Klok Klok Klok! Lezatnya Mie Ongklok Wonosobo

Wednesday, September 11, 2013


Katanya, kalau ke Dieng wajib nyobain Mie Ongklok. Tapi lokasi Mie Ongklok ini bukan di Dieng tetapi di kota Wonosobo. Kalau ke Dieng dari kota Wonosobo, kita akan menemui beberapa kedai / restoran yang menjual Mie Ongklok berjejer di tepi jalan.

Sebelum berangkat, saya cari tahu dulu tentang Mie Ongklok ini. Ternyata, yang paling terkenal di Wonosobo adalah Mie Ongklok "Longkrang". Karena namanya unik, saya jadi penasaran ingin mencicipi makanan ini. Makanan jenis apa itu? Rasanya gimana ya?

Jadi, dalam perjalanan pulang dari Dieng menuju stasiun Purwokerto, saya, Ju mampir ke Mie Ongklok Longkrang di Wonosobo yang katanya sudah berdiri dari tahun 1975. Lokasinya dekat dengan pasar dan terminal. Tanya saja masyarakat sekitar, pasti langsung ditunjukin arahnya. Alamat lengkapnya : Jalan Pasukan Ronggolawe No 14, Wonosobo. Warung Mie Ongklok Longkrang ini buka dari jam 10.00 - 19.00 setiap harinya.



Setibanya disana, saya manggut-manggut sambil bilang "Oohh, ini tempatnya. Kecil ya." Pada kenyataannya , tempatn Mie Longkrang ini memang kecil. Tapi yang penting kan rasa makanannya, bukan tempatnya. Setuju?

Sewaktu memesan, Pak Waluyo yang tidak lain adalah pemilik dan koki di Mie Ongklok bercerita tentang banyaknya orang yang suka dan ketagihan Mie Ongklok. Salah satunya Bapak SBY, Presiden RI kita. SPak Waluyo juga dengan bangga bercerita banyaknya orang yang minta dikirimkan paket Mie Ongklok sampai ke luar negeri. "Wah, ternyata bisa dipaketin ya Pak?" tanya saya. "Bisa kok Mbak. Kuahnya dibekukan dulu dan dipisah sama mienya. Sesudah sampai di tempat tujuan, kuahnya dihangatkan". Canggih bener ya? x)


Awalnya saya mengira "Ongklok" itu adalah nama orang keturunan Chinese yang pertama kali membuat resep Mie Ongklok soalnya ada kata Ong. Eh, ternyata bukan. "Ongklok" adalah nama keranjang kecil yang terbuat dari bambu dan dipakai untuk merebus kol. Loh, Mie kok pakai kol? Iya ya, pasti terdengarnya aneh. Sewaktu direbus di air mendidih, mie dan kol nya 'diongklok-ongklok' (dicelup-celup) pakai ongklok. Jadilah namanya Mie Ongklok. Hehehe.

Pak Waluyo sedang mengongklok-ongklok mie dan kol.
 Selain pakai kol, Mie Ongklok ini juga diracik dengan potongan daun kucai. Daun ini sangat mudah ditemukan di daerah sekitaran Wonosobo. Katanya daun Kucai ini menyehatkan karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Mie Ongklok warnanya kuning dengan tekstur tebal dan kenyal. Kuah Mie Ongklok juga berwarna kuning dan cukup kental. Kuah kental nya ini berasal dari kanji yang biasa disebut "loh". Pada campuran kuahnya ditambahkan gula merah dan ebi (udang kering) ke dalam Mie Ongklok sehingga kuahnya gurih nyesss. Oh iya, ada taburan bawang gorengnya juga. Aihhh sedaaaaap....


Tak perlu lama menunggu, pesanan kami datang. Taraaaaa, semangkok Mie Ongklok panas disajikan dengan sate sapi yang wanginya super menggiurkan (glek, nelen air liur).  Ternyata Mie Ongklok tidak disantap gitu-gitu aja. Di setiap meja sudah tersedia nampan plastik yang berisi tempe kemul dan aci yang siap mendampingi. Jangan lupa sate sapi nya juga disantap bersamaan. Beuh, enaknyaaaaa....

Sate sapi nya maknyusssss banget

Sama seperti menyantap Indomie dikala hujan, itulah yang saya rasakan ketika menikmati "Mie Ongklok". Lezatnya berlipat-lipat. Soalnya Wonosobo juga cukup dingin udaranya, walau tidak sedingin Dieng. Eitss, tapi tetap lebih enak Mie Ongklok lah ya daripada Indomie. Saking enaknya, saya nambah lagi Mie Ongklok nya loh (laper apa rakus, Sat?) dan enggak tahu sudah berapa Tempe Kemul yang saya habiskan. Habisnya enak sih. Hehehe. Tempe Kemulnya juga kita bungkus untuk jadi bekal di perjalanan. Hahaha. Nagih euy.

Selain enak, Mie Ongklok Longkrang juga murah. Satu porsinya cuma Rp 5000 dan sate sapinya Rp 15.000 (gak tahu sekarang berapa setelah harga daging naik ya). Ya gimana enggak nambah terus kalau harganya semurah itu kan? Sama kayak makan 1 porsi Indomie, tapi lebih lezat dan sehat (kan pakai sayur). Nyam nyam nyam~

Kata penduduk lokal ada dua pioneer "Mie Ongklok" di Wonosobo yaitu Pak Muhadi dan Pak Samsudin "Longkrang". Tapi saya belum nyobain yang Pak Muhadi sih jadi enggak bisa kasih testimoni. Tapi, "Mie Ongklok Longkrang" saya jamin top banget rasanya!!! Jadi jangan ngaku udah pernah ke Wonosobo tapi enggak nyobain Mie Ongklok ya.... Selamat menikmati.

Saya dan Pak Waluyo. Terlihat masih muda ya Bapaknya :)

You Might Also Like

20 comments

  1. Sepertinya dulu saya nyoba yang Pak Muhadi punya, tempatnya di rumah di jalan (gang?) kecil, tapi iya, sedap banget, pas buat disantap di wonosobo yang dingin.

    ReplyDelete
  2. Halo Bayik. Makasih sudah mampir ya. Hahaha, iya enak banget ya Mie Ongklok ini. Nanti bakal balik kesana buat nyobain Mie Ongklok Pak Muhadi buat tanding rasa ;)

    ReplyDelete
  3. wah ini menggiurkan, sungguh racun, minggu depan sepertinya kena racun dieng...

    ReplyDelete
  4. Hola Nandar. Hahaha. Wajib nyoba ya kalau ke Wonosobo. ;) Mau ke Dieng ya? Ahhhh jadi mau kesana lagi. Hahaha. Selamat menikmati :)

    ReplyDelete
  5. Sepertinya enak.. Jadi mau nyoba. Kesana aaah akhir tahun ini :)

    ReplyDelete
  6. Wah artikel yang bagus....

    aku juga tahun 2013 an kesana, dan emang ini makanan trademark banget... bukan ke wonosobo kali kalau belum nyoba ini.. dan aku juga dulu ke longkrang juga.

    Semoga lain kali bisa nyobain yang pak muhadi atau yang lainnya. =)

    happy posting.

    ReplyDelete
  7. mont blanc outlet, http://www.montblancpensoutlets.com/
    rolex watches uk, http://www.rolexwatches-uk.co.uk/
    tory burch outlet, http://www.toryburchshoesoutlet.com/
    tommy hilfiger, http://www.tommyhilfigers.net/
    supra footwear, http://www.suprashoes.us.com/
    christian louboutin shoes, http://www.christianlouboutinoutlet.org.uk/
    nike free uk, http://www.nikefreerunning.org.uk/
    ugg uk, http://www.cheapuggboots.me.uk/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.com.au/
    tory burch outlet, http://www.toryburchoutletonline.in.net/
    oakley,occhiali oakley,oakley italia,oakley occhiali,oakley sunglasses
    north face jackets, http://www.thenorthface.me/
    nike free, http://www.nikefreerunning.org/
    air max 90, http://www.airmax90.us.com/
    prada handbags, http://www.pradahandbagsoutlet.co.uk/
    ugg boots, http://www.uggboot.com.co/
    nfl jersey wholesale, http://www.nfljerseys-wholesale.us.com/
    nike shoes, http://www.cheap-nikeshoes.cc/
    celine outlet, http://www.celineoutletus.com/
    thomas sabo, http://www.thomassabos.co.uk/
    cai2015912

    ReplyDelete
  8. jadi penasaran pengen mencicipi mie ongklok..

    ReplyDelete

Subscribe