi rencananya aku mau muncak nih. Kasih tips dong kak supaya orang tua mau ngizinin anak cewenya naik gunung hehe makasiiih:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Meliana. Terima kasih sudah mampir ya. Mau muncak kemana nih? Asyiikkk :D Tips dari aku mungkin kamu bisa kasih tunjuk orang tua beberapa foto perempuan-perempuan yang sering naik gunung biar ortu ngerti bahwa cewek juga banyak yg sering mendaki. Lalu kamu kasitahu rencana perjalanan, bahwa kalian masuk dengan legal (pakai simaksi), bawa perlengkapan dengan standar keselamatan yang baik, bisa kasitahu juga kalau April itu cuaca baik (walaupun belum tahu nantinya gimana, tapi biasanya bagus) dan janji kalau kamu bakal kabarin mereka terus kalau ada sinyal supaya mereka nggak cemas. Yakinkan saja bahwa jika kamu melakukan pendakian sesuai peraturan / standar operasional, kamu akan baik-baik saja dan kalau ada apa-apa (amit-amit) kamu akan segera mendapatkan bantuan karena kamu pendaki legal. Itu aja sih menurutku tipsnya karena awal2 dulu Mamaku juga nggak ngebolehin tp lama2 luluh juga ;) Good luck ya Mel. Happy hiking!

      Delete
    2. Hallo lagi kak... Syukur Alhamdulillah hikingnya sukses kemarin hehe pendakian pertama ke Gunung Ciremai, Jawa Barat. Seru parah dan bikin addicted banget. Makasih juga buat tips-tipsnya yang sangat berguna. Btw, kaka kalo beli outdoor gear gitu lebih milih online atau ke tokonya langsung? recommend tempat/site-nya dong kak...Thanks before

      Delete
    3. Dear Melianaa, maaf ya baru balas lagi. Eheee. Aku senang sekali kalau tips ku berguna. Itu sih selera mau belanja online atau langsung ke outdoor gear shop. Tapi aku pribadi memang lebih senang lihat barangnya di depan mata dulu baru memutuskan untuk membeli. Kamu tinggalnya dimana? Kalau Jakarta aku sering ke Tandike di Pasar Minggu, kalau Depok di Patagonia / Leuser, kalau dekat Tangerang bisa ke Tandike dekat seskoal, Cipulir :)

      Delete
  26. bener tuh untunk cewe meskipun itu bukan tanggalnya kamu dapet, jangan lupa bawa pembalut, gaswat banget kalo tiba-tiba kamu dapet disaat kamu lagi ada di tengah-tengah gunung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fazriah. Makasih udah mampir ya. Iyaaa betul banget itu. Biasanya selalu bawa itu kalau mendaki pas nggak dapet juga. Bisa buat ganjalan pundak kalau pendakian lama. Hahahaha :D

      Delete
  27. wah... makasih kak atas informasinya. penting banget ini... rencana aq mw ke semeru akhir mei ini. bulan2 ini mau physical training dulu biar badan fit. soalny aq pendaki pemula. huuhuhu... eh boleh dishare cara aman pendaki cewe untuk pipis/pup di alam liar? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Juwita. Makasih udh mampir ya. Ohya? Wah. Moga2 cuacanya bagus ya pas kamu naik. Tips dari aku sih tentu saja bawa tissue dan tissue basah. Kalau buang air kecil ya permsi dulu ya, hehehe, terus tissue bekas nya dibawa lagi di dalam kantong plastik untuk dinpbawa turun. Kalau untuk BAB bawa sekop kecil aja untuk buat lubang, jadi kayak bikin kakus kecil. Selesai BAB, tutup lagi lobangnya dengan tanah dan bawa lagi tissue nya. Oh ya kalau mau buang air kecil dan besar jangan di jalur tapi di semak2 atau di balik pohon

      Delete
  28. Makasih banyak informasinya :) mau banget jadi pendaki yg gaya :D ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Resti. Terima kasih sudah mampir ya. Uhuyyy. Selain jadi pendaki yang gaya, harus bertanggung jawab juga ya ;)

      Delete
  29. Replies
    1. Hai Ririn. Terima kasih sudah mampir. Wah, kalau bermanfaat aku pun turut senang. Selamat mendaki ya ;)

      Delete
  30. Makasihh yaa kak,, wah pas bgt ni..
    Aku jg ga lepas dri tisuue basah dan melap smua badan sblum tidur..

    Dan bersyukur punya tmen tmen cwo yg selalu memberi waktu lebih buat bbersih badan ddlam tenda..

    Aku boleh nambahin dkit ga..?
    Hehe

    Biar cwe ga di anggap cm ngrepotin pas naek gnung sm cwo, aku sih suka inisiatif, klo pas yg lain lagi diriin tenda, kita yg cwe uda bongkar kompor buat bkin kopi atau minuman apa gtu.. Biar ga keliatan nganggur.. (penglaman naik cwo semua, dan aku cwe sendiri)

    Salam lestari ya ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Iia. Terima kasih sudah mampir ya :)
      Hahahha. Sama ya kita harus bersih pakai tissue basah sebelum tidur. Sekarang juga ada handuk basah sekali pakai di apotik yang bisa kita pakai sekali mandi tuh ;)

      Boleh banget. Hahaha. Itu infonya bener banget. Biar nggak dikira cewek nganggur kalau naik gunung ya :))

      Delete
  31. banyak banget kak yang harus dibawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Makasih udah mampir ya. Hehehe. Yang penting saat mendaki gunung itu ya persiapannya supaya aman dan nyaman ;)

      Delete
  32. Replies
    1. Hai Laila. Kalau untuk teman-temanku yang berhijab, mereka biasanya membawa jilbab yang berbahan katun dan yang sederhana saja, tidak perlu banyak jarum pentul dan peniti di sana-sini. Pakai celana panjang dan baju lengan panjang. Hehehe. Tidak banyak yang berbeda kan? ;)

      Delete
  33. Kalo sepatu trekking buat cewek yg enak apa ya Kaka??
    Lagi cari-cari ni.. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ika. Makasih sudah mampir yaaa. Untuk sepatu balik ke kenyamanan kaki masing-masing sih. Hehehe. Kalau aku pribadi, yang nyaman di kakiku itu yang merknya Hi-Tec. Merk lainnya ada Arei, Karrimor, The North Face, Teva dll :)

      Delete
  34. Hallo kak, aku mau nanya dong. Kalo mau mendaki gunung itu harus masuk komunitas dulu/gimana sih? Aku pengen banget nyoba mendaki gunung tapi masih bingung apa aja yg harus dilakuin sebelum mendaki.. Umurku juga masih 13tahun jd masih nyari2 info dulu hehe, mohon dijawab ya kak.. Makasih sebelumnya^^

    ReplyDelete
  35. Hallo kak, aku mau nanya dong. Kalo mau mendaki gunung itu harus masuk komunitas dulu/gimana sih? Aku pengen banget nyoba mendaki gunung tapi masih bingung apa aja yg harus dilakuin sebelum mendaki.. Umurku juga masih 13tahun jd masih nyari2 info dulu hehe, mohon dijawab ya kak.. Makasih sebelumnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo Aulia :) Kalau dulu mungkin ya. Tapi sekarang sih sudah lebih terbuka untuk siapa saja yang mau mendaki. Banyak open trip untuk pendakian ke gunung akhir-akhir ini.

      Satu yang harus kamu perhatikan adalah latihan fisik. Karena di komunitas memang diajarkan latihan fisik bersama-sama. Jadi kalau Aulia mau mendaki tanpa ikut komunitas, kamu harus disiplin untuk latihan fisik seperti jogging dan renang sebelum melakukakn pendakian. Itu akan sangat membantu kamu untuk kuat dan selamat.

      Semoga jawabanku membantu ya. Kamu masih muda dan gak ada kata kemudaan untuk mendaki gunung. Hehehehe ;)

      Delete
  36. waaaahhh, makasih kaka infonyaaaaaaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Dita. Terima kasih sudah mampir yah :*

      Delete
  37. Kak winnie aku mau tanya dong. Lg nyari sepatu hi tec tp bingung mau tipe apa. Trus juga klo bisa yg nyaman dan lumayan ringan buat naik gnung. Trus jg klo budgetnya cuma 500k apa udh bisa dpt hi tec? Tlg djwab ya ka. Masih pemula. Hehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Iif. Budget segitu bisa kok. Coba kamu datang aja ke outdoor gear store dan lihat model yang kamu suka. Hi-tec memang menyediakan banyak model sepatu hiking yang manis untuk perempuan. Happy hunting ;)

      Delete
  38. Hy kaaa.. Jadi pengen hiking nii:D:D:D

    ReplyDelete
  39. Permisi :D mau tanya, tandike di pasar minggu itu tepatnya di sebelah mana ya? Yg lalu pernah nyari udah muter muter daerah situ tp ga ketemu temu :( hiks*

    ReplyDelete
  40. Hai kak. Rencana akhir bulan ini mau ke semeru. Dan sya masih pertamakali ini. Btw, itu bikin item bgt ya kak huhuhu

    ReplyDelete
  41. jadi inget, bbrp bulan lalu iseng nyobain muncak pas lg kedatangan tamu.. ribet banget, suer deh.. trus jd lebih cepet capek juga,, jd harus sering2 break.. gak lagi2 deh muncak pas "dapet" :D

    ReplyDelete
  42. Keren Sat, jadi pengen naik gunung.. :)

    ReplyDelete
  43. emmm kayanya ga dicantumin tentang pantangan perempuan yang lagi "dapet" kalo mendaki deh. Saya saranin sih jangan, karena resikonya agak fatal. Pengalaman sih banyak gangguan sist, dari "penunggu" gunung, kondisi lagi gak fit dan bau amis kita memancing hewan buas buat mendekat :)

    ReplyDelete
  44. Keren banget tipsnya :D
    saya sih sering bawa "make up remover tissue" dan bedak kalau ndaki gunung, biar tetep cantik dan muka nggak jadi tambang oli :')

    ReplyDelete
  45. Hiking hobby ku dr dlu..tp pngtahuan ttg hiking hny sdikit, skr mumpung anak2 udh bsa diajak jalan..hobby ini bsa berlanjut..dan artikel ini bs nambah ilmu ttg hiking..makasi mbak

    ReplyDelete
  46. Kak satya udah pernah tracking ke tengger semeru blm ? Kbtlan akhir bln ini saya berenam mau menaklukan gunung semeru (pengenya sih tgl 17 kmrn, tp sama panitia disananya gk di ijinnin, udah melebihi kuota yg di tentuin) share dong tracknya ky gmn dan lama pendakian berapa hari dan juga penambahan untuk perlengkapannya apa aja selain yg di tulis di blognya. Thanks kka

    ReplyDelete
  47. Haii .. ka satya salamm kenal.. boleh minta contac yg bisa d hubungi tidak? Saya ingin gabung untuk pendakian ke gunung :)

    ReplyDelete
  48. Haiiii.... Salam perkenalan.. Saya dari Malaysia. Tahniah. Info yang anda berikan sangat berguna bagi hiker² baru dan yang dah lama menceburi bidang ni. Khususnya buat wanita. Tips yang anda berikan cukup terperinci dan padat. Terima kasih atas informasinya. :)

    ReplyDelete
  49. wah, berguna banget kakak infonya ! makasih banyak ya ! salam lestari ! :)

    ReplyDelete
  50. kalo tips untuk pendaki pemula dan berjilbab gimna?? mohon infonya?? thank memakai jilbab yg tepat dan celana yg tepat....

    ReplyDelete
  51. Hai semua, salam kenal. Saya mau share pengalaman juga nih. Saya pernah hari pertama dapet pas bgt 1 jam sebelum brgkt nanjak, wktu itu ke merbabu. Kami ber3 (2 cwe,1 cwo). Udah tinggal berangkat sayang banget klo gajadi, kasian jg temen saya yg cwe baru pertama kali naik (ini jg krn saya yg ngomporin,,hehe) jd ya harus tanggung jawab. Akhirnya dengan Bismillah dan niat yg baik, saya ttp nanjak walau agak2 sering istirahat krn jd agak lemes. Tapi kalo ga dirasa2in lama2 ga kerasa nyerinya. Menurut saya kalau niat kita baik tdk utk merusak dan Bismillah pokoknya insyaAllah kita akan baik2 saja. Satu yg saya selalu ingat, di gunung/tempat manapun yg kita tuju kita adalah tamu. Selayaknya tamu yg baik harus sopan agar tuan rumah tdk terganggu. Saling menghormati aja intinya. Seperti yg sudah dijelaskan ka satya juga sebelumnya gmn cara2 mnjga kebersihan (pipis, BAB, dll) sbg bntuk penghormatan trhdp alam juga. Semoga infonya bermanfaat. Terimakasih.

    ReplyDelete
  52. Keren Ka Tips nya ... berguna bgt buat ak yg lgi pengend nanjak lagi biar tetep aman nyaman dan cantik ^_^
    Thanks Kakka

    ReplyDelete
  53. Aq tgl 20 des 2014 ini mau muncak semeru.. Semoga cuacanya cerah ya.. Smoga selamat smpai dirumah.. Amiinn..

    ReplyDelete
  54. Kalo ada yg mau ke gunung, tolong kabarin yaa..
    pengen jugaa apalgi kalo ada temen cewe
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mba, aq juga mau banget tapi blum dapet temen cewenya. klo mau naik ajak2 yach mba. thank you

      Delete
  55. thank informasinya ya :D :D :D
    salam cantik semuanya :)

    Main ke web ku yahh :)
    http://www.beautywater.id/produk/harga-beauty-water-dan-strong-acid/

    ReplyDelete
  56. Satya, tambahin lipstick / lip-gloss yang ada warnanya, biar ga pucet gitu. :p

    ReplyDelete
  57. Berguna banget.. makasi infox :)

    ReplyDelete
  58. walaupun naik gunung tapi harus tetap tampil cantik ya, namanya juga perempuan. Btw tipsnya detail banget mba. Tinggal langsung action aja nih. Makasi

    ReplyDelete
  59. Detail sekali kaka infonya....^_^ makasi yak...kPan2 boLe Lah naik bareng

    ReplyDelete
  60. kak thanks infonya, sangat berguna.
    boleh dong naik gunung bareng. ajak2 dong

    ReplyDelete
  61. iya kak thanks infonya. bergun abgt neh pasti apalagi bwt pemula kayak aq. mau ikut dunk klo kakak mau naik gunung kayaknya lebih enak klo naiknya sama perempuan.. kabarin yach kak.. thank you

    ReplyDelete
  62. mbak mo nanya kalo gunung yg medannya gak terlalu berat (pas buat pemula) dimana ya?
    dulu mbak pertama kali mendaki kemana?
    pengen banget naik gunung tapi agak ragu dg kemampuan diri sendiri, kira-kira kuat gak yaa...hehehe

    ReplyDelete
  63. waaah bermanfaat banget infonya, MAKASIH MBAK CANTIK :D

    ReplyDelete
  64. Perlengkapan mendaki gunung harus dipersiapkan secara matang agar pendakian tidak terganggu, selamat mendaki :)

    ReplyDelete
  65. assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
    mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
    atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
    "3729" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
    dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
    semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
    dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
    WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
    yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
    WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
    100% tembus atau silahkan buktikan sendiri









    assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
    mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
    atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
    "3729" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
    dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
    semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
    dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
    WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
    yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
    WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
    100% tembus atau silahkan buktikan sendiri

    ReplyDelete
  66. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete
  67. yang buat cowo gk ada nih butet? :p
    btw nice info gan .. ( jempol 2000x )

    ReplyDelete
  68. Thx mb infony lengkap bgt btw bole tau jaket, celana cargo yg enteng tp jg aman (kalau bs harga terjangkau *ada ga ya) merknya apa ya?

    ReplyDelete
  69. saya pak junaidih. posisi sekarang di taiwan
    bekerja sebagai buruh bangunan dan
    gaji saya pun cuma pas-pasan
    setiap gajian selalu mengirimkan
    orang tua di kampung
    sebenarnya pengen pulang tapi
    uang saya tidak cukup.
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka2 internet ada seseorng berkomentar
    tentang MBAH jonoseuh. katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di taiwan ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun mau berbuat apa lagi.
    saya minta angka sama MBAH jonoseuh
    angka yang di berikan 4d untuk pemasangan taiawan tembus 100%
    dan saya menang 250 jt terima kasih banyak MBAH jonoseuh
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    dan rencana mau pulang ke indon untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI mbah jonoseuh DI NO: 0823 4444 5588
    tak ada salahnya anda coba
    karna angka ritual MBAH jonoseuh tidak perna meleset
    daningat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya..!!!

    ReplyDelete
  70. terimakasih,info nya lengkap dan berguna (y)

    ReplyDelete
  71. SEKEDAR INFO BOCORAN TOGEL
    JIKA ANDA BUTUH A'NGKA GHOIB/JITU
    SGP HK MALAYSIA ARAB SAUDI LAOS
    2D_3D_4D-5D-6D-7D DI JAMIN 100% TEMBUS...
    SAYA BUKTINYA SUDAH 5X JP
    DAN SAYA SUDAH BENER2 YAKIN DENGAN AKI RORO
    YANG TELAH MEMBERIKAN ANGKA RITUAL NYA
    BAGI ANDA YANG SUKA MAIN TOGEL
    & INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN GABUNG DENGAN AKI RORO
    SILAHKAN HUB DI NO: ((_082_336_642_456_))
    ATAU >>KLIK DI SINI<<
    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
    dan alhamdulillah saya dpat Rp 250 juta dan semua ini
    berkat bantuan angka dari AKI RORO
    karena cuma Beliaulah yang memberikan angka
    ritual yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angka nya,,,,buat anda yg butuh angka yang di jamin tembus
    hubungi AKI RORO DI NO: ((_082_336_642_456_))
    insya allah beliu akan siap menbatu kesusahan anda
    ''kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI RORO

    ReplyDelete
  72. Waaaahhhh.... tips yang sangat membantu sekali... terima kasih...

    ReplyDelete
  73. Anda butuh peralatan hiking dan camping....?
    Untuk menyalurkan hobby anda, maupun untuk kegiatan acara anda dalam jumlah banyak.
    Tak perlu susah untuk membelinya, cukup sewa saja di Puncak Petualang persewaan alat hiking dan camping terlengkap dan murah No.1 di sidoarjo - Jawa Timur.

    Kami menyediakan perlengkapan HIKING & CAMPING Terlengkap No.1 di Sidoarjo,
    menyediakan berbagai perlengkapan HIKING & CAMPING dalam jumlah banyak untuk keperluan kegiatan anda.
    Kami menyediakan lebih dari 100 tenda dome, matras, sleeping bag, kompor lapangan Dll.

    Perlengkapan Petualang :

    1. Carrier 80lt/60lt (cover)---------------------> Rp 15.000 /hari
    2. Carrier CONSINA 85lt (cover) -------------> Rp 30.000 /3hari
    3. Tenda dome doble layer ( 4-5 Orang ) ---------> Rp 20.000 /hari
    4. Sleping Bag ( dacron / Polar ) -----------> Rp 5.000 /hari
    5. Kompor ( Gasmate ) ---------------> Rp 5000 /hari
    6. Nesting --------------------------> Rp 5.000 /hari
    7. Matras ---------------------------> Rp 3.000 /hari
    8. Headlamp -------------------------> Rp 5.000 /hari
    9. Lentera Tenda --------------------> Rp 5.000 /hari
    10. Tenda Pramuka --------------------> Rp 40.000 /hari
    11. Egg Holder (isi 12) ----------------------> Rp 5.000 /hari
    12. Flysheet (3x3m) --------------------------> Rp 5.000 /hari
    13. Tongkat (Trekking Pole) ----------------> Rp 5.000 /hari
    14. Tenda dome ( consina magnum 4 ) ------------> Rp 30.000 /hari

    Alamat Petualang :

    Lokasi : P. Sidokare Asri QQ.2, Sidoarjo - Jawa Timur
    telepon : 08563430171
    PIN : 28DC0A3D
    website : www.puncakpetualang.com
    Facebook : www.facebook.com/puncak.petualang
    GMaps : https://goo.gl/maps/iIS0k
    Lokasi 10 menit dari pintu Toll Sidoarjo, Stasiun Sidoarjo, Terminal Sidoarjo

    Kami menerima kerjasama untuk perlengkapan outdoor kegiatan instansi / sekolah / Grup, KLIEN yang telah bekerjasama dengan kami bisa di lihat langsung di web.

    ReplyDelete
  74. Kapan - kapan kita k gunung kerinci kk?? :D

    ReplyDelete
  75. Wah makasih tipsnya, ini nih yang diperlukan semua pendaki perempuan :D Baca juga artikel terkait travelling di Gayahidupku.com

    ReplyDelete
  76. Hai salam kenal, tips nya oke banget. Aku masih baru banget nulis blog dan lagi hobi juga mendaki mba. Nanti juga pengen nulis tentang kebutuhan yang perlu dibawa kayak gini..mampir juga mba ke blog mba www.fromsabangtoarizona.com

    ReplyDelete
  77. trimakasi tipsnya, dalam waktu dekat rencananya saya mau mendaki gunung batur yang ada di bali. tipsnya sangat membantu banget.

    ReplyDelete
  78. wah saya kalau iktin tips diatas bisa jadi cantik nih? :v
    wkokwowowokw

    ReplyDelete
  79. Tipsnya bermanfaat sekali buat aku, makasih ya.

    ReplyDelete
  80. kak @satyawinniesidabutar, alhamdulilah dg berkunjung k blog kk pengetahuanku jd bertambah, makasih atas senantiasa berbagi share penting. #novitanursalina#salampecintaalam#cianjur-jabar

    ReplyDelete
  81. Kak, boleh dong sekalian di kasih tau merk2 pakaian yang pas buat cewe untuk mendaki 😊

    ReplyDelete
  82. Kak, boleh dong sekalian di kasih tau merk2 pakaian yang pas buat cewe untuk mendaki 😊

    ReplyDelete
  83. Baru aja turun dari arjuna welirang hehehe

    ReplyDelete
  84. Baru aja turun dari arjuna welirang hehehe

    ReplyDelete
  85. walaupun naik gunung tapi harus tetap tampil cantik ya, namanya juga perempuan. Btw tipsnya detail banget mba. Tinggal langsung action aja nih. Makasi

    ReplyDelete
  86. info menarik khususnya untuk traveller cewek, tapi tips buat cowok juga dong mbak jadi biar bisa tampil ganteng :)

    ReplyDelete

Subscribe