Kabur ke Di Hyang ( DIENG ), Negeri Para Dewa.




Ternyata dunia kerja itu tidak seindah zaman masih mahasiswa. 
Waktu mahasiswa, mau kabur dari kelas gampang-gampang aja, paling titip absen.
Sekarang mau kabur dari kantor satu hari aja kok rasanya susah bener.

Bulan Maret lalu tepatnya tanggal 29 adalah hari peringatan Jumat Agung, yang artinya???? Jumat libur!
GOLDEN WEEKEND!!!

Jadilah dari hari Senin udah rencanain pengen kabur ke suatu tempat yang jauh dari hiruk-pikuk Jakarta.
Pengen naik gunung, tapi udah gak pernah jogging beberapa bulan. Yang ada nanti pas mendaki napas ngos-ngosan, pulang badan pegel-pegel. Tapi lagi pengen banget pergi ke pegunungan yang sejuk. Puncak, Bogor? Aduh ampun enggak deh. Sama aja pegel karena bermacet-macetan ria.

Kemana ya?

Akhirnya tanya sama Mbah Google yang paling jitu. Keluarlah DIENG yang lokasinya di Jawa Tengah.
Pernah denger sih, tapi belum pernah kesana. Mulai cari blog yang sudah pernah ke Dieng dan ternyata banyak sekali.Tapi perjalanan kesana juga cukup jauh. Jakarta - Wonosobo / Jakarta - Banjarnegara.  Setelah dipikir-pikir lagi dan lihat-lihat foto Dieng, kayaknya tempatnya keren dan pas buat relaksasi, jadilah saya menyusun itinerary ke Dieng. Here we go!!

Kamis, 28 Maret
17.00 : Berangkat dari terminal Lebak Bulus naik Bus Malino Putra. Harga tiketnya Rp 85.000. 
Pada akhirnya saya menyesal memilih bus ini. Kalau di website bus Malino Putra ini kayaknya bus nya mewah banget. Ternyata...... bus tua seat 2-3 yang AC nya sudah rusak, toilet nya jorok, bangku nya udah bolong-bolong. Ampun Gusti. Ketika Bus berangkat dari terminal Lebak Bulus, mukaku aseeem banget setelah tahu ada bus Pahala Kencana tujuan Wonosobo juga seat 2-2, ada bantal & selimut nya, dapat kopi & teh sepanjang perjalanan, toiletnya bersih dan bangkunya empuk. Harga tiket Pahala Kencana 140.000, cuma beda 55.000 dgn bus Malino. Kekesalan semakin menjadi ketika sepanjang jalan keluar dari Jakarta macetnya minta ampun dan bus nya benar-benar tidak nyaman. Seharusnya perjalanan Jakarta - Wonosobo itu 10-12 jam. Karena long weekend, perjalanan saya ke Wonosobo memakan waktu 18 jam. Syukur perginya bareng Pacar, jadi (sedikit) nyaman. Tengah malam kita sempat berhenti di Indramayu untuk makan, dapat voucher makan dari Bus Malino.

Jumat, 29 Maret
09.30 : Perjalanan yang melelahkan dan sangat tidak nyaman di bus Malino Putra membuat saya & pacar tiba di Wonosobo dengan muka kucel, baju basah keringetan. Diingetin lagi sama pacar kalau ke Dieng kan mau isthirahat, jadi capek di jalan gak jadi masalah.

Kita turun di persimpangan jalan Wonosobo & Dieng. Setelah turun kami sempat beristhirahat di warung soto, cuci muka dan charge HP sembari bertanya bagaimana melanjutkan perjalanan menuju Dieng.

Ternyata dari simpang itu kita akan naik angkot kuning menuju alun-alun Wonosobo, kemudian dilanjutkan dengan naik mikro bus ke Dieng nya. 

Ongkos Angkot : Rp 2500,-
Ongkos Mikrobus : Rp 10000,-

Angkot Kuning ke Alun-alun & Mikrobus Wonosobo - Dieng

Sinyal yang aktif di Dieng itu : Telkomsel (pastinya), XL & Indosat. Diluar itu sinyalnya "kiyep-kiyep" bahkan mati. Gadget saya selain Telkomsel ada Smartfren & Axis. Dua-duanya tidak bisa dipakai karena tidak ada sinyal. Setelah dipikir-pikir keren juga ya, pas sama tema liburan saya = KABUR. Yang artinya saya tidak ingin ada yang menghubungi weekend ini, kabur sejenak dari rutinitas. 

Memasuki Dieng, udara sudah mulai menusuk. Jangan lupa bawa jaket tebal, syal, sarung tangan, kupluk, kaos kaki. Beneran, siang hari aja dinginnya nusuk. Tapi rasanya segar, jauh banget sama Jakarta. Aku hirup-hirup udara yang banyak. Kesal saat perjalanan tadi sudah hilang. Yang ada di pikiran saya adalah BERSENANG-SENANG :)

Selamat datang di Dieng Plateau / Plato Dieng 

Dataran Tinggi Dieng. Mata jadi sejuk.


Untuk penginapan, dari awal sudah browsing penginapan yang nyaaamaaaannn dan ada penginapan bernama Dieng Pass Homestay. Check this out!


Dieng Pass Homestay ini ada di sebelah kanan jalan jika kita datang dari arah Wonosobo.


DIENG PASS HOMESTAY
Jl. Raya Dieng Km. 01, Dieng Plateau, Wonosobo
Phone:
+62 85291250250
+62 85743461555
Harga kamar / malam:
Weekdays : Rp. 150.000 (TV, double bed, kamar mandi dalam air panas)
Weekend : Rp. 250.000 (TV, double bed, kamar mandi dalam, air panas)
Extra bed: Rp. 50.000

Kamar Dieng Pass Homestay. Luas, bersih dan wangi.
Nama pemilik Dieng Pass Homestay itu Pak Agus & Mbak Resi. Pasutri muda yg sudah bertahun-tahun mengurus Dieng Pass Homestay. Lokasi nya ada di tepi jalan sebelah kanan kalau kita datang dari arah Wonosobo, di pertigaan Bu Djono. Tinggal tanya aja ke kenek Mikrobus. 
Pas lihat kamar Dieng Pass langsung senang karena luas, bersih dan wangi. Kamarnya bisa ditempati maksimal 4 orang. Buat keluarga juga cocok, kan ada extra bed nya :)

Penginapan lain di Dieng :
1. DIENG PLATEAU HOMESTAY
2. HOTEL & RESTAURANT BU JONO
3. BOUGENVIL HOMESTAY
4. PONDOK WISATA LESTARI
5. HOTEL GUNUNG MAS
6. HOMESTAY NEPHENTES
7. HOMESTAY DAHLIA
Semua lokasi homestay ini berdekatan. Jadi tinggal tanya pada penduduk setempat nama-nama penginapan ini. Mereka pasti tahu :)

Objek Wisata yang bisa dikunjungi :
1. Kawah : Candradimuka, Sibanteng, Siglagah, Sikindang, Sikidang, Sileri, Sinila, Timbang
2. Gunung : Gunung Prahu, Gunung Pakuwaja, Gunung Sikunir
3. Telaga : Telaga Warna, Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Dringo, Telaga Nila
4. Candi : Kompleks Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Dwarawati

Nanti akan saya ceritakan objek wisata yang saya kunjungi yah. Just wait for the next story ;)

Hitung-Hitung Biaya Perjalanan Pergi :

Bus Lebak Bulus (Jakarta) - Wonosobo : 85.000
Naik Angkot dari Simpang Wonosobo ke Pasar  : 2.500
Mikrobus dari Pasar ke Dieng : 10.000
Penginapan 3 Hari 3 Malam di Dieng Pass Homestay : 550.000
Makan : Bisa 10.000 - 15.000 sekali makan. Tempat makanan yang enak di Dieng bisa dibaca di sini


Setelah beristhirahat cukup, kami melanjutkan perjalanan untuk mengeksplorasi Dieng. Di bawah ini cerita-cerita lanjutannya. Silahkan dibaca ;)

27 comments:

  1. boleh nih usul naik busnya..thx you infonya ya :D

    ReplyDelete
  2. ditanyain ktp nggak pas nginep??

    ReplyDelete
  3. Tidak ditanyain kok Farhah, semua homestay nya santai kok :))

    ReplyDelete
  4. Sama-sama sist Nur Amelia. Selamat jalan-jalan di Dieng ya :)

    ReplyDelete
  5. Makasih info penginapannya, kayaknya recommended banget ya, cuma harganya koq berubah pas di weekend. Oh iya, bisa sekalian sewa motor gag disana?

    salam
    Catur

    ReplyDelete
  6. Halo Catur. Maaf baru sempat bales komentar kamu. Iya, karena setiap weekend kan wisatawan ramai dan penginapan rata-rata penuh. Iya bisa kok. Harga sewanya sekitar 50-75 ribu per hari. Di post ku tentang Dieng lainnnya ada kok :D

    ReplyDelete
  7. halo, mbak.
    lagi iseng blogwalking dan bersyukur nemu blog ini. hehe.
    saya ada rencana ke dieng minggu depan (yes, dadakan banget). boleh minta kontak sewa motor yg murah disana? atau lgsg sewanya di orang homestay ya?
    thanks in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Chaxsf. Terima kasih sudah mampir ya. Kamu bisa langsung hubungi homestay untuk dapat rekomendasi penyewaan motor yang avaliable ya ;)

      Delete
    2. waw, makasih responnya mbak. gonna contact d homestay soon. :)
      keep blogging yah, biar bisa ngintip2 trip-nya terus. hihi

      Delete
    3. Makasihhh Chaxsf. Selamat menikmati Dieng ;)

      Delete
  8. Hadooohh,pengen kesana jadinya.kebetulan juga,punya teman stay disana.
    Jd free buat biaya homestay,lebih irit Kali ya ??hahaha.
    Jd ngiler nih pengen k dieng jg 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Irwan, makasih sudah mampir ya ;) Aih, asyik betul kamu punya teman yang bisa ditebengin di sana. Aku pun mau balik lagi ke sana kalau dapat penginapan gratis. Hihihii. Selamat menikmati Dieng ya ;)

      Delete
  9. jadi pengen kesana ni ,, btw kamu sama siapa aja itu kok penginapan nya luas ,, :3

    ReplyDelete
  10. PERHATIAN. JANGAN KIRIM BARANG LEWAT PAKET PAHALA KENCANA. SAYA PERNAH KIRIM PAKAI PAHALA EXPRESS, SAMPAI DITEMPAT BARANG YANG DITERIMA RUSAK. TIDAK ADA GANTI RUGI, TIDAK ADA TANGGUNG JAWAB, MALAH DIBOLAK BALIK. MAU KOMPLAIN NGGAK DILADENIN. UNTUK SAUDARA2 JANGAN KIRIM PAKET PAKAI PAHALA EXPRESS, ANDA PASTI KECEWA. DEMI ALLAH SAYA TIDAK BERBOHONG

    ReplyDelete
  11. Dieng keren..tu kamar dable bad nya kmren q yang nmpatin..tmpat nya nyaman bgt..pingin kesana lagi..jalan" ma suami ma anak..walopun perjlnan jauh..secapek apapun akan terbyar sudah ketika sudah melihat keindahan ddi dieng..i love dieng

    ReplyDelete
  12. PERHATIAN. JANGAN KIRIM BARANG LEWAT PAKET PAHALA KENCANA. SAYA PERNAH KIRIM PAKAI PAHALA EXPRESS, SAMPAI DITEMPAT BARANG YANG DITERIMA RUSAK. TIDAK ADA GANTI RUGI, TIDAK ADA TANGGUNG JAWAB, MALAH DIBOLAK BALIK. MAU KOMPLAIN NGGAK DILADENIN. UNTUK SAUDARA2 JANGAN KIRIM PAKET PAKAI PAHALA EXPRESS, ANDA PASTI KECEWA. DEMI ALLAH SAYA TIDAK BERBOHONG

    SOPIR PAHALA KENCANA GAK RAMAH, GAK BERMUTU KLU BERHENTIIN PENUMPANG DI PINGGIR JALAN. MENGECEWAKAN, CUMA MOBIL SAMA PROMO DI INTERNETNYA AJA YANG BAGUS. KLU TIDAK PERCAYA COBA ANDA NAIK PAHALA KENCANA PASTI MENGECEWAKAN

    ReplyDelete
  13. ray ban sunglasses, http://www.ray-bansunglassess.in.net/
    replica handbags,replica handbags outlet,cheap handbags,purses and handbags,wholesale replica handbags,replica bags,bags outlet,replica handbags wholesale,cheap purses,discount handbags,handbags sale,wholesale purses,handbags and purses,replica purses
    barcelona jersey, http://www.barcelonajerseys.net/
    nike air max uk, http://www.nikeairmaxshoes.org.uk/
    nba jerseys, http://www.nbajerseys.net/
    ralph lauren outlet, http://www.poloralphlauren.us.org/
    oakley canada, http://www.oakleysunglassescanada.com/
    cheap nba jerseys, http://www.nbajerseys.us.com/
    valentino outlet, http://www.valentinooutlet.us.com/
    pandora jewelry, http://www.pandorajewelryoutlet.us.com/
    coach outlet store, http://www.coachoutletonline-store.us.com/
    lululemon outlet, http://www.lululemonoutletstore.in.net/
    herve leger dresses, http://www.herveleger.us.com/
    mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.net/
    links of london, http://www.linksoflondons.co.uk/
    cheap soccer jerseys, http://www.cheapsoccerjersey.net/
    hermes birkin, http://www.hermesbirkin.org/
    christian louboutin outlet, http://www.christianlouboutinonline.us.com/
    raiders jerseys, http://www.oaklandraidersjerseys.us/
    swarovski outlet, http://www.swarovskioutlet.org.uk/
    cai2015912

    ReplyDelete
  14. Wahahaha.... jangan kabur2an mas, ntar di cariin lho. :D

    ReplyDelete
  15. Dari tmpt homestay ke sikunir jauh ngga mbak?? Kira2 brp km ya ? Thx

    ReplyDelete
  16. Dari tmpt homestay ke sikunir jauh ngga mbak?? Kira2 brp km ya ? Thx

    ReplyDelete
  17. kamarnya keren ya, bersih dan nyaman..

    ReplyDelete
  18. Terima Kasih Mba Satya atas kunjungan nya ke Dataran Tinggi Dieng,
    Semoga Liburannya Berkesan dan bisa kembali lagi menikmati alam Dataran Tinggi Dieng.
    Bila ingin Sewa Sepeda Motor di Wonosobo silahkan hubungi kami.. Terima Kasih

    ReplyDelete

Apa yang terpikir di benakmu setelah membaca tulisan ini? Share dong :)