Inggil Museum Resto Malang. Makan Sambil Belajar Sejarah.

Tuesday, January 29, 2013


 diboeka roema makan baroe! namanja...
"INGGIL"
hidangannja pasti memoeaskan selera dan 
tempatnja laen daripada jang laen
toean-toean dan njonja-njonja silaken mentjoba


19-20 Januari kemarin saya mendapatkan tugas kantor ke Malang. Karena waktunya singkat, sebelum berangkat dari Jakarta, saya sudah browsing beberapa culinary spot yang wajib dikunjungi di Malang. Berdasarkan rekomendasi pacar, Rumah Makan Inggil ini adalah rumah makan yang menyediakan makanan enak dan ada museumnya. Berkunjung kesini membuat perut saya kenyang dan mata saya "kenyang" dengan barang-barang antik di dalamnya, serasa masuk museum. Pantaslah resto ini dinamakan "INGGIL MUSEUM RESTO".





Untuk interior resto, Inggil menawarkan bangku dan meja atau lesehan. Lantainya masih ubin abu-abu yang dingin dan dindingnya semi permanen. Uniknya, mereka memasang foto Gunung Arjuno super besar di dinding dan membuat gubuk lesehan dari bambu. Jadi rasanya seperti makan di bawah kaki gunung Arjuno.



Di bagian tengah resto terdapat panggung tradisional yang cukup besar, tetapi sewaktu saya berkunjung kesana, panggung nya lagi direnovasi. Padahal biasanya ada pertunjukan gamelan, ketoprak, keroncong sampai dangdut campur sari. Sedangkan di luar restoran juga terdapat panggung wayang. Sedang tidak ada pertunjukan juga hari itu.

Jangang salah, walaupun restoran ini seperti rumah tradisional, ternyata disediakan Wi-Fi gratis loh. Dari depan pintu kita sudah diberitahu "dateng mriki saget hotsepot". Hahahha. Hotspot maksudnyaaa...





Sambil menunggu makanan yang dipesan datang, saya pun berkeliling restoran dan tercengang dengan koleksi pemilik restoran yang cukup beragam dan tua. Katanya sih pemilik restoran ini adalah anak dari Walikota Malang terdahulu yang memang suka mengoleksi barang antik. Tidak cuma barang antik, disini ada koleksi uang lama, poster-poster tempo doeloe hingga potongan merk-merk rokok kretek zaman dulu. Yuk, keliling-keliling Inggil Museum Resto.

Ragam Raut Topeng, ikon Inggil Museum Resto.


Saya selalu senang melihat poster-poster jadul ini.

 Tagline merk Rokok dan Bier zaman dulu itu memang unik-unik ya.


Ini gak kalah menarik, foto-foto gedung bersejarah di Malang.
Sebagian memang sudah berubah bentuk tetapi tidak signifikan. 


Mayoritas jam disini sudah tidak berdetak lagi. Tapi bentuk weker kuno ini selalu menarik perhatian pengunjung.


Saya menghabiskan waktu yang tidak sebentar untuk memandangi rak ini. Ada mesin tik tua, setrikaan arang sampai mesin jahit tua. :O



Kurang keren apa coba radio-radio ini? Sayangnya sudah tidak berfungsi lagi.


Koleksi uang kertas nya unik dan ada "gulden" juga loh


Coba deh baca poster yang ditengah. Pusing tujuh keliling. Tulisannya sudah samar dan dicetak miring pula. Hehehe. 


Ini Phonograph. Bener gak? :)


Alat yang paling mencuri perhatian. Alat keriting rambut yang berasal dari Belanda tahun 1930  ini bermerk INDOLA. Merupakan pemberian dari Tante Tan (putri Ong Kian Bie Studio Malang)



Gimana ya cara pakai alat pengeriting rambut ini? Begini? *nyobain sendiri*


Kalau saya melihatnya seperti sepatu-sepatu kecil. Hehehe. Ini rumpun tali dari alat pengeriting rambut tadi.


Ahhh, telepon puter-puter. (itu panggilan saya untuk telepon ini dari kecil)



Ada >100 jenis merk rokok kretek zaman dulu. WOW!!



Setelah puas berkeliling dan memotret barang-barang antik tadi, saya kembali ke meja makan dan ternyata makanan sudah dihidangkan. Yummy. Menu andalan di Inggil ini adalah Gurame goreng /bakar dan Ayam Bakar nya. Begitu mencoba Ayam Bakar nya saya langsung kebingungan sendiri, menerka-nerka bumbu apa saja yang ada di dalam masakan ini. Soalnya dagingnya empuk dan harum dan tidak ada sisa hitam arang walaupun dimasak dengan cara dibakar. Ada dedaunan wangi dan rempah yang kuat terasa di mulut saya. Saya semakin ketagihan dan akhirnya menghabiskan 3 potong ayam untuk saya sendiri. (doyan apa rakus, Sat?) 



Awalnya was-was karena resto ini bagus baik dari bangunan, pelayanan dan makanannya, pasti harganya mencekik dompet. Eh, ternyata dugaan saya salah. Makanan di Inggil sangat bersahabat dengan kantong. Ada Sate Ayam (Rp 15.000), Tempe Penyet (Rp 10.000). Aih, makin suka deh sama Resto yang satu ini. Kalau kembali lagi ke Malang, wajib hukumnya makan di sini. Hehehehehe.


Nah, kalau jalan-jalan ke Malang cuma punya waktu 2 hari dan mungkin gak sempat beli oleh-oleh, tinggal belanja di depan Inggil saja. Ada toko pernak-pernik dengan harga yang tidak mencekik. Biasanya toko souvenir di dekat resto terkenal akan menaikkan harga, ternyata disini tidak. Saya membeli topi kompeni yang lucu hanya seharga Rp 30.000. Murah bukan?




Makan sudah, belanja sudah. Ah, saatnya kembali ke Jakarta. Buat teman-teman yang ingin berlibur ke Malang, jangan lupa masukkan Inggil Museum Resto ke dalam itinerary kalian ya. Tempatnya dimana? Ini dia :

INGGIL MUSEUM RESTO

Jl. Gajahmada No.4 Malang Kota/Klojen

Telp : (0341) 332110

Fax : (0341) 712026


Lokasinya tidak jauh dari stasiun kota baru dan berada dibelakang gedung Balai Kota Malang dan berseberangan dengan Hotel ALOHA Malang. Selamat menikmati :)


You Might Also Like

14 comments

  1. Hallo salam kenal mba,

    Mba aq izin minta foto2nya yah...


    Regards,
    Pita

    ReplyDelete
  2. Halo Mbak Winnie, salam kenal, saya izin pakai fotonya ya.
    Mbak temennya Mas Toro Cumilebay ya?

    ReplyDelete
  3. true religion outlet, http://www.truereligionjeansoutlet.com/
    vans shoes, http://www.vans-shoes.cc/
    hermes belt, http://www.hermesbelts.us/
    nike roshe run, http://www.nikerosherunshoes.co.uk/
    the north face outlet, http://www.thenorthfaces.in.net/
    mont blanc pens, http://www.montblancpensoutlets.com/
    links of london uk, http://www.linksoflondons.co.uk/
    true religion jeans, http://www.truereligionoutletstore.us.com/
    michael kors factory outlet, http://www.michaelkorsfactoryoutlet.us.org/
    coach outlet, http://www.coachoutletstores.com.co/
    eagles jerseys, http://www.philadelphiaeaglesjersey.us/
    dolphins jerseys, http://www.miamidolphinsjersey.com/
    louis vuitton,borse louis vuitton,louis vuitton sito ufficiale,louis vuitton outlet
    new york jets jerseys, http://www.newyorkjetsjersey.us/
    miami heat jersey, http://www.miamiheatjerseys.net/
    thomas sabo uk, http://www.thomassabos.co.uk/
    ferragamo outlet, http://www.ferragamo.eu.com/
    atlanta falcons jersey, http://www.atlantafalconsjersey.us/
    basketball shoes,basketball sneakers,lebron james shoes,sports shoes,kobe bryant shoes,kobe sneakers,nike basketball shoes,running shoes,mens sport shoes,nike shoes
    cheap nba jerseys, http://www.nbajerseys.net/
    cai2015912

    ReplyDelete
  4. Mantab kayaknya nih... perlu untuk di coba jika pergi kota malang... hehehe
    Regard
    sewa jeep bromo

    ReplyDelete
  5. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    •Steak & Sate Kelinci
    •Jagung & Pisang Bakar
    •Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    ReplyDelete
  6. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    · Steak & Sate Kelinci
    · Jagung & Pisang Bakar
    · Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu


    TheBatuVillas.com
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, East Java 65314, Indonesia
    Tel/Fax : +62 341 592955, Mobile/SMS/Whatsapp : +62 85 707 5858 99
    BBM: 7D8DEB8C
    FB: /batuvillas
    Twitter, Instagram Path & Foursquare: @thebatuvillas
    website: www.thebatuvillas.com
    Email : marketing@thebatuvillas.com
    See MAPS

    ReplyDelete
  7. wah.. emang malang punya banyak tempat wisata ya.. ga akan abis dijelajah selama 1 hari aja, hehe..

    btw, monggo yang mau jalan2 ke malang butuh sewa mobil di surabaya, bisa klik inforentalmobilsurabaya.com ya.. thanks :)

    ReplyDelete
  8. menarikkk.. sampe malang langsung kesini..g jauh dari stasiun klo jalan kaki :D

    ReplyDelete
  9. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

    ReplyDelete

Subscribe